Liburan ke Yogya? Ke Pantai Baron Aja!

Liburan ke Yogya? Ke Pantai Baron Aja!
info gambar utama

#FutureSkillsGNFI

Pantai Baron adalah salah satu pantai unik yang berlokasi di Yogyakarta karena memiliki dua jenis air, yaitu air asin dan air tawar. Lokasi Pantai Baron sendiri berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Lokasi Pantai Baron dapat ditempuh 40 km dari pusat Kota Yogyakarta.

Pantai Baron termasuk tempat wisata terbaik karena tidak hanya memungkinkan wisatawan untuk menikmati pemandangan alam dan suasana pantai yang sejuk, tetapi menikmati berbagai hidangan di Pantai Baron. Selain itu, ada pula beberapa spot foto menarik yang menampilkan keindahan alamnya.

Selain pantainya, wisatawan bisa menikmati teluk dan sungai. Teluk mengalir keluar dari sungai bawah tanah, sedangkan aliran dari sungai sangat cepat sehingga wisatawan dapat menikmati air menuju laut sebanyak yang mereka suka.

Air yang mengalir melalui sungai ini adalah air tawar. Namun, airnya jernih dan murni, terdapat perbukitan sehingga pengunjung dapat melihat keindahan pantai dari atas.

Mercusuar Tanjung Baron


Figure 2:Mescrusuar Tanjung Baron

Mercusuar Tanjung Baron terletak di tebing setinggi 40 meter di sebelah timur Pantai Baron. Mercusuar Baron Tanjung dibangun pada tahun 2014 dan akan digunakan untuk melihat kapal-kapal yang dioperasikan oleh Direktur Pelayaran. Masih aktif, mercusuar ini terbuka untuk umum dengan membayar sebesar Rp5.000 untuk tiket masuk. Goodmates bisa menikmati panorama matahari terbenam dari atas mercusuar.

Wisata Perahu


Figure 3Perahu Petani

Para wisatawan juga akan dimanjakan dengan objek wisata perahu. Mengelilingi sekitar
pantai Baron dengan perahu hanya membutuhkan dana sebesar Rp. 10. 000 per orang.
Wisata perahu nelayan menggunakan perahu nelayan yang tidak dioperasikan untuk
melaut karena sedang paceklik ikan.

Teluk dan Sungai


Figure 4:Air Asin dan Air Tawar

Pantai Baron adalah salah satu tempat paling populer bagi pengunjung. Teluk ini mengalir dari sungai bawah tanah, tetapi aliran air yang dikeluarkan begitu deras sehingga pengunjung dapat menikmati airnya sepuasnya. Air yang keluar dari teluk ini segar dan terlihat sangat segar karena airnya sangat jernih. Ada juga perbukitan di daerah ini, yang sangat nyaman untuk melihat keindahan pantai pasir putih dari sudut ketinggian.

Harga Tiket

Harga tiket ke Pantai Baron sebanyak Rp 10.000. Tiketnya sekaligus mencakup akses ke Pantai Krakal dan Pantai Kukup.

Rute

Rute ke Pantai Baron Jarak Kota Yogyakarta ke Pantai Baron 57,tiga km menggunakan
ketika tempuh 1 jam 26 menit. Akses ke Pantai Baron tergolong nyaman dilewati
kendaraan. Ada beberapa cara lain rute ke Pantai Baron, yaitu:

  • Melalui Piyungan, Yogyakarta
    Patuk - Sambipitu - Hutan Bunder - Bunderan Tugu BPD, Jalan Lingkar Selatan - Jalan
    Girisubo - Wonosari - Jalan Saptosari - Tepus - Pantai Baron.
  • Melalui Imogiri, Yogyakarta
    Panggang - Jalan Saptosari - Tepus - lalu ikuti arah ke Pantai Baron.

Tips Aman Berwisata di Pantai

Sebagai wisatawan kita harus berhati-hati saat sedang berlibur. Apalagi jika lokasi wisata  ramai. Kita harus tetap waspada dengan Covid-19. Berikut beberapa tips yang perlu kamu perhatian saat mengunjungi pantai.

  1. Pastikan tubuh sehat
    Hal yang pertama yang perlu kamu siapkan saat berlibur adalah tubuh. Jika tubuh kita sehat, berlibur akan sangat menyenangkan.
  2. Usahakan tidak pergi dengan rombongan besar
    Meskipun Covid-19 sudah mereda, kita sebagai warganegara yang baik wajib mematuhi protokol kesehatan dengan tidak bepergian dalam jumlah yang besa. Lalu, pastikan selalu membawa masker dan hand sanitizer.
  3. Tetap jaga jarak
    Sama seperti berjalan-jalan ke objek wisata lain, berjaga jaraklah setidaknya 1,5 meter dengan pengunjung lain.
  4. Berenang dengan aman
    Sebagai tindakan pencegahan, sebaiknya pertimbangkan berenang tanpa memasukkan kepala ke dalam air dan menghindari menelan air saat berenang. Hal ini dilakukan supaya virus tidak tertular melalui air liur atau lendir orang lain.
  5. Bawa perlengkapan berlibur
    selain masker dan hand sanitiZer, kita perlu membawa pakaian ganti, makanan, minuman, obat-obatan, dan alas tikar. Pakaian bisa kita gunakan untuk mengganti baju bila terkena air pantai. Meskipun pantai Baron menyediakan pedagang yang menjual banyak makanan, mulai dari seafood hingga makanan rumahan, tetapi makanan dan minuman di rumah dapat dikonsumsi saat perjalanan. Kita pun perlu obat-obatan jika memiliki penyakit tertenu. Terakhir, gunakan alas tikar untuk bersantai di pinggir pantai, meskipun banyak penjual alas tikar.

 

Referensi:Ning Jogja

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini