Healing Bling-Bling, Inilah 10 Destinasi Glamping 'Sultan' di Indonesia

Rahayu Suryaningtyas

#temansetiaperjalananmu

Healing Bling-Bling, Inilah 10 Destinasi Glamping 'Sultan' di Indonesia
info gambar utama

Memasuki era New Normal, perilaku berwisata di alam yang memberi dampak positif pada kesehatan sekaligus menghindari kerumunan yang dulu populer di masa pandemi Covid-19 kini bertahan menjadi tren baru.

Salah satu pengalaman wisata alam yang terus mengalami kenaikan pengunjung adalah glamping, atau glamorous camping.

Glamping adalah aktivitas berkemah di alam namun dilengkapi fasilitas yang lebih lengkap dan nyaman. Sebagian besar glamping bahkan tidak hanya menawarkan pengalaman berkemah di alam, tapi juga fasilitas mewah rasa 'sultan' bagaikan hotel bintang lima. It’s camping with a twist!

Sebagai Platform Ecotourism Travel Guide, Rutenesia ingin menganalisa glamping apa saja yang memiliki harga paling mahal di Indonesia dan berapa rating yang diberikan oleh pengunjung. Selain itu kami juga melihat fasilitas apa saja yang di sediakan oleh glamping dengan harga fantastis ini.

Kami mengemas temuan ini dengan membandingkannya dengan harga barang mewah/gadget yang diminati oleh masyarakat Indonesia.

10 besar glamping paling mahal di Indonesia

Infografis Top 10 Glamping Tersultan Se-Indonesia | Rutenesia
info gambar

Berikut adalah temuan utama kami:

  • Ada 10 glamping di Indonesia dengan tarif di atas Rp3,5 juta/malam atau sama dengan tarif hotel bintang lima:
  1. ​​Capella Ubud, Bali
  2. Amanwana, NTB
  3. Lakeside Glamping Rancabali, Jawa Barat
  4. Menjangan Dynasty Resort, Bali
  5. The Canopi/Natra Bintan, Kepulauan Riau
  6. Galalima Glamping, Bali
  7. Maribaya Glamping Tent Lembang, Jawa Barat
  8. Glamour Camping Legok Kondang, Jawa Barat
  9. Bubble Hotel Ubud, Bali
  10. Origin Uluwatu, Bali
  • Capella Ubud Bali mendominasi list dengan harga sewa Rp52 jutaan/malam atau setara dengan biaya Down Payment rumah di Pondok Indah, Jakarta.
  • Sebagian besar glamping di daftar 10 Besar memiliki fasilitas layaknya hotel yaitu; AC, wifi, room service, restaurant, dan private pool. Capella Ubud Bali mendominasi list sebagai glamping dengan fasilitas paling mewah dan terlengkap baik di dalam tenda maupun di area glamping.
  • Persebaran glamping tersultan didominasi Provinsi Bali, disusul Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, dan Kepulauan Riau.
  • Glamping harga 'sultan' mengutamakan privasi bagi tamu, seperti Amanwana yang terletak di Pulau Moyo, sebuah pulau konservasi terpencil di Laut Flores.
  • Glamping dengan rating Tripadvisor terbaik adalah Capella Ubud (5 bintang, 223 ulasan) dan Origin Uluwatu (5 bintang, 65 ulasan).
  • Glamping tersultan di Indonesia didominasi dengan model bangunan tenda safari, kecuali Bubble Beach Hotel Bali yang berbentuk Dome (bubble transparan).

Capella Ubud, surga tersembunyi di tengah hutan

Infografis Biaya The Lodge Capella Ubud Bali Per-Malam
info gambar

Dinobatkan di posisi ke-3 sebagai resort terbaik di Asia di tahun 2022 oleh Travel+Leisure, tidak heran jika glamping ini ada di peringkat teratas daftar ini. Capella Ubud menawarkan pengalaman glamping tersembunyi di tengah hutan lebat yang bersebelahan dengan sungai.

Arsitektur unik yang bernuansa Eropa antik dan tradisional Bali terasa di setiap kamar mewah yang tersedia. Terdapat 3 restoran untuk 3 sajian otentik yang berbeda yaitu Eropa, Asia, dan khas perkemahan.

Selain itu, glamping ini menawarkan beraneka ragam aktivitas yang berbeda untuk setiap tamu seperti melihat matahari terbit di Gunung Batur, melukis tradisional, menari khas Bali, membuat jamu, bootcamp, yoga, spa, chakra healing, bahkan chocolate tasting.

Tamu juga diajak terlibat dalam persiapan festival tradisional Bali di kampung sekitar, mereka ikut berlatih gamelan dan menganyam penjor.

Amanwana, kemewahan di Pulau Konservasi

Infografis Biaya Jungle Tent Amanwana NTB Per-Malam | Rutenesia
info gambar

Tamu di glamping dengan tenda safari mewah ini akan dimanjakan panorama alam yang hampir tak terjamah, karena Pulau Moyo adalah kawasan konservasi alam. Tamu dapat menikmati pemandangan bawah laut dan, jika beruntung, berenang dengan penyu dengan ditemani instruktur scuba diving dan snorkeling bersertifikat.

Selain itu, berlayar selama tujuh malam di kapal pesiar pribadi juga termasuk kegiatan yang populer di Amanwana dimana tamu dapat melihat Komodo di habitatnya.

Bagi tamu yang lebih menyukai eksplorasi pulau, Amanwana juga menawarkan aktivitas trekking, hiking, biking, dan melihat flora dan fauna liar, atau sekedar melepas penat dengan spa dan berjemur.

Lakeside Glamping Rancabali, pemandangan tepi danau yang memukau

Infografis Harga Cabin Lakeside 704 Rancabali, Ciwidey, Jawa Barat | Rutenesia
info gambar

Daya tarik terbesar dari glamping ini adalah pemandangan indah dari Situ Patenggang yang memesona, terutama saat matahari terbit dan terbenam. Selain itu, lokasinya yang dekat dengan ibu kota sangat strategis bagi pekerja yang ingin rehat sejenak dari kesibukan sehari-hari.

Bagi keluarga yang membawa anak-anak, terdapat kebun stroberi dan bukit kelinci. Sementara kegiatan untuk orang dewasa terdapat rafting, offroad, paint ball, hingga archery battle. Kamar termahal adalah Cabin Lakeside 704, kapasitas kamar tersebut dapat diisi oleh 8 tamu.

Menjangan Dynasty Resort Bali, glamping dengan beach club dan infinity pool

Infografis Harga Cliff Tent Villa Menjangan Dynasty Resort Bali | Rutenesia
info gambar

Pantai pasir putih, infinity pool, dan beach club, glamping ini cocok bagi kamu yang suka berpetualang di alam tetapi tetap bisa berkenalan dengan orang baru. Glamping ini dilengkapi dengan fasilitas menyelam kelas dunia.

The Canopi/Natra Bintan, glamping di tepi laguna buatan terbesar di Asia Tenggara

Infografis Harga Glamping Deluxe Tent Natra Bintan, Kepulauan Riau | Rutenesia
info gambar

Terletak di Pulau Bintan yang hanya berjarak satu jam perjalanan via feri dari Singapura, glamping ini ideal untuk retreat bersama keluarga, teman, atau kolega kantor. Glamping dengan total luas area 90 hektare ini punya laguna buatan terbesar di Asia Tenggara dengan pantai dan area mangrove pribadi.

Beragam aktivitas untuk seluruh anggota keluarga ada disini, mulai dari bounce playground dan safari, Chill Cove untuk kayak, petualangan off-road, snorkeling, trekking, golf, spa, dan shopping.

Galalima Glamping Bali, bersantai sejenak di tengah alam Bali

Infografis Harga Tukad Suite Galalima Glamping Bali | Rutenesia
info gambar

Galalima Glamping menawarkan kemewahan berkemah di alam bebas. Tak hanya itu, tamu dapat menikmati cara hidup tradisional khas Bali seperti melukis dengan bahan dari alam, membuat minyak kelapa secara tradisional, dan menjahit canang untuk ritual keagamaan.

Maribaya Glamping Tent Lembang Jawa Barat, glamping dengan kolam air panas alami

Infografis Harga Family Suite Tent Maribaya Glamping Tent, Lembang, Jawa Barat | Rutenesia
info gambar

Berendam di air panas alami bersama keluarga diiringi suara air terjun, cuma ada di Maribaya Glamping Tent Lembang. Selain menyehatkan, kolam air panas alami ini juga baik untuk relaksasi. Selain itu, tersedia playground untuk bermain anak-anak dan restoran dengan citarasa khas Jawa Barat.

Glamour Camping Legok Kondang Jawa Barat, glamping instagenic dekat ibu kota

Infografis Harga Prameswari Tent Glamour Camping Legok Kondang, Jawa Barat | Rutenesia
info gambar

Berlibur di alam yang sejuk sembari berendam dalam kolam air panas pribadi adalah healing yang sukar ditolak untuk para pekerja di kota besar, apalagi lokasinya yang dekat dengan ibu kota. Setiap sudut glamping ini juga indah untuk diabadikan dalam Instagram.

Bubble Beach Hotel, bermalam di bawah langit bertabur bintang

Infografis Harga Bubble Dome, Ubud, Bali | Rutenesia
info gambar

Satu-satunya glamping dengan bentuk berbeda, yaitu bubble transparan, yang masuk daftar ini. Glamping romantis untuk honeymoon yang menyatu dengan alam. Tamu yang menginap dapat tidur beratapkan langit berbintang dengan pemandangan laut yang indah.

Origin Uluwatu Bali, glamping pribadi untuk keluarga besar

Infografis Harga Family Two Bedroom Pool Tent Origin Uluwatu, Bali | Rutenesia
info gambar

Bersantai bersama keluarga besar, berkumpul di sekeliling api unggun dan bercerita, atau berpetualang di berbagai pantai bisa dilakukan di sini.

Glamping ini menyediakan ruang yang luas untuk tempat bermain anak dan, jika bosan, ada banyak pantai di sekitar glamping ini yaitu Pantai Bingin, Pantai Impossible, dan Pantai Cemongkak.

Itulah daftar glamping harga sultan dan perbandingannya versi Rutenesia. Sekilas memang harga yang mereka tawarkan sangat tinggi.

Namun, melihat hasil ulasan berbagai glamping tersebut, terutama hasil ulasan Capella Ubud yang sangat tinggi di Tripadvisor (5 bintang dengan 223 ulasan), tentu dibalik harga tinggi tersebut ada alasannya. Glamping dengan harga setara Down Payment rumah pasti menawarkan pengalaman yang luar biasa.

Jadi, healing rasa “sultan” yang mana yang masuk wishlist-mu?

Sumber:

Website dan akun Instagram resmi masing-masing glamping, Zalora, website resmi luxury brand, Tripadvisor, dan blog wisata lain.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rahayu Suryaningtyas lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rahayu Suryaningtyas.

Tertarik menjadi Kolumnis GNFI?
Gabung Sekarang

RS
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini