Kisah Pejabat Indonesia di Acara Penobatan Ratu Elizabeth II

Kisah Pejabat Indonesia di Acara Penobatan Ratu Elizabeth II
info gambar utama

Ratu Elizabeth II wafat. Sebagai Ratu Inggris, ia telah bertemu dan berhubungan dengan banyak orang dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Ratu Elizabeth II wafat pada Kamis (8/9) waktu Inggris. Sang Ratu menghembuskan napas terakhirnya di usia 96 tahun.

BBC mencatat Ratu Elizabeth II sebagai pemimpin Kerajaan Inggris dengan masa jabatan terpanjang yang pernah ada. Hingga akhir hayatnya, ia terhitung menjadi ratu selama 70 tahun.

Ratu Elizabeth II dinobatkan sebagai ratu pada tahun 1953. Kala itu, ia meneruskan kepemimpinan dari Raja George VI.

Kala itu, acara penobatannya ramai disoroti khalayak dari seluruh dunia. Para utusan negara lain tidak ketinggalan ikut hadir, tak terkecuali Indonesia. Apalagi, Inggris dan Indonesia telah menjalin hubungan diplomatik sejak tahun 1949.

Indonesia dalam Kemampuan Berbahasa Inggris di Asia-Pasifik

Kisah Pejabat Indonesia

Siapa yang mewakili Indonesia di acara pelantikan Ratu Elizabeth II? Jawabannya adalah Paku Alam dan Haji Agus Salim berserta istrinya yang oleh media massa saat itu disebut Ibu Salim.

Majalah Star Weekly edisi 20 Juni 1953 melaporkan bahwa saat itu ketiga pejabat Indonesia tersebut tiba di London, Inggris, pada 27 Mei 1953. Mereka diagendakan berada di Inggris hingga 10 Juni 1052.

Paku Alam, Haji Agus Salim, dan Ibu Salim tidak langsung ke penobatan Ratu Elizabeth II berhubung acaranya baru digelar pada tanggal 2 Juni. Setelah tiba di London, ketiganya terlebih dahulu menjadi tamu Duta Besar Indonesia untuk Inggris, Subandrio.

Selama di London, Paku Alam, Haji Agus Salim, dan Ibu Salim menginap di Hotel Cumberland. Serangkaian agenda sudah menunggu sejak kedatangan mereka.

Agenda dimulai pada 30 Mei dengan mengunjungi Kementerian Luar Negeri Inggris. Lalu, ketiganya menyambangi Museum Royal Academy dan National Gallery. Pada hari berikutnya, agendanya adalah perjamuan teh dengan duta besar.

Kemudian pada 1 Juni, para wakil Indonesia mengunjungi British Museum. Keesokan harinya, berlangsung penobatan Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey pada 2 Juni 1953, dan dipimpin oleh Uskup Agung Canterbury Geoffrey Fisher.

Setelah acara penobatan tersebut, Paku Alam, Haji Agus Salim, dan Ibu Salim masih menghadiri acara resmi dengan Kerajaan Inggris. Ada agenda state banquet di Westminster pada 4 Juni, lalu ada acara berpamitan dengan ratu di Buckingham Palace pada 5 Juni yang disusul dengan resepsi di tempat yang sama plus makan malam yang diselenggarakan oleh Secretary of State.

Inilah Beberapa "Sumbangan" Kata Bahasa Indonesia untuk Bahasa Inggris

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini