Mengenal Batik Indonesia Yang Kini Mendunia

Mengenal Batik Indonesia Yang Kini Mendunia
info gambar utama

Seni batik merupakan salah satu hasil kebudayaan yang dikenal sejak nenek moyang. Batik sangat dikagumi bukan hanya karena prosesnya yang rumit tetapi juga dalam berbagia motif dan warnanya yang unik dan indah, yang sarat akan makna simbolik . Motif batik tradisional kebanyakan bersifat monumental dari alam dan lingkungan sekelilingnya. Hal tersebut merupakan imajinasi dari agama dan kepercayaan senimannya yang biasanya anonim. Selain itu, motif-motif batik juga mengandung nilai simbolis-magis yang ditujukan untuk fungsi keagamaan/kepercayaan, dan nilai estetis yang digunakan sebagai hiasan. Batik tradisional mempunyai warna yang khas. Bila dilihat dari nuansa, batik ini dapat dikategorikan bernuansa gelap dan suram. Secara langsung maupun tidak langsung, warna batik tradisional mempunyai warna simbolik, menurut paham kesaktian. Sedangkan makna tidak langsung dari warna-warna tersebut mempunyai makna yang dihubungkan dengan makna simbolik motifnya. Jadi terjadi kesetangkupan makna antara motif dan warna batik tradisional.

Goodmates, tahukah kamu kalau pada tanggal 2 Oktober diperingati sebagai hari batik nasional. UNESCO telah mengukuhkan batik sebagai mahakarya pusaka kemanusiaan lisan dan tak benda kepada Indonesia. Sebagai bangsa yang berbudaya, bangsa Indonesia wajib menjaga kelestarian budaya batik ini. Sebagaimana warisan budaya lainnya, batik mengandung nilai kearifan dan hal ini sering terabaikan di tengah kemajuan teknologi, globalisasi, modernisasi dan budaya konsumerisme. Batik tidak dapat dilepaskan dari kehidupan masyarakat. Sejak masih ada di kandungan, lahir, remaja, dewasa menikah, berumah tangga sampai meninggal dunia, batik selalu menyertai dalam ritual-ritualnya. Pentingnya peranan batik ini dapat dipahami dari seringnya kehadiran batik dalam berbagai kegiatan adat, tradisi dan ritual budaya kehidupan masyarakat Bahkan di dewasa ini Batik menjadi tren di kalangan masyarakat, bahkan beberapa publik figur ternama juga menggunakan batik juga lho! Yuk simak penjelasan berikut:

  1. Paris Hilton
Paris Hilton | Foto : Pinterest
info gambar

 

Dress yang digunakan Paris Hilton ini terdiri dari 2 kain corak batik. Long dress tanpa lengan ini sangat pas digunakan saat ke pantai. Jadi buat kaum hawa, ini bisa jadi rekomendasi kamu yang ingin ke pantai dan tetap stylistdengan batik. Pastikan bahan yang digunakan juga yang loose dan tidak terlalu tebal ya. Karena kenyamanan pakaian juga sangat penting.

 

  1. Song Ji Hyo
Song Ji Hyo | Foto : The Witchs Diner
info gambar

Song Ji Hyo begitu populer di Indonesia berkat variety show Running Man. Namun sebenarnya Song Ji Hyo juga seorang aktris. Tahun 2021, Song Ji Hyo membintangi drama The Witch's Diner sebagai penyihir yang memiliki restoran dan bisa mengabulkan keinginan pelanggan dengan bayaran besar.

Penampilan Song Ji Hyo sebagai penyihir Jo Hee Ra begitu disorot karena penampilannya dengan berbagai kostum menawan. Salah satunya ketika Song Ji Hyo kedapatan mengenakan gaun batik Indonesia motif parang dalam adegan bersantai sambil minum. Song Ji Hyo dengan gaun batik tersebut dinilai amat memukau.

 

  1. Leeteuk Super Junior 
Leeteuk | Foto : Instagram.com/xxteukxx
info gambar

 

Leeteuk Super Junior menerima batik yang didesain Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ia kemudian mengenakannya dan membagikan penampilannya melalui Instagram pribadi pada 24 Mei 2021 sambil mengungkapkan terima kasih.

Leeteuk menerima dua jenis pakaian, yakni kemeja dan jas. Kemeja batik yang dikenakan Leeteuk berwarna dominan biru, sedangkan kemejanya merah kecokelatan. Leeteuk kemudian memadukan batiknya dengan celana biru yang membuatnya terlihat gagah.

 

  1. Kim Taehyung ( V BTS)
Foto : V Live
info gambar

 

Buat para Indonesia ARMY pasti sudah nggak asing sama tampilan V, anggota BTS, yang terlihat seperti mengenakan kemeja batik pada salah satu siaran langsung yang ia lakukan di aplikasi V Live. Sambil menyapa para penggemarnya, tampilan seorang V BTS dengan kemeja yang mirip dengan motif batik tersebut berhasil membuat para ARMY heboh.

 

Itu tadi beberapa artis luar negeri yang terlihat memakai baju batik dengan style yang keren-keren banget. Bisa jadi inspirasi ootd kamu pada saat Hari Batik Nasional tanggal 2 Oktober, lho. Goodmates sendiri paling suka sama ootd nya siapa, nih? Tulis di komentar ya

 

Referensi : Pinterest | Jurnal

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini