Sering Ngantuk After Lunch? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

Sering Ngantuk After Lunch? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!
info gambar utama

Jam makan siang menjadi salah satu momen yang paling ditunggu para pekerja. Nggak cuma jadi waktu istirahat melepas penat dari beban pekerjaan, makan siang juga menjadi saat yang paling tepat untuk kembali mengisi energi yang sudah terkuras dengan memilih menu makanan favorit yang bisa meningkatkan mood kerjamu.

Namun, ada masalah klasik yang kerap terjadi after lunch. Seringkali kita dilanda rasa kantuk usai makan siang, padahal tugas sudah kembali menumpuk untuk kembali dikerjakan. Kalau sudah begini, paham banget kan gimana rasanya untuk kembali menyelesaikan pekerjaan?

Goodmates tahu gak? Kenapa ya, hal tersebut sering terjadi? Padahal kita sudah istirahat cukup untuk memulai aktifitas dengan penuh semangat, entah mengapa tiba-tiba semangat menurun akibat kantuk setelah makan siang. Hmm, mungkin penjelasan berikut bisa membantumu mengetahui penyebab rasa kantuk yang sering melanda setelah makan siang.

  1. Kebiasaan Makan Porsi Jumbo
Ilustrasi kebiasaan makan porsi jumbo
info gambar

Punya kebiasaan makan dengan porsi besar bisa jadi pemicu utama penyebab kantuk. Saat kenyang, tubuh akan menjadi rileks dan mengantuk. Keadaan ini terjadi akibat naiknya gula darah secara tiba-tiba, dan bisa mendadak turun sangat rendah. Jika ini sering terjadi tentunya kurang baik bagi kesehatan tubuhmu di masa mendatang, Goodmates. Jadi, porsi pas saja ya!

  1. Hobi Ngemil Gorengan & FastFood? No!
Ilustrasi hobi ngemil gorengan dan fast food
info gambar

Goodmates, hati-hati nih. Sering mengkonsumsi makanan dengan tinggi kalori dan lemak seperti gorengan atau fast food, nggak hanya membuat gaya hidupmu jadi kurang sehat, namun juga menjadi pemicu timbulnya rasa kantuk di tengah aktivitas kerja. Makanan dengan tinggi kalori dan lemak tersebut bisa memicu tubuh untuk merasa kenyang berlebihan dan mengirim sinyal mengantuk ke otakmu.

  1. Batasi Makanan Kaya Protein & Karbohidrat
Ilustrasi batasi makanan kaya protein dan karbohidrat
Ilustrasi batasi makanan kaya protein dan karbohidrat | Pexels.com/EnginAkyurt

Selain hobi konsumsi makanan tinggi kalori dan lemak, makanan yang banyak mengandung protein dan karbohidrat juga jadi pemeran utama dalam masalah kamu menghadapi rasa kantuk di siang hari. Perhatikan dan batasi asupan makananmu apakah sudah seimbang komposisinya, agar meminimalisir datangnya rasa mengantuk sehabis makan siang.

  1. Perhatikan Jam Biologis Kamu
Ilustrasi perhatikan jam biologis kamu
Ilustrasi perhatikan jam biologis kamu | Pexels.com/MiriamAlonso

Kebiasaan tidur di malam hari juga berpengaruh dengan penyebab kantuk, karena jam biologis yang dimiliki tubuh akan ikut beradaptasi kapan biasanya rasa kantuk itu datang kembali. Biasanya, rasa kantuk akan kembali muncul sekitar 7-9 jam setelah kamu bangun tidur. Rasa kenyang yang ditimbulkan sehabis makan siang jadi paket combo untuk godaan tidur siang singkat, atau yang biasa dikenal dengan istilah power nap.

  1. Punya Masalah Kesehatan Tertentu
Ilustrasi punya masalah kesehatan tertentu
Ilustrasi punya masalah kesehatan tertentu | Pexels.com/Thirdman

Kalau rasa kantuk itu seringkali timbul setelah makan, bisa jadi ada hubungannya dengan masalah kesehatan kamu. Nggak ada salahnya untuk segera konsultasikan keluhanmu ke dokter. Mengantuk setelah makan juga bisa menjadi tanda jika kamu sedang kekurangan gizi loh, Goodmates.

Kurangnya gizi bisa menyebabkan makanan tidak terserap dengan baik karena tubuh gagal untuk mencernanya. Jangan sampai hal tersebut dibiarkan berlarut dan menghambat aktivitasmu sehari-hari.

Rasa kantuk yang seringkali muncul setelah makan merupakan siklus alamiah yang terjadi pada saluran pencernaan dan otak. Tapi bisa jadi, kondisi tersebut justru sebagai sinyal dari tubuh kamu yang mungkin saja berpengaruh pada masalah kesehatan dan pola hidup yang harus diperhatikan. So, nggak ada salahnya untuk menerapkan pola hidup sehat dari sekarang, agar rasa kantukmu di kantor bisa berkurang loh, Goodmates.

Untuk tau lebih banyak seputar informasi lowongan pekerjaan ter-update, kamu bisa cek Instagram @workerspediadan channel Youtube Workerspedia. Disana kamu akan menemukan informasi seputar dunia kerja yang sangat bermanfaat.

Referensi: hellosehat.com | glints.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini