Lebih dari Grup Musik, JKT48 adalah Wajah Indonesia di Mata Dunia

Lebih dari Grup Musik, JKT48 adalah Wajah Indonesia di Mata Dunia
info gambar utama

Kita mengenal JKT48 sebagai grup musik yang banyak digemari anak-anak muda Indonesia. Namun lebih dari itu, mereka juga adalah wajah Indonesia di mata dunia.

JKT48 hadir mewarnai dunia musik Indonesia sejak 2011. Mengusung konsep idol group bernuansa J-Pop, JKT48 membawa nuansa baru yang belum pernah ada di kancah permusikan Tanah Air.

JKT48 sejatinya adalah sister group dari AKB48 yang berasal dari Jepang dan lebih dulu menggapai popularitas tinggi. Awalnya, mereka dikenal sebagai grup musik yang membawakan lagu-lagu AKB48 versi bahasa Indonesia hingga kini mulai memiliki lagu sendiri.

Seiring waktu, JKT48 bukan hanya mampu memikat banyak penggemar lewat penampilan para anggota dan musik yang dibawakannya. Mereka juga mengambil peran lain di luar dunia musik atau hiburan pada umumnya.

Ya, dari tahun ke tahun, JKT48 dan para anggotanya kerap berperan di garis depan dalam program-program pemerintah di berbagai sektor, mulai dari pariwisata, ekonomi, hingga hubungan luar negeri. Kehadiran mereka pun menjadi jembatan antara program yang dicanangkan dengan masyarakat luas, baik itu masyarakat Indonesia maupun negara lain.

Ketika Jepang Mengambil Pelajaran dari Fenomena JKT48

Dari Buah hingga Persahabatan Antarnegara

JKT48 telah tampil untuk mewakili Indonesia di luar urusan musik sejak 2014. Pada bulan Juli tahun tersebut, salah satu anggota JKT48, Melody Nurramdhani Laksani, terpilih sebagai duta buah Prefektur Okayama, Jepang. Pengangkatan Melody sebagai duta dilakukan langsung oleh Gubernur Okayama, Ibaragi Ryuta.

Sebagai duta buah, Melody bertugas memperkenalkan buah-buahan dari Okayama kepada masyarakat Indonesia. Tidak hanya itu, Melody yang saat itu masih berstatus mahasiswa pertanian juga belajar tentang seluk-beluk pertanian buah ala Jepang.

Hanya hitungan bulan setelahnya, giliran Pemerintah Indonesia yang berkerja sama dengan JKT48. Adalah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta yang menunjuk JKT48 sebagai Duta Promosi Pariwisata Kota Jakarta atau Enjoy Jakarta.

JKT48 berperan sebagai brand ambassador promosi pariwisata Jakarta hingga kancah internasional. Ini tidak lepas dari popularitas mereka yang tinggi baik itu di dalam maupun luar negeri.

Melompat ke tahun 2018, JKT48 diangkat sebagai Duta Persahabatan antarnegara di momen Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Jepang –Indonesia. Bagi Pemerintah Jepang, JKT48 dianggap sebagai tim penyemangat agar persahabatan kedua negara menjadi semakin erat. Pada tahun yang sama, Melody juga terpilih sebagai duta persahabatan bidang pangan dan pertanian untuk ASEAN-Jepang.

Atas perannya dalam menjaga eratnya persahabatan Indonesia dan Jepang, Pemerintah Jepang tahun lalu memberikan Pemberian Penghargaan Misi Diplomatik Luar Negeri Reiwa Ketiga. Penghargaan ini diberikan karena JKT48 dinilai berjasa dalam mempererat hubungan persahabatan dan rasa saling pengertian Indonesia dan Jepang.

Dengan berbagai peran yang telah mereka emban selama ini, tidak bisa dipungkiri bahwa JKT48 bukanlah sekadar grup musik. Mereka jelas telah menjadi wajah Indonesia di mata dunia.

Kelintang Perunggu, Alat Musik untuk Melawan Belanda yang Kini Terancam Punah

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini