Belum Jadi Sarjana? Jangan Minder, Ini Dia 5 Profesi yang Cukup Pakai Ijazah SMA!

Belum Jadi Sarjana? Jangan Minder, Ini Dia 5 Profesi yang Cukup Pakai Ijazah SMA!
info gambar utama

“Tuntutlah ilmu hingga ke negeri China" begitulah kata pepatah. Namun, menuntut ilmu tidaklah semata harus sekolah hingga ke perguruan tinggi karena tidak semua orang memiliki kemampuan lebih untuk meneruskan pendidikannya hingga ke jenjang diploma atau strata.

Menuntut ilmu sesungguhnya bisa dari mana saja. Terlebih, saat ini jendela ilmu terbuka sangat lebar sehingga kita bisa mengenal dunia lebih luas. Bagi kamu yang belum memiliki kesempatan atau belum menyelesaikan pendidikan perguruan tingginya namun harus dan ingin bekerja, jangan khawatir. Berikut ada beberapa pekerjaan yang tidak memerlukan gelar sarjana, namun banyak dicari perusahaan.

  1. Guru Les Privat
Ilustrasi guru les privat
Pexels.com/PavelDanilyuk

Guru privat atau tutor bisa menjadi pilihan pertama karena tidak butuh gelar sarjana untuk melakukan profesi ini, tetapi lebih membutuhkan skill dan kemampuan terlatih yang bisa kamu pelajari secara otodidak, misalnya seperti pengajar musik, vokal, atau instrumen. Selain itu, jika kamu memiliki keahlian mendesain pun bisa berprofesi sebagai tutor bagi siapapun yang ingin mempelajari dunia desain grafis.

Profesi ini bisa banget dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir. Kamu bisa mendapatkan murid dari relasi, atau memasarkannya di sosial media. Cara lainnya, bisa kamu lakukan dengan mendaftar sebagai tutor melalui platform edukasi yang tersedia. Jadi, jangan ragu untuk memulai ya!

  1. Make Up Artist (MUA)
Ilustrasi make up artist
Pexels.com/ReneAsmussen

Profesi satu ini juga banyak dicari orang, karena seringkali dibutuhkan pada sebuah acara resmi, misalnya tunangan, pernikahan, foto session, atau shooting video. Karena kebutuhan akan jasa tersebut semakin banyak, tak sedikit pula yang menekuni bidang ini.

Sehingga, banyak MUA yang menarifkan keahliannya berdasarkan segmentasi pasar dengan menawarkan rate harga yang kompetitif. Profesi ini tentu saja cocok untuk kamu yang memiliki hobi merias wajah. Menekuni bidang ini tidak butuh gelar sarjana, melainkan diutamakan dalam keahlian dan kemampuan dalam merias wajah.

  1. Pramugari & Pramugara
Ilustrasi pramugari
Pexels.com/RODNAEProductions

Pekerjaan lainnya yang tidak perlu gelar sarjana adalah Pramugari dan Pramugara. Profesi ini termasuk incaran banyak orang, lho. Meskipun tidak mudah dan harus menempuh berbagai tahapan proses rekruitmen, hal itu bukanlah penghalang bagi mereka yang menginginkan profesi ini.

Umumnya, profesi ini hanya membutuhkan kualifikasi pendidikan minimal SMA/Sederajat, meski sejatinya setiap maskapai memiliki kualifikasi tertentu.

  1. Masinis
Ilustrasi masinis
Pexels.com/EnginAkyurt

Tidak kalah dengan profesi sebelumnya, masinis termasuk profesi terkenal incaran bagi banyak orang yang memiliki pendidikan akhir SMA. Tak heran, profesi ini terlihat keren. Tak hanya kostum atau seragamnya, tetapi keahlian dalam mengoperasikan mesin kereta dan melakukan perjalanan antar kota antar provinsi bukanlah hal yang mudah.

Berdasarkan situs Kereta Api Indonesia, syarat pendidikan untuk menjadi seorang masinis adalah minimal SMA jurusan IPA atau SMK jurusan listrik, mesin, dan otomotif. Tunggu apalagi? Kamu bisa mencoba mengajukan lamaran nih!

  1. Wirausaha
Ilustrasi wirausaha
Pexels.com/RodnaeProductions

Profesi ini paling membebaskan diri seseorang untuk berekspresi dan berpikir kreatif. Ya, berpikir kreatif tentang menjalankan bisnis, memikirkan segmen, konsep, marketing, dan sebagainya. Tentu saja dengan waktu yang lebih fleksibel sebagai owner. Meski fleksibel, tetap memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan usahanya.

Sebagai wirausaha, kamu pun bisa mengeluarkan budget sesuai konsep usaha yang ingin kamu jalankan. Terpenting, tidak perlu ijazah sarjana untuk bisa membangun bisnis sendiri karena pada umumnya ilmu berbisnis bisa kamu dapatkan melalui mana saja.

Ketika kamu jadi customer pun bisa kamu jadikan pelajaran. Misalnya, hal apa yang selalu diinginkan customer? Di Google pun sudah banyak artikel yang membahas tentang kiat membangun dan menjadi wirausahawan

Bagi kamu yang belum dapat dan sedang mencari pekerjaan, kamu bisa mencoba untuk beragam profesi tersebut, terutama untuk kamu yang memiliki ijazah terakhir SMA atau sederajat. Tidak ada salahnya mencoba terlebih dahulu.

Untuk mengetahui lowongan pekerjaan lainnya dengan pendidikan minimal SMA atau Sederajat, kamu juga bisa mengunjungi www.swapro.co.id lho! Siapa tahu ada posisi pekerjaan yang cocok untuk kamu. Selamat mencoba, Goodmates!

 

Referensi: Kompas | Kita Lulus

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini