Indonesia Berhasil Kembangkan Sawit Jadi BBN Murni, Eropa Cemas?

Indonesia Berhasil Kembangkan Sawit Jadi BBN Murni, Eropa Cemas?
info gambar utama

Sawit selama ini kian dipandang sebagai jenis tanaman yang tidak ramah lingkungan, karena perkebunannya dapat menimbulkan kerusakan.

Pandangan tersebut muncul karena jika ditelaah berdasarkan karakteristiknya, kelapa sawit dapat menyerap sekitar 12 liter unsur hara dan air dalam tanah per hari, hal tersebut lah yang diklaim dapat mengakibatkan kerusakan pada tanah.

Hal lain yang membuat perkebunan kelapa sawit dipandang merusak lingkungan adalah pembukaan lahan dengan cara pembakaran, di mana tanah di Kalimantan Barat yang umumnya dipenuhi dengan tanah gambut dan banyak digunakan untuk perkebunan kelapa sawit, akan melepaskan unsur karbon yang selama ratusan tahun terpendam setiap digarap untuk menjadi lahan perkebunan kelapa sawit.

Akibat dari kondisi tersebut, kelapa sawit Indonesia saat ini dipandang berbagai pihak sedang mengalami diskriminasi dari negara-negara Uni Eropa, karena tuduhan kerusakan lingkungan yang ditimbulkan.

Di balik kondisi tersebut, nyatanya ada sebuah fakta berlawanan mengenai potensi yang dimiliki oleh kelapa sawit. Wujudnya kini banyak dikembangkan sebagai salah satu jawaban akan kebutuhan bahan bakar nabati (BBN), untuk menggantikan bahan bakar fosil.

Tak Terpengaruh Sawit, Sosok Ini Konsisten Produksi Minyak Klentik Selama 50 Tahun

Pengembangan sejak tahun 1982

Pengembangan sawit sebagai BBN | Dok. ITB
info gambar

Sudah lama muncul, inisiasi penelitian yang dilakukan untuk mengubah sawit menjadi BBN sebenarnya sudah dimulai lebih dari 35 tahun yang lalu, oleh Prof Subagjo dan para pakar Teknik Kimia di Institus Teknologi Bandung (ITB).

Tim tersebut telah bekerja keras melalui sistem katalis, untuk mengonversikan minyak sawit menjadi BBN. Mengutip publikasi yang dimuat pada laman BRIN, Prof Subagjo pun menjelaskan bagaimana bisa minyak sawit diubah dan menggantikan posisi bahan bakar fosil.

“Minyak sawit adalah hidrokarbon, yaitu seperti minyak bumi hanya di ujungnya ada CO2, jika ujungnya diputus (CO2) maka langsung menjadi seperti minyak bumi, lalu karena saya belajar tentang katalis, maka saya diminta untuk mencari katalis yang cocok untuk riset tersebut,” jelasnya.

Pada tahun 2009, disebut mulai ada penelitian tentang Diesel Bio Hidro Karbon, atau diesel yang seperti minyak bumi tapi dari bahan hayati. Akhirnya Pertamina bekerja sama dengan ITB dengan memberikan bantuan untuk melakukan proses katalis guna mengonversi minyak sawit menjadi BBN, dalam bentuk pendirian Lab Teknik Reaksi Kimia dan Katalis (TRKK).

Di tahun 2019, keberhasilan tersebut akhirnya kian menemukan titik terang. Salah satu akademisi kimia di ITB yang terlibat dalam upaya tersebut yakni IGB Ngurah Makertiharta, menjelaskan jika ia berhasil mengolah minyak sawit menjadi bensin.

Lebih istimewanya lagi, bensin atau BBN yang dihasilkan dari teknologi katalis yang ada bersifat drop-in, dalam artian dapat dipakai dalam mesin secara langsung tanpa harus dicampur dengan BBM berjenis fosil.

Hal tersebut mungkin terjadi, karena setelah melewati serangkaian pengujian, minyak sawit yang telah diolah dengan katalis hasilnya persis dengan senyawa yang ada pada energi fosil.

Ke depannya, produk turunan berupa energi yang dihasilkan dari BBN tersebut akan diberi nama sesuai dengan jenisnya, yaitu bensin menjadi bensin nabati, diesel menjadi diesel nabati dan avtur juga jadi avtur nabati.

Mencermati Peta Jalan Bahan Bakar Nabati di Indonesia

Kepanikan negara Eropa

Bensin dari sawit | Dok. ITB
info gambar

Terlanjur ‘menjegal’ dan mendiskreditkan komoditas minyak kelapa sawit dari Indonesia untuk bisa masuk ke negara Uni Eropa sebagai komoditas ekspor/impor karena pandangan deforestasi hutan, pada akhirnya kondisi tersebut diyakini membuat Eropa sedikit cemas.

Awalnya, negara-negara Eropa berencana untuk menghapuskan sawit sebagai material bahan bakar transportasi secara bertahap hingga menyeluruh di tahun 2023. Saat diumumkan, hal tersebut tentu mendapat penolakan dari negara penghasil kelapa sawit, salah satunya Indonesia.

Namun setelah ditemukannya potensi yang ada, akan kemampuan minyak sawit menjadi BBN berkualitas tinggi siap pakai dan menggantikan BBM, situasi tersebut kini diyakini menjadi berbalik.

“Mereka panik setelah kita bisa mengubah minyak sawit menjadi bahan bakar, dan CPO kita serap sendiri,” ujar IGB Ngurah Makertiharta.

Di saat yang bersamaan, Prof. Subagjo jika menyatakan jika kondisi ini akan membuat Indonesia menjadi negara yang mandiri.

“Penggunaan katalis untuk konversi sawit menjadi BBN, bisa menjadikan kita sebagai bangsa yang mandiri di bidang energi, sehingga tidak tergantung kepada asing,” pungkasnya.

Bicara Deforestasi, Ketahanan Pangan, dan BBN Non-Sawit, Seperti Apa Catatannya?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini