Mau Jadi Team Leader Idaman? Ikutin Nih Caranya!

Mau Jadi Team Leader Idaman? Ikutin Nih Caranya!
info gambar utama

Menjadi team leader bukan berarti kamu harus bersikap layaknya bos yang suka mengatur dan memerintah. Kita juga harus rela dan bersedia untuk terjun langsung ikut mengerjakan apa yang dikerjakan tim.

Seorang team leader dituntut untuk bertanggung jawab atas hasil pekerjaan dari suatu tim. Oleh sebab itu, diperlukan sikap kepemimpinan atau leadership yang baik untuk membentuk suatu tim yang solid.

Nah, gimana sih caranya supaya bisa jadi sosok team leader idaman di kantor? Mungkin cara berikut bisa kamu terapkan di lingkungan kantor kamu ya, Goodmates.

  1. Bangun Kepercayaan, Kuasai Pekerjaan
Ilustrasi bangun kepercayaan
Freepik.com/Lifestylememory

Penting bagi kamu untuk mendapat kepercayaan penuh sebagai team leader. Disaat rasa kepercayaan tersebut sudah terbentuk dalam sebuah tim, maka mudah bagi seorang pemimpin untuk menciptakan suatu kerjasama dengan satu tujuan yang solid.

Menjadi team leader juga dituntut untuk bisa menguasai banyak keahlian tidak hanya di satu bidang saja. Selain itu, kamu juga diharuskan mengetahui seluk beluk dan mengerti secara detail suatu pekerjaan yang diberikan. Jadi, para anggota tim bisa lebih leluasa bertanya jika sang team leader terpercaya akan kapasitas pekerjaannya.

  1. Dorong Kreativitas Tim Untuk Berkontribusi
Ilustrasi dorong kreativitas tim
Freepik.com/Drobotdean

Dampingi setiap anggota tim dalam setiap instruksi yang kamu berikan. Kamu juga bisa mendorong kreativitas mereka lewat tantangan baru dalam setiap pekerjaan.

Dengan begitu, ide-ide baru akan bermunculan dan bisa dijadikan referensi dalam suatu proyek pekerjaan. Seorang team leader juga harus peka terhadap setiap perubahan yang ada. Tapi yang perlu diingat, tantangan tersebut jangan sampai melewati batas kemampuan mereka ya, Goodmates.

  1. Ajak Berdiskusi, Cari Solusi Bersama
Ilustrasi ajak berdiskusi cari solusi bersama
Pexels.com/Fauxels

Selalu terbuka menerima saran dan ide dari semua anggota tim juga menjadi modal penting sebagai team leader idaman. Jangan bosan untuk terus membuka forum diskusi antar rekan kerja untuk mendapatkan sudut pandang yang baru. Berikan ruang juga untuk para anggota tim untuk bebas berpendapat dan cari solusi bersama untuk setiap permasalahan.

Dengan berusaha mencara solusi bersama, itu juga semakin membuat sebuah tim tambah solid loh, Goodmates. Para anggota tim juga akan saling mendukung dan merasa lebih bertanggung jawab menyelesaikan setiap masalah.

  1. Antusias & Aktif Mendengarkan
Ilustrasi antusias dan aktif mendengarkan
Pexels.com/Fauxels

Nggak cuma sekedar memerintah, team leader juga harus siap mendengarkan segala pendapat dari para anggota. Karena siapa tau ada suara dari mereka yang bisa jadi ide segar dan bisa menambah kualitas hasil pekerjaan kalian.

Keluarkan semua energi positifmu dalam setiap pekerjaan, Goodmates. Dengan begitu para anggota tim yang lain juga ikut antusias menyelesaikan pekerjaan tersebut. Jika melakukan sesuatu dengan penuh semangat, tentu yang lain juga akan mengikuti passion tersebut kan, Goodmates?

  1. Jadi Role Model Professional
Ilustrasi jadi role model profesional
Pexels.com/Fauxels

Jadilah sosok panutan yang baik bagi rekan kerjamu. Dengan begitu, mereka akan mendapat contoh nyata yang bisa diterapkan langsung di dunia profesional. Para anggota tim tersebut akan melihatmu sebagai team leader yang bisa diandalkan dan punya komitmen tinggi dalam pekerjaan.

Bangun juga rasa percaya dirimu sebagai seorang pemimpin. Rasa percaya diri tersebut juga akan menular, sehingga suasana kerja di suatu tim akan terasa lebih optimis meraih hasil yang maksimal

  1. Jadilah Motivator dan Sebarkan Positive Vibes
Ilustrasi jadilah motivator dan sebarkan positive vibes
Pexels.com/RODNAEProductions

Memimpin suatu tim tidaklah mudah. Diperlukan sigap tegas dan berkarakter untuk menjadi pemimpin di suatu kelompok. Jadilah team leader yang bisa memberi inspirasi dan memotivasi setiap anggotanya. Sebarkan aura positifmu untuk meningkatkan mood dan kualitas kerja tim. Percaya deh, Goodmates, hal tersebut bakal membuat kerjasama timmu terjalin semakin solid.

Jangan lupa juga untuk memberikan apresiasi sekecil apapun atas apa yang sudah mereka lakukan. Berikan juga solusi terbaik dan motivasi membangun jika ada kesalahan. Semoga beberapa cara tadi bisa menginspirasi kamu untuk bisa jadi good team leader idaman di kantor ya, Goodmates.

Untuk tau lebih banyak seputar informasi lowongan pekerjaan ter-update, kamu bisa cek Instagram @workerspediadan channel Youtube Workerspedia. Di sana kamu akan menemukan informasi seputar dunia kerja yang sangat bermanfaat.

 

Referensi:Linov HR | Hash Micro

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini