10 Makanan Khas Surabaya yang Siap Menggoyang Lidah Anda

10 Makanan Khas Surabaya yang Siap Menggoyang Lidah Anda
info gambar utama

Tidak hanya dijuluki sebagai kota Pahlawan, ternyata Surabaya juga disematkan sebagai surganya kuliner yang khas dari olahan berbagai resep orang Jawa.

Kota yang juga menjadi pusat pemerintahan dari provinsi Jawa Timur ini merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia. Oleh karenanya, mengelilingi Surabaya tidak akan terasa lengkap tanpa mencicipi deretan kuliner yang menjamur di kota ini.

Lantas apa saja sajian masakan yang siap menggoyang lidah Anda ?. Berikut diantara 10 ulasannya;

1. Lontong Balap

Lontong balap merupakan makanan berkuah yang terbuat dari perpaduan potongan lontong, kecambah, tahu, bawang goreng dan lentho. Tentu tak luput sambal petis yang menjadi penyempurna cita rasa olahan ini. Perpaduan tersebut tentunya siap menggoda selera makan Anda.

Nah salah satu legenda yang menjual lontong balap di Surabaya yakni Lontong Balap Asli Pak Gendut yang berdiri sejak 1958. Terletak di jl Embong, warung ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi hingga 23.00 malam. Adapun harga yang dibanderol yakni sebesar 14.000 rupiah seporsi.

Foto: masakapahariini.com

2. Nasi Pecel

Nasi pecel adalah hidangan nasi yang dilumuri oleh manisnya bumbu kacang dan aneka hijaunya sayur-sayuran beserta tauge. Sumber protein berupa tempe, tahu, telur dan empal tak lupa disertai untuk menyempurnakan kandungan gizi pada makanan ini.

Ternyata ada warung Nasi Pecel Surabaya yang berdiri sejak 1950 bernama Nasi Pecel Bu Djoyo. Kemahsyurannya ditandai oleh kerumunan para pencinta Nasi Pecel, baik oleh anak sekolahan, pekerja maupun para driver ojol.

Warung yang terletak di jl. Pandegiling ini hanya buka mulai jam 6 pagi hingga pukul 10 menjelang siang. Adapun harga yang dipatok berkisar 9000 rupiah hingga 23000 rupiah, tergantung tambahan lauknya.

Foto: Qraved.com

3. Nasi Rawon

Nasi Rawon adalah sop daging berkuah hitam yang khas dengan campuran bumbu kluwek. Rawon ini adalah satu diantara makanan khas orang Jawa yang paling terkenal. Begitu kalian ada di Surabaya, sangat mudah menjumpai berbagai warung nasi rawon.

Nah salah satu warung nasi rawon terpopuler di Surabaya adalah Warung Sedap Malam Rawon Kalkulator. Tersemat istilah kalkulator karena sang penjual mampu menghitung pesanan pelanggan dengan cepat tanpa kalkulator.

Harga satu porsi rawon di warung ini dibanderol mulai dari Rp 25.000-an saja. Kamu juga bisa mengkreasikannya dengan perkedel, babat, tempe, dan paru. Lokasinya ada di Jalan Raya Progo, Surabaya dan dibuka mulai jam 11.00 hingga 15.00 WIB.

Foto: indonesiakaya.com

4. Rujak Cingur

Rujak cingur adalah makanan khas Surabaya terbuat dari irisan moncong (cingur) sapi, tauge, kangkung, kacang panjang, nanas dan tempe. Semu bahan tersebut dicampur dengan bumbu kacang dan sambal petis. Cita rasa khas yang dihasilkan dari perpaduan rasa manis, pedas, dan asin ini siap memanjakan lidah Anda.

Warung legendaris layak disematkan pada Rujak Cingur Genteng Durasim. Kuliner yang telah hadir sejak 1942 ini merupakan salah satu warung yang menyuguhkan rujak cingur dengan cita rasa otentik.

Sesuai dengan nama warungnya, ia terletak di Jl Genteng Durasim, Surabaya. Adapun harga yang ditawarkan berkisar 20 ribu - 40 ribu. Bukanya mulai jam 10 pagi hingga sore jam 5.

foto: Urbanasia.com
info gambar

5. Sego Sambel

Sego sambel artinya nasi sambal. Sego sambel adalah sajian nasi yang dipadupadankan dengan olahan sambal, tempe, telur dadar, ayam dan atau daging.

Bicara tentang Sego Sambel adalah bicara tentang warung Mak Yeye. Sego sambel di sini bisa dikata paling tenar di Surabaya. Satu porsinya berisikan nasi plus sambal yang pedas serta beragam pilihan lauk seperti ayam kampung goreng, dan telur dadar.

Foto: Nibble.id
info gambar

6. Sate Klopo

Sate Klopo adalah sate daging sapi atau ayam yang menggunakan olahan kelapa dalam proses pembuatannya. Sesuai namanya, sate klopo dalam bahasa Jawa artinya sate kelapa. Tekstur olahan dagingnya yang empuk dan gurihnya bumbu kelapa akan menghasilkan rasa yang khas dalam tiap tusuknya.

Sate Klopo terkenal di Kota Pahlawan ini yakni milik Ondomohen Bu Asih yang telah berdiri sejak tahun 1945. Terletak tidak jauh dari Balai Kota Surabaya, tepatnya di Jalan Walikota Mustajab, Genteng, Surabaya. Resto ini buka setiap hari pukul 07:00-21.00 WIB.

foto: goodnewsfromindonesia
info gambar

7. Sate Lisidu

Sate Lisidu adalah sate yang berbeda dengan sate kebanyakan. Sebelum dibakar, daging sate ini dikukus dan dicampur dengan racikan bumbu tertentu sehingga tidak berwarna hitam pekat saat dibakar layaknya sate pada umumnya, namun tetap matang dengan sempurna.

Sate Lisidu yang rasanya menggugah selera ini ternyata sudah buka sejak tahun 1997 dari ide sang pemilik (Alm) Bapak Istianto. Kini Sate Lisidu diteruskan oleh putra putri beliau dengan rasa yang tetap konsisten.

foto: nesapedia.com
info gambar

8. Soto Gubeng

Soto Gubeng adalah olahan daging berkuah yang dicampur dengan babat. Soto ini sebenarnya berasal dari racikan masakan madura. Namun sesuai namanya, Soto Gubeng ini terletak di dekat stasiun Gubeng, Surabaya dan telah menjadi salah satu soto legendaris khas Surabaya.

Telah hadir sejak tahun 1947, soto ini adalah perpaduan dari irisan daging sapi, jeroan, otak hingga telur.

foto: traveloka.com

9. Tahu tek

Tahu Tek adalah olahan makanan yang terbuat dari tahu goreng, lontong, kentang dan sedikit tauge. Makanan ini disebut Tahu Tek karena dahulu penjualnya berkeliling menjajakan makanan sambil mengetuk ujung penggorengan. Suara tek-tek inilah yang menjadi awal terciptanya sebutan Tahu Tek

Salah satu Tahu Tek terkenal di Surabaya adalah Tahu Teck Pak H.Ali. Menurut Fatta, generasi kedua kuliner yang awalnya dirintis oleh sang ayah, yakni H. Ali, Tahu Tek Pak H. Ali sudah buka sejak tahun 1962 silam. Berlokasi di jl. Dinoyo, Tegalsari, Surabaya.

foto: Qraved.com
info gambar

10. Tahu Campur

Tahu campur adalah sajian yang terdiri dari sop daging sapi kenyal, kikil sapi, tahu goreng, perkedel singkong, taoge segar, selada air segar, mi kuning, dan kerupuk udang. Semua ini kemudian dicampurkan ke bumbu petis, bawang goreng, dan sambal.

Tahu Campur Pak Sadak adalah satu diantara yang paling legendaris soal Tahu Campur. Dibuka mulai pukul 16.30 WIB hingga pukul 23.00 WIB dan beralamat di jl Mayjen Sungkono, Surabaya, tidak jauh dari Ciputra World Surabaya Mall.

foto. masak.co.id
info gambar

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Achmad Faizal lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Achmad Faizal.

Terima kasih telah membaca sampai di sini