Fakta Bulu Mata Palsu Indonesia yang Masih Mendominasi Pasar Kecantikan Dunia

Fakta Bulu Mata Palsu Indonesia yang Masih Mendominasi Pasar Kecantikan Dunia
info gambar utama

Dalam bidang kecantikan khususnya di kalangan orang-orang yang bekerja sebagai Makeup Artist (MUA) Profesional, ada berbagai produk yang digunakan dan memiliki peran penting, salah satunya adalah bulu mata palsu.

Dari segi industri, di Indonesia sudah banyak bermunculan pemain atau produsen yang menghasilkan produk kecantikan dengan kualitas mumpuni, mulai dari foundation, blush on, mascara, lipstik, termasuk bulu mata palsu itu sendiri.

Bukan hanya laris atau menguasai pasar dalam negeri, nyatanya produk-produk kecantikan asal Indonesia juga sudah merambah pasar internasional sejak lama. Bahkan untuk bulu mata palsu, produk satu ini sudah populer dan lebih dulu memasuki pasar sejumlah negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan salah satu negara bagian Amerika

Yang menarik, pada tahun 2020 Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jika Indonesia merupakan eksportir bulu mata palsu kedua terbesar di dunia setelah Tiongkok. Adapun nilai ekspornya mencapai 387,6 juta dolar AS, dengan pangsa pasar dunia sebesar 8,47 persen.

Siapa Sangka Bulu Mata Palsu Produk Indonesia Disukai Wanita Jepang

Dominasi di berbagai negara

Bulu mata palsu produksi Purbalingga | Inadha Rahma Nidya/GNFI
info gambar

Setidaknya ada dua wilayah di Indonesia yang sejak awal dikenal sebagai pusat pembuatan bulu palsu, yakni Purbalingga dan Purworejo. Di Purbalingga misalnya, produksi bulu mata palsu di daerah tersebut rupanya sudah merambah pasar internasional sejak tahun 2016.

Selain bulu mata palsu, produk serupa yang juga dibuat dari Purbalingga dan di saat bersamaan menjadi komoditas ekspor di antaranya rambut palsu atau hair extension.

Beberapa negara yang diketahui menjadi importir awal produk bulu mata palsu dari Purbalinggan tentu negara tertangga seperti Malaysia, Singapura, dan Filipina. Namun kemudian tergetnya semakin meluas salah satunya ke Korea Selatan.

Terus berkembang, di tahun 2020-2021 produk yang sama juga mulai masuk ke Nigeria. Di mana pada tahun Pada 2020, Nigeria diketahui mengimpor produk bulu mata, rambut palsu, dan hair extension dari Indonesia dengan nilai 295 ribu dolar AS, atau setara Rp4,3 miliar.

Jangkauan produk bulu mata palsu buatan Indonesia kembali memperluas pasarnya ke negara bagian Amerika Selatan. Di tahun 2021 misalnya, daerah produksi bulu mata palsu lain yakni Purworejo, merambah ekspor ke beberapa negara seperti Inggris, Prancis, Belgia, Ceko, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab.

Dan hingga saat ini, rupanya kualitas dari produk yang dihasilkan di Indonesia masih diperhitungkan. Terbukti, pada salah satu gelaran pameran kecantikan di Peru, yakni Cosmobeauty Peru 2022, produk bulu mata Indonesia menjadi primadona di antara produk serupa yang dihadirkan oleh negara lain seperti Jerman dan Spanyol.

Disebutkan bahwa lebih dari 70 persen produk bulu mata yang ada dalam pameran tersebut merupakan produk Indonesia. Lewat pameran itu juga terungkap, jika selama ini bulu mata produksi Indonesia menjadi produk yang paling banyak diminati, digunakan, dan dipuji karena kualitasnya yang sangat baik.

Rambut dan Bulu Mata Palsu Purbalingga yang Mendunia

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini