Menanti Pemain Naturalisasi Baru Timnas Indonesia untuk Piala AFF dan Piala Asia

Menanti Pemain Naturalisasi Baru Timnas Indonesia untuk Piala AFF dan Piala Asia
info gambar utama

PSSI kini sedang merampungkan proses naturalisasi calon pemain baru untuk Timnas Indonesia. Naturalisasi ini diharapkan bisa membantu Timnas Indonesia berprestasi di kancah internasional.

Timnas Indonesia berpeluang segera diperkuat pemain naturalisasi baru. Ini diketahui setelah proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh mendapat restu dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Amat dan Walsh adalah dua pemain yang diproyeksikan PSSI untuk dinaturalisasi dan membela Timnas Indonesia. Saat ini, keberadaan pemain naturalisasi dianggap diperlukan khususnya berhubung Timnas Indonesia akan berlaga di Piala AFF 2022 pada akhir tahun mendatang serta Piala Asia pada tahun depan.

Pekan lalu, tepatnya pada Kamis (1/9), Komisi X DPR menggelar rapat kerja dengan Menpora Zainudin Amali dan PSSI di Gedung DPR, Jakarta. Rapat itu turut membahas naturalisasi Amat dan Walsh.

Dalam rapat tersebut, Komisi X DPR menyampaikan persetujuannya atas naturalisasi Amat dan Walsh. Ini jelas angin segar bagi PSSI dan Timnas Indonesia setelah sebelumnya Komisi III DPR RI juga menyatakan persetujuannya.

Apalagi, proses naturalisasi kedua pemain tersebut dipastikan sudah sesuai aturan. Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Edward Omar Sharif Hiariej mengonfirmasi bahwa semua dokumen Amat dan Walsh sudah klop dengan mekanisme naturalisasi yang merujuk kepada Pasal 20 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006.

Dengan demikian, Amat dan Walsh hanya perlu menunggu sedikit lagi untuk resmi menjadi Warga Negara Indonesia alias WNI. Mereka hanya perlu menunggu surat keputusan Presiden Joko Widodo, lalu dilanjutkan dengan mengucapkan sumpah WNI di Kantor Kemenkumham.

“Saya ucapkan selamat, sebentar lagi jadi WNI. Semoga Sandy dan Jordi bisa membawa timnas Indonesia berprestasi di kompetisi mendatang. Publik sepak bola Indonesia sangat berharap Sandy dan Jordi bisa memberi yang terbaik bagi prestasi Timnas Indonesia," ujar Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda seperti dilansir laman resmi PSSI.

Menanti Laga Timnas Indonesia Vs Belanda Terwujud Lagi

Bisa Main Bulan Ini?

Walsh dan Amat adalah pemain yang lahir dan besar di Eropa, namun memiliki keturunan Indonesia. Walsh lahir di Belanda dengan darah Indonesia yang mengalir dari kakeknya, dan ia kini bermain bagi klub KV Mechelen.

Sementara itu, Jordi Amat lahir di Spanyol dengan darah Indonesia dari neneknya. Saat ini ia bermain bagi klub Malaysia, Johor Darul Takzim.

Dengan proses naturalisasi yang sejauh ini terus berjalan, PSSI ingin agar Amat dan Walsh bisa membela Timnas Indonesia bulan ini. Di bulan September ini, Timnas Indonesia memang akan melakoni laga uji coba melawan Curacao pada tanggal 24 dan 27.

Selain Amat dan Walsh, ada pula satu pemain lain yang rencananya ikut dinaturalisasi, yakni Shayne Pattynama. Saat ini, proses naturalisasi Pattynama berjalan terpisah dengan Amat dan Walsh. Meski demikian, ketiganya sama-sama diharapkan bisa segera berseragam merah-putih, terutama di Piala AFF 2022 dan Piala Asia 2023.

Setelah Cesc Fabregas, Klub Liga Italia Milik Pengusaha Indonesia Gaet Thierry Henry

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini