Kreatif, Ketua RW Ini ‘Niat’ Bikin Aplikasi untuk Pantau Ronda

Kreatif, Ketua RW Ini ‘Niat’ Bikin Aplikasi untuk Pantau Ronda
info gambar utama

Pembuatan aplikasi yang dilakukan para tenaga ahli layaknya tim IT ternyata tidak selalu harus berhubungan dengan bisnis, atau penggunaan skala besar yang berhubungan dengan usaha teknologi. Nyatanya, hal sama juga bisa dibuat untuk membantu keamanan di lingkungan masyarakat secara sederhana, salah satunya untuk memantau ronda dan keamanan desa.

Hal itu yang nyatanya dilakukan oleh seorang Ketua Rukun Warga (RW), di Kelurahan Danukusuman, Kecamatan Serengan, Kota Solo.

Sosok Ketua RW yang dimaksud adalah Aris Joko Saraswo. Ia menjadi bahan pemberitaan setelah diketahui membuat aplikasi berbasis Android bernama e-Ronda (ronda elektronik).

Mengutip berbagai sumber, dijelaskan bahwa aplikasi tersebut dibuat dengan tujuan untuk memantau keamanan lingkungan tempat tinggalnya. Lain itu, aplikasi yang sama juga berperan dalam memudahkan peronda menyampaikan laporan kepada warga, maupun petugas Linmas kelurahan.

Peneliti Fakultas Kedokteran UI Ciptakan Aplikasi Kesehatan untuk Penderita PCOS

Bisa dipakai umum

Aris Joko Saraswo menunjukkan aplikasi e-Ronda buatannya | Nicolous Irawan/Solopos
info gambar

Tidak hanya bisa dipakai sendiri atau terbatas hanya oleh warga di tempat tinggalnya, aplikasi tersebut sejatinya sudah tersedia di Google Play Store dan bisa digunakan oleh semua orang.

Membahas lebih detail mengenai cara kerjanya, aplikasi e-Ronda memiliki berbagai fitur pendukung. Mulai nama petugas, jadwal, lokasi ronda, hingga musik berupa suara kentongan. Titik lokasi peronda pun bisa diketahui melalui Google Maps.

Bahkan, fitur konten hasil ronda berupa rekaman video juga dapat dilaporkan ke kontak WhatsApp warga melalui aplikasi tersebut.

Bicara soal awal mula pembuatan, dijelaskan bahwa Aris awalnya mendapatkan ide membuat aplikasi setelah muncul kebiasaan peronda yang hanya menggunakan WhatsApp saat menyampaikan laporan.

Lebih lanjut, Dalam laporan itu, termuat catatan nama petugas, jam dan wilayah yang harus dipantau selama ronda.

“Akhirnya muncul ide untuk membuat aplikasi e-Ronda untuk memudahkan laporan itu.” ujar Aris, mengutip Kumparan.com.

Berkat ide dan kreasinya membuat aplikasi tersebut, Aris berhasil memenangi ajang Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) 2022 tingkat Kota Solo, dan meraih juara kedua.

Kisah Rekso Roemekso, Perkumpulan Ronda yang Menjelma Jadi Gerakan Nasional

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini