Lewat Bagus Kahfi, Talenta Sepak Bola Indonesia Merambah Yunani

Lewat Bagus Kahfi, Talenta Sepak Bola Indonesia Merambah Yunani
info gambar utama

Pemain sepak bola belia Indonesia, Bagus Kahfi, resmi bergabung dengan klub Asteras Tripolis. Transfer ini sekaligus membuat talenta sepak bola Indonesia kini semakin meramaikan Eropa hingga merambah Yunani.

Bergabungnya Bagus Kahfi diumumkan Asteras Tripolis pada Senin (22/8). Berdasarkan laman Transfermarkt, pemain bernama lengkap Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri itu dikontrak hingga Juni 2023.

“Bismillah perjalanan baru dimulai!” tulis Bagus Kahfi di akun Instagram-nya.

Bagi Bagus Kahfi, bermain di klub Eropa bukanlah pengalaman baru. Sebelumnya, ia pernah bergabung bersama klub Belanda, Jong FC Utrecht.

Tumbuh sebagai pemain sepak bola di klub Barito Putera sejak level usia muda, Bagus Kahfi meninggalkan Indonesia untuk hijrah ke Belanda pada 2021. Ia dengan bergabung Jong FC Utrecht sejak 2021 hingga Mei 2022 lalu.

Hanya bergabung satu setengah musim, Bagus Kahfi mencatatkan dua penampilan bersama Jong FC Utrecht. Dari dua penampilan tersebut, total ia hanya dimainkan sebagai pemain pengganti selama tujuh menit oleh pelatih Darije Kalezic.

Berdasarkan data Soccerway, Bagus Kahfi bermain dalam pertandingan melawan Telstar pada 28 Agustus 2021 dini hari WIB dan ADO Den Haag. Dalam dua laga tersebut, Bagus Kahfi bersama Jong Utrecht menang 3-0 dan imbang 1-1.

Asteras Tripolis sendiri adalah klub yang berkompetisi di kasta teratas Liga Yunani. Musim ini, Asteras Tripolis baru menjalani satu pertandingan liga dengan menghadapi Volos NFC yang berakhir imbang 3-3. Hasil itu membuat Asteras Tripolis kini berada di posisi ketujuh klasemen sementara dengan koleksi satu poin.

Bagus Kahfi dan Asteras Tripolis akan menjalani pertandingan berikutnya menghadapi klub top Olympiakos. Pertandingan dijadwalkan digelar di Stadio Theodoros Kolokotronis pada 29 Agustus 2022 mendatang.

Luis Milla ke Persib, Sepak Bola Indonesia Semakin Ramai oleh Pelatih Kelas Dunia

Menyusul Talenta Muda Lain

Bagus Kahfi menyusul sejumlah pemain muda Indonesia lain yang bergabung dengan klub baru di Eropa pada bursa transfer musim panas ini. Selain Bagus Kahfi, Elkan Baggott, Egy Maulana Vikri, dan Witan Suleman juga berseragam klub baru di Eropa.

Elkan Baggott bergabung dengan Gillingham di Inggris dengan status pinjaman dari Ipswich Town, sedangkan Egy Maulana Vikri direkrut FC ViOn Zlaté Moravce di Slovakia. Witan Sulaeman juga bermain di Slovakia bersama AS Trenčín.

Dalam beberapa tahun terakhir, gelombang pemain sepak bola belia Indonesia yang merumput di luar negeri semakin banyak. Tak hanya di Eropa seperti Bagus Kahfi, Egy, maupun Witan, ada pula yang memilih berkarier di negara Asia.

Nama paling beken yang berkarier di Asia adalah Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam. Pratama Arhan bermain bersama klub Liga Jepang, Tokyo Verdy, sementara itu Asnawi Mangkualam bermain di klub Liga Korea Selatan, Ansan Greeners.

Peran Tokoh Betawi MH Thamrin Persatukan Bangsa Melalui Sepak Bola

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini