Lengkap dan Gratis, Mahasiswa Wajib Tahu 5 Situs Jurnal Ilmiah Ini

Lengkap dan Gratis, Mahasiswa Wajib Tahu 5 Situs Jurnal Ilmiah Ini
info gambar utama

Dalam menyelesaikan tugas kuliah dan skripsi, jurnal ilmiah sangatlah penting. Artikel jurnal ilmiah tersebut berguna sebagai referensi untuk menghasilkan data yang valid. Namun, tidak sedikit mahasiswa yang masih kesulitan mencari situs yang menyediakan jurnal tersebut.

Pernahkah GoodMates menemukan situs jurnal ilmiah yang berbayar? Atau kesulitan menemukan artikel yang sesuai kata kunci yang dicari? Dua permasalahan tersebut memang sering ditemui mahasiswa. Sekarang, tinggalkan permasalahan itu dan coba akses lima situs jurnal ilmiah lengkap dan gratis berikut.

DOAJ (Directory of Open Access Journals)

DOAJ adalah direktori atau katalog online yang berisi kumpulan artikel jurnal ilmiah internasional. DOAJ menyediakan artikel dari jurnal berkualitas terbaik dengan akses terbuka dan gratis. Sampai saat ini, DOAJ telah mengumpulkan ribuan jurnal dan jutaan artikel ilmiah.

Dari ribuan dan jutaan pilihan itu, GoodMates hanya perlu mengetikkan kata kunci dari jurnal atau artikel ilmiah yang ingin dicari. Kemudian, klik tombol “Search”. Dengan sekali klik, kamu akan disuguhkan berbagai jurnal atau artikel yang sesuai dengan kata kunci tersebut. 

Baca Juga: Tips Menuntaskan Skripsi dari Lulusan Berpengalaman

Science Direct

Science Direct menyediakan ribuan jurnal dan artikel ilmiah dari empat bidang ilmu, yakni Ilmu Fisika dan Teknik, Ilmu Hayat (Life Science), Ilmu Kesehatan, serta Ilmu Sosial dan Humaniora. Science Direct mengklaim, situsnya memiliki 1,4 juta artikel yang dapat diakses secara gratis.

Jika ingin mencari jurnal atau artikel di Science Direct, GoodMates tinggal mengetikkan kata kunci yang dicari. Science Direct juga memfasilitasi pencarian lanjutan, sehingga kamu bisa melakukan pencarian secara lebih spesifik sesuai dengan kata kunci topik artikel, nama penulis, nama jurnal, nomor volume, tahun, bahkan halamannya.

Microsoft Academic

Microsoft Academic merupakan situs yang menyediakan publikasi akademik dan literatur yang dikembangkan oleh Microsoft Research. Pada situs ini, ada empat area riset yang disediakan, antara lain, Intelijen atau Kecerdasan (Intelligence), Sistem (Systems), Teori (Theory), dan ilmu lainnya seperti Ekonomi, Kedokteran, dan Ilmu Sosial. 

Untuk mencari artikel yang diinginkan, ketikkan kata kunci di kolom “Search”. Nantinya, akan keluar berbagai jenis konten yang selaras dengan kata kunci tersebut. Jika hanya ingin mencari konten berjenis artikel, klik “Publications” di bagian Tipe Konten atau Content Types.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Situs Jurnal Online untuk Bahan Tugas Kuliahmu

Mahesa Research Center

Mahesa Research Center merupakan lembaga publikasi jurnal ilmiah yang berbasis di Indonesia. Sejauh ini, Mahesa Research Center sudah memiliki enam jurnal ilmiah yang terdiri dari bidang ilmu Teknologi Informasi, Teknik, Pendidikan, Ilmu Budaya, Matematika, serta Humaniora dan Ilmu Sosial.

Sebagaimana situs jurnal ilmiah lainnya, untuk mencari artikel di Mahesa Research Center, GoodMates hanya perlu mengetikkan kata kunci di kolom “Search”. Jika ingin mengunduh artikel, klik “PDF”.

Harzing’s Publish or Perish

Berbeda dengan empat situs sebelumnya, Publish or Perish merupakan sebuah software yang perlu diunduh dan diinstal terlebih dahulu. Publish or Perish (PoP) mampu membantu penggunanya untuk menyeleksi artikel dari database online yang disesuaikan dengan kualitas artikelnya. 

Publish or Perish dapat diunduh melalui situs harzing.com (tersedia untuk macOS, Windows, dan GNU/Linux), setelah itu lakukan penginstalan. Sesudah diinstal, masuk ke bagian depan aplikasi dan pilih mesin pencari yang diinginkan (seperti Google Scholar atau Scopus). Kemudian, ketiklah kata kunci yang dicari.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Situs dan Aplikasi Alternatif Bagi Para Pejuang Skripsi

Sekarang, GoodMates tidak perlu pusing mencari referensi tugas kuliah ataupun skripsi. Dengan mengakses lima rekomendasi situs di atas, GoodMates bisa mengunduh jurnal atau artikel ilmiah luar dan dalam negeri secara mudah dan gratis. 

Referensi: doaj.org | ScienceDirect.com | microsoft.com | mahesainstitute.web.id | harzing.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini