Konten Youtube Bisa Jadi Jaminan Pinjaman Ke Bank, Bagaimana Caranya?

Konten Youtube Bisa Jadi Jaminan Pinjaman Ke Bank, Bagaimana Caranya?
info gambar utama

Beberapa tahun belakangan ini, Youtube jadi salah satu media sosial yang paling diminati masyarakat. Di platform tersebut, orang bisa berbagai video atau sekadar menonton konten yang disukai, mencari informasi, mendengarkan lagu, melihat tutorial, dan berbagai tayangan menarik sesuai minat.

Konten video memang semakin diminati dibandingkan unggahan teks dan foto. Berdasarkan Cisco Annual Internet Report, memang terjadi peningkatan konten video hingga 82 persen pada tahun 2021. Menurut survei JakPat pada periode 30 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022, presentasi responden pengguna Youtube mencapai 87 persen dan menjadi yang paling banyak diakses, dibandingkan media sosial lain seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan TikTok.

Beberapa topik populer di Youtube antara lain kuliner, gawa dan teknologi, dekorasi, resep dan masakan, jalan-jalan, psikologi dan kesehatan mental, kecantikan dan perawatan, serta dekorasi atau arsitektur.

Pekerjaan sebagai Youtuber juga kian diminati karena penghasilannya yang terbilang menggiurkan. Baru-baru ini, bahkan muncul berita bahwa konten Youtube bisa dijadikan jaminan untuk meminjam uang ke bank. Bagaimana caranya?

Tren Penggunaan Media Sosial di Indonesia, Youtube Paling Banyak Diakses

Pinjam uang ke bank modal konten Youtube

Youtube | Wikimedia Commons
info gambar

Perlu diketahui bahwa kini konten Youtube bisa dijadikan jaminan jika Anda ingin mengajukan pinjaman uang ke bank. Hal ini juga telah tertera dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif. Pada pasal 7 ayat 1 PP Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif berbunyi, “pembiayaan berbasis kekayaan intelektual diajukan oleh pelaku ekonomi kreatif kepada lembaga keuangan bank atau lembaga keuangan nonbank."

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly menjelaskan bahwa kebijakan tersebut merupakan bentuk keberpihakan pemerintah dalam melindungi Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

"PP itu turut mengatur sejumlah skema pembiayaan khusus untuk para pelaku ekonomi kreatif termasuk Youtuber. Sehingga nantinya sertifikat kekayaan intelektual bisa dijaminkan di bank sebagai fidusia," jelas Yasonna, Kamis (21/7/2022).

Yang dimaksud dengan fidusia ialah pengalihan hak kepemilikan sebuah benda yang registrasi hak kepemilikannya masih dalam kekuasaan pemilik benda tersebut. Menkumham juga menerangkan bahwa peraturan itu mengatur di antaranya terkait skema pembiayaan yang dapat diperoleh oleh pelaku ekonomi kreatif melalui lembaga keuangan bank, maupun non bank yang berbasis kekayaan intelektual.

Lantas, apa syarat meminjam sejumlah uang ke bank dengan modal konten Youtube? Menurut penjelasan Yasonna, syarat konten Youtube yang dijadikan jaminan pinjaman bank yakni jumlah penonton video yang mencapai jutaan. Sertifikat kekayaan intelektual atau hak cipta, seperti hak cipta lagu dengan jutaan penonton di YouTube, maka sertifikatnya sudah mempunyai nilai jual.

"Lembaga keuangan akan menentukan nilai kekayaan intelektual. Semakin tinggi value atau nilai dan potensi ekonomi dari karya cipta, merek, atau paten yang dimiliki tersebut maka nilai pinjaman yang diberikan pun akan semakin besar," ucapnya.

Youtuber dengan pengikut terbanyak di Indonesia

Mengutip Katadata.co.id, tercatat ada 10 data YouTuber dengan pengikut terbanyak di Indonesia per Januari 2022, berikut daftarnya:

  1. Ricis Official milik Ria Ricis memiliki 29,2 juta pengikut.
  2. AH miliki Atta Halilinta memiliki 28,9 juta pengikut.
  3. Jess No Limit memiliki 24,1 juta pengikut.
  4. Rans Entertainment milik artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina memiliki 22,8 juta pengikut.
  5. TRANS7 Official milik TV swasta di Indonesia memiliki 21,8 juta pengikut.
  6. Frost Diamond memiliki 20,7 juta pengikut.
  7. Baim Paula milik artis Baim Wong dan Paula Verhoeven memiliki 19,8 juta pengikut.
  8. Indosiar memiliki 19,2 juta pengikut.
  9. GEN HALILINTAR milik keluarga Halilintas memiliki 17,8 juta pengikut.
  10. Deddy Corbuzier memiliki 17,4 juta pengikut.

Youtuber dengan jumlah pengikut terbanyak itu juga memiliki penghasilan yang tak kalah besar dari konten-kontennya. Melansir Idxchannel.com, Deddy Corbuzier diketahui mendapat penghasilan dari Youtube USD33,8-540,7 ribu per bulan atau sekitar Rp7,79 miliar per bulan.

Sementara itu, Ria Ricis mendapatkan penghasilan sebanyak USD20,2-323,8 ribu per bulan atau sekitar Rp4,6 miliar per bulan. Penghasilan YouTube Baim Paula mencapai sekitar Rp4,3 miliar per bulan dan Atta Halilintar mendapatkan Rp2 miliar per bulan. Per bulan, kanal Youtube Jess No Limit bisa mendapatkan penghasilan sampai Rp1,7 miliar dan Rp1,2 miliar untuk Gen Halilintar.

Mantap! Hampir Seluruh Netizen Indonesia Adalah Pengguna YouTube

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini