Pengalaman Berkuliah di Jurusan Ekonomi Pembangunan

Pengalaman Berkuliah di Jurusan Ekonomi Pembangunan
info gambar utama

#FutureSkillsGNFI

Ekonomi Pembangunan merupakan salah satu program studi yang berada di fakultas ekonomi dan bisnis. Mungkin jurusan ini tidak sepopuler jurusan Manajemen atau Akuntansi. Mungkin, banyak dari kita yang belum mengenal atau bahkan kesulitan mencari informasi tentang jurusan ini. Sebagai solusi, yuk kita simak pengalaman setahun berkuliah di Ekonomi Pembangunan Universitas Sebelas Maret (UNS) dari Laura Anandhita Claraizarra berikut!

  1. Mirip dengan Ilmu Ekonomi

Saat memutuskan untuk mendaftar ke jurusan Ekonomi Pembangunan (EP), Laura memiliki gambaran bahwa jurusan ini membahas seputar Ekonomi secara mendalam. Hampir mirip dengan Ilmu Ekonomi, tetapi lebih berfokus pada pembangunan.

  1. Mempelajari Ekonomi dan Matematika

Saat itu, Laura memilih jurusan EP karena berminat dengan Matematika dan lumayan menyukai pelajaran Ekonomi. Menurutnya, minat dan kemampuan dasar yang harus ia kuasai saat masuk jurusan adalah Ekonomi dan Matematika sebab EP membahas masalah Ekonomi dengan metode penyelesaian yang matematis.

  1. Pengalaman Tahun Pertama

Ekspektasinya adalah belajar tentang ekonomi secara lebih luas, tetapi ternyata pada tahun pertama baru belajar mata kuluah pengantar dengan berbagai teori yang masih mirip dengan yang mata kuliah saat ia duduk di bangku SMA.

Lalu, mata kuliah pengantar tersebut hampir mirip se-FEB, ada mata kuliah Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi. Jadi, kita nggak cuma belajar Ekonomi, kan? Mungkin,pada tahun kedua barulah ada mata kuliah yang membahas lebih luas mengenai Ekonomi.

"Lalu, kemampuan Matematika Dasar ternyata sangat dibutuhkan di jurusan ini karena mata kuliah utama di EP adalah Ekonomi Makro, Ekonomi Mikro, dan Matematika Ekonomi. Dalam ketiga mata kuliah utama tersebut, tentu ada metode matematisnya. Bagi saya, Matematika di sini lebih menantang dibanding dengan ekspektasi saat SMA. Dasar Matematika dibawa sampai kuliah, tetapi dikembangkan sehingga bisa dikatakan lebih rumit," terangnya.

  1. Gambaran Mata Kuliah

Mata kuliah pada tahun pertama terdiri atas Ekonomi Makro, Ekonomi Mikro, Matematika Ekonomi, Pengantar Akuntansi, Pengantar Manajemen, Statistika Pengantar, Bahasa Indonesia, Pancasila, dan Bahasa Inggris.

Kita belajar basic Ekonomi, Akuntansi, Manajemen, dan Matematika pada tahun pertama. Ekonomi lebih mempelajari tentang berbagai teori, ada makro dan mikro.

Ekonomi Makro lebih mengarah ke Ekonomi Nasional dan Internasional, dengan pembahasan inflasi, moneter, pajak, neraca perdagangan internasional, dan lainnya. Mikro lebih membahas tentang mekanisme pasar (perdagangan), yakni permintaan dan penawaran, keseimbangan (ekuilibrium), harga, perilaku konsumen, produksi, dan lainnya.

Sementara Matematika Ekonomi mempelajari tentang produksi yang dihitung dengan metode matematis, yakni metode Lagrang, Matriks, dan sebagainya. Intinya, angka-angka yang dibutuhkan di Ekonomi dihitung di mata kuliah Matematika Ekonomi ini.

Untuk akuntasi, kita belajar basic yang sama saat SMA. Lalu pada semester kedua, barulah membahas lebih jauh tentang metode pembukuan dari berbagai macam perusahaaan. Untuk Manajemen, kita belajar teori yang berkaitan engan bisnis yang bisa kita amati. Kemudian, dianalisis, dipresentasikan, atau dibuat makalah.

  1. Tips Persiapan Masuk EP!

Siapkan minat dan bakat pada Matematika dan Ekonomi karena sampai semester akhir akan berkutat pada dua bidang tersebut. Mata kuliah tersebut sebenarnya seru, tetapi pastinya ada juga kesulitannya. Mungkin karena pengaruh pembelajaran online atau faktor lainnya yang tentunya perlu kita atasi.

Selain itu, kita perlu up to date dengan berita–berita mengenai isu perekonomian. Sebagai gambaran tentang jurusan EP, kita bisa membaca berita Ekonomi yang membahas harga barang yang naik menjelang lebaran, utang luar negeri, krisis moneter, kelangkaan barang, dan berita lainnya.

Nah, itu dia sedikit gambaran mengenai jurusan Ekonomi Pembangunan dari mahasiswi tahun pertamanya! Gimana? Apakah semakin yakin untuk masuk EP? Atau, mau pikir-pikir dulu? Semoga pemaparan di atas sedikit membantu mengatasi kebimbanganmu, ya!

 

Referensi: Wawancara | Campus Quipper

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini