Rekomendasi Tempat Wisata Ramah Anak dengan Konsep Edukasi dan Hiburan

Rekomendasi Tempat Wisata Ramah Anak dengan Konsep Edukasi dan Hiburan
info gambar utama

Hari Anak diperingati pada tanggal berbeda di berbagai negara di seluruh dunia. Jika Hari Anak Internasional ditetapkan setiap 1 Juni, Hari Anak Nasional (HAN) di Indonesia diperingati pada 23 Juli. Keputusan ini bertepatan dengan momen dengan pengesahan Undang-Undang tentang Kesejahteraan Anak pada 23 Juli 1979.

Peringatan HAN menjadi momen penting untuk meningkatkan kepedulian dan partisipasi seluruh bangsa Indonesia dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Tahun ini, peringatan HAN mengangkat tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” sebagai motivasi bahwa pandemi tidak menyurutkan komitmen untuk memberikan kepedulian dan memastikan anak-anak Indonesia tetap tangguh menghadapi berbagai tantangan dalam pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak pada pasca pandemi.

Peringatan HAN juga bisa jadi momen bagi orang tua untuk mengapresiasi anak, misalnya dengan mengajaknya berwisata ke tempat-tempat ramah anak dengan konsep edukasi dan hiburan. Berikut beberapa di antaranya.

Jatim Park

Jatim Park | @fastpixelart Shutterstock
info gambar

Salah satu tempat wisata yang cocok untuk bermain bersama anak-anak adalah Jatim Park di Kota Batu, Jawa Timur. Berlokasi di dekat Kota Malang, Jatim Park menjadi salah satu ikon wisata di Jawa Timur.

Di sana terdapat museum, kebun binatang, taman bermain yang terbagi dalam beberapa kawasan yaitu Jawa Timur Park 1 (meliputi Museum Tubuh dan Science Coaster Park), Jawa Timur Park 2 (Museum Satwa dan Batu Secret Zoo), dan Jawa Timur Park 3 (Dino Park, The Legend Star Park, Funtech Plaza, Museum Musik Dunia, dan Milenial Glow Garden).

Selain itu, di sana juga ada Batu Night Spectacular, Eco Green Park, Museum Angkut, Museum Tubuh, Predator Fun Park, Wisata Bahari Lamongan, dan Maharani Zoo. Didirikan sejak tahun 2001, Jatim Park berkomitmen untuk menciptakan taman belajar dan rekreasi.

Pada tahun 2016, Jatim Park membuka Museum Tubuh yang bertajuk The Bagong Adventure. Pembangunan museum seluas 1,4 hektare ini merupakan kontribusi dalam dunia pendidikan. Di museum tersebut, terdapat koleksi cadaver atau organ tubuh manusia yang diawetkan. Ada juga Museum Angkut yang memiliki koleksi otomotif lebih dari 300 jenis.

Di Jatim Park 1, ada beberapa wahana seperti kolam renang, wall climbing, sky ride, superman coaster, froggy, rumah pipa, zuma adventure, waterbom, mini jet, flying tornado, flying fox, sky swinger, dan remote control car.

Kemudian di Jatim Park 2 ada Batu Secret Zoo, Area Monkey World, Area Reptile, Nocturnal House, Area Aquarium, Area Savannah, Area Fantasy Land dan Happy Land, serta Baby Zoo. Sementara di Jatim Park 3 ada Dino Park, The Legend Stars, Fun Tech Plaza, Museum Musik Dunia, Milenial Glow Garden, dan Circus Magic.

Petualangan Sherina, Film Anak yang Membekas di Ingatan dan Tak Lekang Oleh Zaman

Kidzania

 Kidzania | Wikimedia Commons
info gambar

KidZania menawarkan aktivitas dengan unsur pendidikan dan hiburan bagi anak-anak berusia 2-16 tahun. Memiliki beberapa cabang di berbagai negara, di Indonesia Kidzania terletak di Pacific Place Mall lantai 6, Jakarta.

Bangunan KidZania dirancang menyerupai replika sebuah kota dalam skala anak-anak, lengkap dengan jalan raya dan berbagai fasilitas kota seperti rumah sakit, kantor polisi, supermarket, salon, dan pabrik-pabrik.

Di KidZania, anak-anak bisa memainkan peran berupa profesi orang dewasa. Mulai dari dokter, pilot atau awak kabin, arkeolog, teller bank, kasir di pusat belanja, hakim, polisi, juru masak, petugas pemadam kebakaran, petugas pengisian bahan bakar, ilmuwan, pembawa acara, juru kamera, hingga pekerja salon dalam ruangan-ruangan yang didesain seperti tempat bekerja sungguhan.

Figur Bung Karno yang Tanggal Lahirnya Pernah Jadi Peringatan Hari Anak

Sindu Kusuma Edupark

 Sindu Kusuma Edupark | kusuma-edupark.com
info gambar

Sindu Kusuma Edupark berada di Jalan Jambon, Kragilan, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Beberapa wahana menarik di taman bermain ini antara lain roti putar, komidi putar, kora-kora, miniatur Candi Borobudur dan Candi Prambanan, sepeda mabur, segway, montor tumbur, panggon lunjak, dan rumah hantu.

Ada pula Disaster Room, wahana berbasis edukasi yang akan mengajarkan anak-anak memahami langkah-langkah atau tindakan pertama ketika menghadapi bencana alam. Bahkan telah dilengkapi dengan simulasi gempa, angin topan dan badai, kebakaran, dan penanganan pertama CPR (Cardiopulmonary Resuscitation). Di wahana ini juga ada film 3 Dimensi tentang bencana alam.

Selanjutnya yang jadi ikon Sindu Kusuma Edupark adalah Cakra Manggilingan atau bianglala dengan ketinggian 48 meter. Pengunjung bisa menikmati pemandangan kota Yogyakarta hingga Gunung Merapi dari atas bianglala dengan 24 kapsul.

Untuk wahana edukasi lain ada Omah Musik dan Omah Batik, di mana pengunjung bisa mempelajari benda-benda bersejarah dengan penjelasan yang detail. Sementara itu untuk fasilitas penunjang pun cukup lengkap, dari loket penitipan barang, gazebo untuk bersantai, area kuliner, karaoke keluarga, dan waterpark.

Kondisi Kehidupan Anak di Indonesia dan Upaya Peningkatan Kesejahteraan yang Dilakukan

Planetarium

Planetarium Jakarta | @Ginanjar Rah Widodo Shutterstock
info gambar

Planetarium merupakan gedung teater yang memperagakan simulasi susunan bintang dan benda-benda langit. Dengan atap gedung berbentuk kubah setengah lingkaran, di Planetarium pengunjung bisa belajar mengenai pergerakan benda-benda langit pada malam hari dari berbagai tempat di bumi dan sejarah alam semesta. Planetarium berada di di Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat.

Di dalam ruang pertunjukan, terdapat sumber gambar dari proyektor yang akan memperagakan pergerakan benda-benda langit sesuai waktu dan lokasi. Pertunjukkan selama 60 pun pun mudah dipahami dan dilengkapi narasi serta musik. Untuk materinya pun berbeda-beda tergantung jadwal.

Tema-tema yang diangkat misalnya Sistem Tata Surya, Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan, Penjelajah Kecil di Sistem Tata Surya, Galaksi Kita adalah BimaSakti, Bumi Si Planet Biru, Bintang Jamak, Bintang Variabel, Dari Ekuator ke Kutub, Biografi Bintang, dan Pembentukan Sistem Tata Surya.

Hari Anak Nasional Sebagai Kontrol Kualitas Orangtua dan Anak

Waterbom Bali

Bagi anak-anak yang suka berenang dan bermain wahana air, Waterbom Bali bisa jadi salah satu tujuan liburan yang tepat. Berlokasi di Jalan Kartika Plaza, Kuta, Waterbom Bali dapat ditempuh tak sampai 10 menit dari Bandara Ngurah Rai.

Dibangun pada tahun 1993, Waterbom Bali merupakan kompleks taman dan kolam yang cocok untuk liburan keluarga. Dengan luas 3,8 hektare, ada banyak tempat yang bisa dijelajahi. Beberapa atraksi yang dapat dinikmati antara lain Jungle Ride, Splashdown, Macaroni Tube, Raft River, Bombastic, Pleasure Pool, Euro Bungy, 3 Kids Slides, dan Climbing Wall.

Jika menyukai tantangan dan seluncuran, di Waterbom Bali ada 22 seluncuran dengan berbagai tipe untuk anak-anak sampai orang dewasa. Di sana juga ada 51 gazebo untuk bersantai sambil menikmati taman.

Belajar Lagi Yuk Sejarah dan Tujuan Peringatan Hari Anak Nasional!

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

DA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini