Menilik Progres Tol Bocimi, Penghubung Akses ke Calon KEK Lido, Cianjur, dan Sukabumi

Menilik Progres Tol Bocimi, Penghubung Akses ke Calon KEK Lido, Cianjur, dan Sukabumi
info gambar utama

Terdapat satu lagi, proyek pembangunan infrastruktur di Indonesia yang cukup banyak dinanti, yakni tol Bogor-Ciawi-Sukabumi atau tol Bocimi.

Ruas tol satu ini terbilang cukup menarik, karena tidak hanya menghubungkan akses Jakarta-Sukabumi menjadi lebih cepat. Namun juga memiliki potensi untuk menambah alternatif rute tambahan bagi masyarakat Bogor atau Jakarta, yang hendak mengunjungi kota Bandung.

Tol Bocimi sendiri saat ini memiliki seksi 1 rute Ciawi-Cigombong yang sudah beroperasi sejak tahun 2018. Kini, disebutkan jika pembangunannya untuk seksi 2 juga sudah mengalami perkembangan dan siap memperpanjang jangkauannya di akhir tahun 2022 mendatang.

Seperti apa perkembangannya?

Menilik Progres Pembanguan 3 Ruas Tol dalam PSN 2022 di Pulau Jawa

Transisi pembangunan seksi 2 ke seksi 3

Tol bocimi | Raisan Al Farisi/Antara
info gambar

Diketahui jika pembangunan lanjutannya yakni seksi II sudah mencapai progres 80 persen. Konfirmasi akan hal tersebut disampaikan oleh Danang Parikesit, selaku Kepala BPJT Kementerian PUPR.

"Hingga saat ini tengah dilanjutkan penyelesaian konstruksinya, yang tengah dikerjakan konstruksinya adalah seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 Km dengan progres konstruksi 81,24 persen dan ditargetkan selesai konstruksinya pada Desember 2022 mendatang," jelasnya, dalam keterangan tertulis yang dirilis secara resmi.

Untuk diketahui, nantinya tol Bocimi akan memiliki 6 Simpang Susun (SS) yang terdiri dari SS Ciawi, SS Caringin, SS Cigombong, SS Cibadak, SS Sukabumi Barat, dan SS Sukabumi Timur. Sedangkan secara keseluruha, tol yang sama akan memiliki enam seksi yang terdiri dari 4 seksi, yakni:

  • Seksi I Ciawi-Cigombong dengan panjang lintasan 15,35 kilometer,
  • Seksi 2 Cigombong-Cibadak, 11,9 kilometer,
  • Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat 13,7 kilometer, dan
  • Seksi 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur 13,05 kilometer

Secara keseluruhan, Tol Bocimi memilik panjang 54 kilometer. Kehadiran tol ini diproyeksi dapat memangkas waktu tempuh dari Jakarta ke Pelabuhan Ratu yang tadinya memakan waktu sekitar 3,5-4 jam, menjadi kurang dari 2,5 jam.

Sementara itu mengutip Detik.com, disebutkan bahwa sambil menunggu penyelesaian seksi 2 selesai, pembukaan lahan untuk seksi 3 sedang dilakukan di waktu bersamaan, dan progresnya sudah mencapai angka 49 persen.

Sekadar informasi, pembangunan tol ini sendiri secara keseluruhan menelan anggaran sekitar Rp15,95 triliun. Kehadiran tol Bocimi diharapkan dapat melancarkan mobilitas masyarakat di wilayah sekitar khususnya kawasan Bogor dan Sukabumi.

Apalagi, di kawasan Lido yang berada di wilayah akses Sukabumi tepatnya cicurug sendiri saat ini sedang dikembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Lain itu, Kementerian PUPR juga berencana membangun shortcut jalan tol Caringin ke arah Cianjur, sebagai salah satu upaya memberikan solusi terkait permasalahan kemacetan yang kerap terjadi di wilayah Puncak, Bogor.

Didapuk Jadi KEK Baru, Mega Proyek Lido City Akan Serap 29 Ribu Tenaga Kerja

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini