Punya Hobi Trekking? Kamu Dapat Melakukannya di Taman Simalem, Bonus Pemandangan Air Terjun Kembar!

Punya Hobi Trekking? Kamu Dapat Melakukannya di Taman Simalem, Bonus Pemandangan Air Terjun Kembar!
info gambar utama

Taman Simalem sebagai salah satu tempat wisata yang menawarkan keindahan Danau Toba terletak di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Tidak hanya wisatawan dalam negeri, wisatawan asing juga banyak mengunjungi tempat ini.

Pesona keindahan Danau Toba dapat dilihat dengan sempurna di Taman Simalem. Taman Simalem sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata dengan keluarga maupun teman. Selain itu, Taman Simalem juga dapat dijadikan sebagai tempat healing karena jauh dari keramaian kota. Jarak tempuh dari Medan menuju Taman Simalem sekitar 115 km atau dapat ditempuh sekitar 3 jam 30 menit.

Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan di Taman Simalem. Salah satu aktivitas menarik yang dapat dilakukan adalah jungle trek. Jungle trek di Taman Simalem merupakan aktivitas trekking menuju Air Terjun Kembar. Bagi pecinta alam, tentunya aktivitas ini sangat menarik dan wajib dikunjungi.

Namun bagi kalian yang jarang melakukan trekking jangan khawatir, aktivitas ini akan dipandu oleh tour guide sehingga keselamatan pengunjung dapat terjamin. Jungle trek ini dilaksanakan pada pagi atau sore hari ketika cuaca sedang bagus. Untuk mencapai Air Terjun Kembar, akan memakan waktu sekitar 2 jam dari titik kumpul. Harga yang ditawarkan untuk menikmati aktivitas jungle trek adalah Rp. 35.000,00 untuk tamu harian dan gratis untuk tamu hotel atau villa.

Air Terjun Kembar | Dokumentasi Pribadi/ Kamila Eliza

Selama melakukan trekking, mata kita akan dimanjakan oleh pemandangan hutan dan pegunungan. Tour guide juga sering berbagi informasi seputar jenis-jenis tanaman obat di hutan, cara melihat arah mata angin dan fakta unik yang ada di hutan. Medan yang dilalui saat trekking tidak terlalu ekstrim dan tidak terlalu curam.

Pengunjung dapat santai dan menikmati keindahan hutan tanpa menghabiskan terlalu banyak energi. Titik akhir dari jungle trek ini adalah Air Terjun Kembar. Air terjun tersebut dikatakan “kembar” karena terdapat dua air terjun pada satu tempat. Arus dari air terjun ini sangat tenang sehingga pengunjung dapat mendekat ke air terjun tanpa ada rasa takut hanyut terbawa oleh arus.

Sebelum melakukan jungle trek, pengunjung diharapkan untuk memakai celana panjang dan sepatu untuk alasan keselamatan. Pengunjung juga harus mematuhi peraturan-peraturan, seperti tidak boleh merokok dan tidak boleh membuang sampah sembarangan. Aktivitas jungle trek ini tentunya sangat membekas di hati karena sangat seru. Rasa lelah dan letih saat trekking langsung hilang ketika sampai di Air Terjun Kembar. Pemandangan yang disuguhkan pada aktivitas jungle trek ini sangat menakjubkan.

Oleh: Kamila Eliza

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini