5 Tanaman yang Bisa Netralkan Bau Ruangan, Cocok untuk di Rumah

5 Tanaman yang Bisa Netralkan Bau Ruangan, Cocok untuk di Rumah
info gambar utama

Bau tidak sedap sering kali jadi musuh bebuyutan, terlebih jika bau tersebut muncul di dalam ruangan. Tidak dimungkiri, aroma yang mengganggu bisa mengurangi kenyamanan. Selain dengan pengharum ruangan, tanaman juga bisa digunakan sebagai penetral bau tidak sedap tersebut.

Tidak hanya menetralkan bau, tanaman yang dipajang di dalam ruangan pun dapat menambah nilai estetika dan memunculkan kesan ramah lingkungan. Lantas, apa saja tanaman tersebut? GoodMates, berikut lima tanaman yang bisa menetralkan bau tidak sedap dan cocok dipajang di dalam rumah.

1. Peace Lily

Peace lily atau yang juga dikenal sebagai bunga lili perdamaian ini memiliki nama ilmiah Spathiphyllum wallisii. Bunga peace lily mempunyai kemampuan untuk menyerap benzena, formaldehida, toluena, xilena, dan karbon monoksida secara efektif. Hal ini membuat peace lily dapat memurnikan udara di sekitarnya.

Kemampuan tersebut juga membuat bunga peace lily mampu mengeluarkan aroma yang ringan. Lebih lagi, peace lily tidak mengandung senyawa beracun yang benar-benar berbahaya, lo, GoodMates, sehingga bunga ini aman untuk kamu maupun hewan peliharaan di rumah.

Baca Juga: Benar Peduli dengan Lingkungan atau Hanya Green Washing Marketing?

2. Lidah Mertua

Lidah mertua (Sansevieria trifasciata) termasuk salah satu tanaman yang sudah dikenal luas di masyarakat. Tanaman ini cukup populer sebagai tanaman hias yang banyak dipajang di dalam ruangan. Kemudahannya untuk dirawat membuat bunga lidah mertua semakin digemari.

Lidah mertua merupakan salah satu dari sedikit tanaman yang mampu mengubah karbondioksida (CO2) menjadi oksigen di malam hari. Tidak hanya itu, lidah mertua  juga bisa menghilangkan polutan beracun karena mampu menyerap benzene, formaldehyde, xylene, dan toluene. Namun, lidah mertua memiliki racun yang cukup berbahaya apabila tidak sengaja termakan, sehingga perlu diawasi dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

3. Sirih Gading

Sirih gading memiliki nama ilmiah Epipremnum aureum. Bunga ini menghasilkan daun marmer kuning yang mekar dan indah. Untuk merawat sirih gading, GoodMates tidak perlu repot karena bunga ini bisa berkembang di berbagai kondisi, baik dalam kondisi terang atau redup maupun lembap atau kering.

Kekuatan utama sirih gading ialah kemampuannya untuk menghasilkan oksigen yang bisa menjaga sirkulasi udara di dalam ruangan. Karenanya, bunga ini bisa menetralkan udara dengan baik. Uniknya lagi, sirih gading juga bisa menjaga kelembapan udara di dalam ruangan.

Baca Juga: Maelo Pukek, Tradisi Menangkap Ikan di Ranah Minang yang Ramah Lingkungan

4. Seruni

Bunga seruni atau serunai yang juga dikenal sebagai bunga krisan merupakan bunga dengan spesies tipe Chrysanthemum. Berkat kecantikannya, bunga seruni dinobatkan sebagai bunga nasional Jepang. Selain itu, karena aromanya yang memikat, bunga ini sering diseduh ke dalam teh untuk mengeluarkan sensasi nikmat dan wangi.

Merawatnya pun tidak sulit, GoodMates hanya membutuhkan air dan sinar matahari yang cukup agar bunga seruni tumbuh maksimal. Terlalu banyak air akan membuat bunga ini busuk, sementara jika terpapar sinar matahari terlalu lama dapat membuatnya layuh. Di banyak kesempatan, bunga seruni juga sering dijadikan hadiah karena mengandung makna yang unik dan mendalam.

5. Kacapiring

Kacapiring sering dijuluki sebagai si putih kecil yang wangi. Julukan tersebut diberikan karena kacapiring memiliki bunga yang berwarna putih dan dapat mengeluarkan aroma harum. Berkat itu pula, bunga kacapiring banyak digunakan sebagai penambah aroma wangi pada teh dan parfum.

Namun, GoodMates perlu usaha ekstra jika ingin merawat bunga kacapiring. Pasalnya, bunga yang bernama lain gardenia ini cenderung rentan dihinggapi serangga dan penyakit. Untuk di dalam ruangan, letakkan bunga ini di tempat yang relatif hangat saat di siang hari.

Baca Juga: Hidroponik: Alternatif Berkebun di Lahan Sempit

GoodMates, itu dia lima tanaman yang bisa menetralkan bau ruangan. Sebelum memajangnya di dalam rumah, pastikan GoodMates tahu cara merawatnya, termasuk mengetahui manfaat dan bahaya dari tanaman tersebut. Meskipun begitu, GoodMates tetap harus menjaga kebersihan, ya, agar kenyamanan ruangan selalu terjaga.

Referensi: balconygardenweb.com | orami.co.id (1) | orami.co.id (2) | threebouqets.com | Socfindo Conservation | Kompas.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini