Rayakan Hari Anak Nasional, ACI Hadirkan Teater Musikal Interaktif Pertama di Indonesia

Rayakan Hari Anak Nasional, ACI Hadirkan Teater Musikal Interaktif Pertama di Indonesia
info gambar utama

Sejatinya, anak termasuk sumber daya manusia penerus mimpi perjuangan suatu bangsa. Pada masa mendatang, tercapainya pembangunan nasional bergantung pada peran penting anak. Maka, kita semua tentu berharap anak Indonesia mampu bertumbuh dengan baik dan berkualitas.

Hal tersebut tak lepas dari kontribusi orang tua untuk menstimulasi berbagai aspek perkembangan pada anak secara optimal. Stimulasi sebaiknya menggunakan media pembelajaran yang mudah dicerna oleh anak, menarik perhatian, dan memperjelas pesan. Dengan begitu, pengaruhnya pun signfikan terhadap indera anak.

Nah, solusi ampuhnya bisa menggunakan pembelajaran yang interaktif, dengan media yang menarik, berwarna, dan bervariasi. Jadi, pembelajaran tidak monoton. Anak lebih aktif terlibat, bebas mencoba hal baru dan berkomunikasi dua arah dalam kegiatan pembelajarannya.

Dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli 2022 dan mendukung pembelajaran interaktif, Gerakan Aksi Cinta Indonesia (ACI) bersama dengan mahasiswa dan mahasiswi Program Studi Branding, Universitas Prasetiya Mulya, mengadakan Interactive Storytelling "Raih Kesempatanmu" sebuah rangkaian acara menuju acara tahunan persembahan ACI, yakni Musikal Dari Rumah 3.

Acara ini berupa teater musikal interaktif pertama di Indonesia secara daring. Terdiri dari rangkaian acara berupa interactive games dan penampilan musikal dari sejumlah anak didik ACI. Hadirnya acara ini bertujuan memberikan keseruan bagi para buah hati melalui interaksi aktif dengan lebih dari 100 partisipan turut memeriahkan

Dosen pengampu mahasiswa/i S1 Branding Universitas Prasetiya Mulya Luki Safriana, Panitia Universitas Prasetiya Mulya Jones Tan, dan Perwakilan ACI Elroy resmi memulai acara dengan kata sambutan.

Storytelling Interactive | Foto: Dokumentasi ACI

ACI memastikan adanya komunikasi aktif antara Joanne Engka dan Nashadilla Fakhirah sebagai pemandu acara dengan para partisipan secara berkelanjutan. Misalnya, partisipan diminta mendeskripsikan sosok sahabat dan hewan peliharaan di rumah. Menariknya, stimulus dalam bentuk pertanyaan dan ajakan ini berhasil memicu interaksi antar partisipan, lho!

Acara semakin seru dengan banyaknya interactive games yang menarik, di antaranya Find The Difference dan Temukan Jumlah Kucing pada Gambar untuk menguji ketelitian para buah hati serta Kreasi Jam Versi Kamu! untuk mendorong kreativitas anak.

Storytelling Interactive | Foto: Dokumentasi ACI

Tidak hanya itu, puncak kemeriahan acara pun tampak pada setiap penampilan dari para anak didik ACI. Setiap lagu yang mereka nyanyikan merupakan karya ACI bersama anak didiknya.

Dengan persiapan matang dan keterlibatan berbagai pihak, setiap penampilan lagu berhasil dinyanyikan dengan alunan nan merdu. Tidak sekadar tampil, ada pula monolog yang menyorot makna mendalam dari setiap syair dalam lagu.

Ada beberapa kelompok yang tampil bersenandung lagu, yakni Aurel, Mita, dan Laurent bersenandung lagu Mentari; Christina, Mikael, dan Caelumia (Di Atas Awan); Clarence, Tirza dan Rachel (Sahabat Setia); Khayla, Orlin, dan Zoey (Anjing dan Kucing); Selene, Melody, dan Mikhael (Dunia Indah); Jonas, Fazka, dan Mikhael (Jangan Menyerah); Zoey, Ailsie, dan Elroy (Menggapai Cita); Nasha, Kiandra, dan Mita (Hari Bahagia); serta Abi, Reinhart, dan Noel (Waktu).

Storytelling Interactive | Foto: Dokumentasi ACI

Pada akhirnya, kemeriahan acara kian lengkap dengan penampilan solo oleh Rachel Natania dengan lagu yang melatarbelakangi keseluruhan acara berjudul Kesempatan dan seluruh anggota ACI menyanyikan (Reprise) Bahagia.

Dalam pementasan ini, terhiutng ada 11 lagu yang dibawakan oleh para member ACI. Dengan Helena Lorentia sebagai sutradara, Moscow Bow Tie sebagai pengatur musik, dan kelompok orkestra dari Rusia

Setelah seluruh rangkaian acara usai, acara diakhiri sesi dokumentasi bersama seluruh partisipan sebagai bentuk kenangan selebrasi Hari Anak Nasional. ACI berharap acara ini dapat mendorong anak-anak dari seluruh penjuru Indonesia untuk terus berkreasi dan bangga terhadap eksistensi lagu anak karya anak bangsa.

 

Referensi:Aksi Cinta Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini