Apa Itu Asbestos, Kandungan Berbahaya dalam Produk Bedak Bayi Populer

Apa Itu Asbestos, Kandungan Berbahaya dalam Produk Bedak Bayi Populer
info gambar utama

Ada banyak produk penting dengan tingkat kandungan dan penggunaan khusus untuk bayi di Indonesia. Mulai dari pamper, susu, botol dot, hingga bedak yang keberadaannya selalu digunakan setiap hari. Namun, belakangan ramai pemberitaan mengenai salah satu produk bedak bayi yang terbukti memiliki kandungan asbestos.

Untuk diketahui, produk bedak bayi dengan kandungan berbahaya yang dimaksud berasal dari merek Johnson & Johnson. Salah satu produsen obat-obatan, peralatan medis, dan barang konsumsi FMCG yang berbasis di Amerika Serikat.

Mengutip pemberitaan Reuters, produk bedak bayi dari J&J akan dihentikan penjualannya secara global mulai tahun 2023 mendatang. Di mana sebenarnya, sejak tahun 2020 keputusan dan penarikan produk tersebut sudah lebih dulu dilakukan di Amerika Serikat dan Kanada.

Akar masalahnya adalah, produk bedak bayi yang dimaksud telah terbukti mengandung senyawa karsinogenik penyebab kanker berupa asbestos. Perusahaan bahkan disebut telah menghadapi sebanyak 38.000 tuntutan hukum dari konsumen, dan para penyintas yang terkena dampak kanker dari kandungan tersebut.

Ditemukan di Daging Hingga Camilan Anak, Sebahaya Apa Bakteri Salmonela?

Apa itu asbestos?

Gambaran partikel asbestos | asbestorama via asbestos.com
info gambar

Asbestos (asbes) merupakan salah satu jenis dari enam zat mineral alami yang terbuat dari serat tahan panas, keberadaannya bahkan biasa digunakan sebagai bahan isolasi tahan api. Karena itu, zat ini sebenarnya memang umum digunakan pada ribuan produk konsumen di AS sebelum bahaya kesehatannya mulai banyak diketahui diketahui.

Seiring berjalannya waktu, mulai diketahui bahwa asbestos dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan serius jika digunakan dalam jangka waktu panjang. Beberapa jenis penyakit yang berpotensi muncul akibat kandungan ini adalah mesothelioma (sejenis tumor yang melapisi paru-paru, jantung, dan organ lain), kanker paru-paru, dan berbagai jenis kanker lainnya.

Karena berupa partikel kecil, zat atau kandungan dari asbestos itu sendiri bisa masuk ke dalam tubuh saat terhirup melalui saluran pernapasan.

Hingga saat ini, penggunaan atau pemanfaatan asbestos memang sudah diatur di Amerika Serikat. Tetapi belum atau tidak ada larangan untuk menggunakan zat satu ini, sehingga masih banyak perusahaan yang entah disengaja atau tidak menyertakan kandungan asbestos dalam produknya, salah satunya Johnson & Johnson.

Mengenali 6 Jenis Kanker yang Sering Menyerang Anak

Bagaimana dengan Indonesia?

Bedak bayi Johnson | rblfmr/Shutterstock
info gambar

Di Indonesia sendiri, produk bedak bayi dari merek Johnson & Johnson bisa dibilang cukup populer. Mengutip pemeringkatan iPrice, merek bedak bayi satu ini bahkan berada di jajaran peringkat teratas yang paling direkomendasikan. Hingga saat ini, peredaraannya di pasaran juga masih dengan mudah ditemui.

Akankah pemberhentian penjualan secara global, yang dilakukan Johnson & Johnson tahun depan juga akan berpengaruh di Indonesia?

Meski belum ada konfirmasi terbaru dari pihak berwenang atau dalam hal ini Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia, namun sebenarnya konfirmasi mengenai topik serupa sudah pernah diinformasikan pada tahun 2020 lalu, tepat saat Johnson & Johnson lebih dulu memberhentikan penjualan di negaranya.

Dalam keterangan tertulisnya, BPOM membenarkan jika bedak bayi merek terkait yang beredar di AS memang terkontaminasi asbestos yang merupakan senyawa karsinogen.

Namun di saat bersamaan, dipastikan jika bedak bayi merek sama yang beredar di Indonesia merupakan produk lokal (diproduksi di Indonesia), dan impor yang berasal dari Filipina dan Thailand. Sehingga produk bedak bayi yang dimaksud berbeda dengan yang beredar dan dilaporkan terkontaminasi asbestos di Indonesia.

Terlebih, dilaporkan jika hasil pengujian terhadap sederet produk bedak bayi dari merek terkait yang beredar di Indonesia, yakni Johnson’s Active Fresh Baby Powder, Johnson’s Baby Powder, dan Johnson’s Cornstarch Baby Powder menunjukkan negatif atau tidak mengandung asbestos.

Fakta Bedak Saripohatji, Kosmetik Berbahan Alami Umurnya Hampir Seabad

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini