10 Wilayah di Indonesia dengan Suhu Udara Paling Dingin

10 Wilayah di Indonesia dengan Suhu Udara Paling Dingin
info gambar utama

Indonesia merupakan salah satu negara dengan iklim tropis di dunia. Hal tersebut membuat negara ini hanya dilingkupi oleh dua musim, yakni hujan atau kemarau.

Sedikit informasi, titik negara-negara beriklim tropis yang mendekati atau tepat berada di garis tengah bumi membuat cuaca atau suhu udaranya cenderung lebih panas, karena mendapat terpaan sinar matahari secara keseluruhan dari pola rotasi bumi.

Tak heran, jika negara-negara beriklim tropis biasanya cenderung memiliki suhu atau cuaca yang panas, rata-rata di kisaran 20-30 derajat celsius, bahkan lebih. Kondisi itu yang membuat negara tropis tidak memiliki musim dingin atau salju.

Meski begitu, nyatanya ada beberapa wilayah atau kawasan di negara tropis seperti Indonesia, yang dikenal memiliki suhu udara cukup dingin. Berikut 10 wilayah yang dimaksud:

Negeri Dingin Tanpa Salju yang Tersembunyi di Tanah Minang

1. Kota Mulia

Mulia merupakan sebuah kota yang ada di Kabupaten Puncak Jayawijaya. Wilayah ini memiliki daratan seluas 883 kilometer persegi dan berada pada ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Titik ketinggian tersebut yang membuat Kota Mulia menjadi kawasan permukiman penduduk dengan lokasi tertinggi di Indonesia. Pada malam hari, suhu di kota Mulia bisa mencapai 9 derajat celcius. Bahkan, karena jaraknya tidak begitu jauh dari Pegunungan Jaya Wijaya, membuat suhu udara di wilayah ini bisa turun hingga mencapai titik beku.

Selain itu menurut data BMKG, curah hujan di kawasan Kabupaten Puncak Jayawijaya dekat kota Mulia sendiri terjadi hampir sepanjang tahun. Suhu kota Mulia yang dingin juga didukung oleh posisinya yang berada di sela-sela gunung.

2. Waghete

Masih berada di Papua, kota Waghete yang terletak di Kabupaten Deiya tepatnya di pinggiran danau Tigi. Kota ini juga jadi salah satu daerah terdingin di Indonesia. Hal tersebut lantaran pada siang hari, suhu udaranya biasa berada di kisaran 15 derajat celcius. Sementara itu di malam hari, suhunya bisa menurun hingga angka 10 derajat celcius.

Posisi dari kota ini sendiri berada di dataran tinggi kisaran 1.700 mdpl. Tak heran, jika udara di Waghete disebut sangat dingin dan menusuk. Bahkan bagi orang luar yang datang ke kota ini, menggunakan kaos kaki dan jaket saat tidur adalah suatu kewajiban.

3. Mamasa

Beralih dari Papua, kali ini kota terdingin selanjutnya berada di Provinsi Sulawesi Barat, tepatnya di kota Mamasa yang menjadi salah satu daerah yang memiliki suhu terdingin. Kota ini berada di ketinggian 1.900 mdpl.

Kota Mamasa tak cuma menyuguhkan pemandangan yang indah. Kota ini menyuguhkan hawa sejuk dengan suhu rata-rata 23 derajat celcius setiap harinya.

Lebih detail, Suhu tertinggi harian di kota satu ini jarang turun di bawah 21 serajat atau melebihi 26 serajar. Sebagai referensi, salah satu hari terpanas di kota Mamasa yang pernah terjadi sejauh ini hanya berada di kisaran 26 derajat celsius.

4. Ruteng

Kota Ruteng, NTT | Pnnchen/Shutterstock
info gambar

Mungkin masih asing bagi kebanyakan orang, Ruteng adalah nama sebuah kota yang berada di Nusa Tenggara Timur (NTT). Kota ini sering disebut sebagai Praha versi Indonesi, karena memiliki desain bangunan yang modern dan pemandangan yang indah.

Titik kota Ruteng sendiri berada di ketinggian 1.200 mdpl. Karena titik tersebut, tak heran jika suhu rata-rata hariannya berada di kisaran 25 derajat celcius. Di lain sisi, sama halnya seperti Kota Mulia, rupanya tercatat jika suhu terdingin di Ruteng juga pernah mencapai 10 derajat celcius.

5. Batu

Kawasan satu ini mungkin sudah tidak terlalu asing bagi kebanyakan masyarakat di Pulau Jawa. Berada di Jawa Timur, Kota Batu menjadi tempat yang cukup populer akan pariwisata dan suhu sejuk yang dimiliki.

Kota ini berada di ketinggian 700 hingga 1.700 mdpl, karena itu tak heran jika tempat ini menjadi destinasi wisata sejak zaman Hindia Belanda. Suhu rata-rata di Batu berkisar antara 12 hingga 19 derajat celcius. Faktanya, orang-orang Belanda sendiri yang pada zaman dulu menyebut kota ini sebagai de Kleine Zwitserland, atau yang bermakna Swiss Kecil.

6. Baturaden

Kecamatan Baturaden | Rizki Satriyo/flickr
info gambar

Sedikit bergeser dari Batu di Jawa Timur, di Jawa Tengah wilayah terdingin dimiliki oleh kawasan Baturaden. Namun bukan kota atau kabupaten, wilayah ini merupakan wilayah kecamatan yang terletak di kaki Gunung Slamet, Kabupaten Banyumas, dengan ketinggian 980 mdpl.

Suhu udara rata-rata di kecamatan ini berada di kisaran 20-28 derajat celcius. Karena itu pula, tak heran jika Baturaden menjadi daerah wisata favorit karena didukung juga dengan pemandangan alam yang indah.

7. Ciwidey

Ciwidey Bandung | Tanti Ruwani/Flickr
info gambar

Salah satu kawasan lain yang terkenal akan suhu dinginnya dan sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat khususnya wilayah Pulau Jawa. Ciwidey sendiri merupakan sebuah desa yang berada di kota Bandung, Jawa Barat.

Wilayah desa ini berada di ketinggian 1.200 mdpl dan terkenal dengan suhunya yang dingin. Baik di pagi, siang, maupun malam hari, suhu udara di Ciwidey tetap dingin bahkan pernah mencapai kisaran 13 derajat celcius. Suhu tersebut menjadi daya tarik wisatawan yang dilengkapi dengan destinasi wisata alam berupa kawah putih yang populer.

8. Padang Panjang

Padang Panjang | algenta101/flickr
info gambar

Bergeser ke pulau Sumatra tepatnya di Sumatera Barat, ada satu kota yang juga dikenal memiliki suhu rata-rata lebih dingin dari biasanya, yakni Padang Panjang.

Bukan tanpa alasan, dinginnya Padang Panjang ternyata disebabkan karena titik lokasinya yang dikelilingi oleh tiga gunung sekaligus, yakni Gunung Singgalang, Merapi, dan Tandikat. Lain itu, titik lokasinya yang berada di ketinggian 950 mdpl juga membuat Padang Panjang memiliki suhu rata-rata siang hari yang berkisar antara 23-26 derajat celcius.

Kota Kecil, Kota Hujan dan Kota Pendidikan: Padang Panjang

9. Berastagi

Berastagi | Andrey Samsonov/flickr
info gambar

Kota ini diapit oleh dua gunung api aktif yaitu gunung Sibayak dan gunung Sinabung di Sumatra Utara. Masuk wilayah administrasi Kabupaten Karo, lokasinya berada di ketinggian 1.300 mdpl. titik tersebut yang membuat kota ini menjadi salah satu kota terdingin yang ada di Indonesia.

Karena itu pula, secara umum suhu udara rata-rata di Berastagi sering berada di bawah 20 derajat celcius. Sementara itu secara rata-rata, suhu udara di kota ini biasanya berada di kisaran 24 derajat celsius.

10. Gayo Lues

Gayo Lues | syahrul anwar/flickr
info gambar

Di Aceh, ada sebuah kabupaten yang berlokasi di ketinggian 1.000 mdpl dan memiliki suhu udara cukup dingin, yakni Kabupaten Gayo Lues. Kabupaten ini banyak dikenal karena menjadi wilayah jalur pendakian Gunung Leuser.

Iya, namanya juga terkenal familiar karena keberadaan kopi Gayo yang khas. Namun selain itu, kunjungan ke Kabupaten Gayo Lues banyak dilakukan karena suhu udaranya yang terbilang sejuk dan dingin, yakni berada di kisaran 24 derajat celcius.

Suhu Dingin Ketika Kemarau Ternyata Ada "Jadwalnya" dari Dulu

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini