Indonesia Ternyata Punya Sosok ‘Master’ Aquascaper yang Mendunia

Indonesia Ternyata Punya Sosok ‘Master’ Aquascaper yang Mendunia
info gambar utama

Bagi sebagian besar orang, Aquascape hanyalah sebuah aktivitas yang dilakukan untuk mengisi waktu luang, atau menjadi hobi. Tapi sama seperti hobi lain, jika digeluti dengan serius aquascape nyatanya juga bisa menjadi profesi dan mendatangkan pundi-pundi rupiah bagi segelintir kalangan.

Dan tak disangka, Indonesia rupanya punya sosok ahli Aquascaper dengan prestasi kompetesi internasional dan dikenal dunia, yakni Herry Rasio.

Nama Herry Rasio mungkin terdengar asing atau nampak bukan siapa-siapa di kalangan masyarakat umum. Tapi bagi pegiat aquascape, sosok satu ini begitu populer. Herry adalah pegiat aquascape yang sudah malang-melintang di dunia perangkaian tanaman hias air. Karya tangannya populer bukan hanya di Indonesia, tapi juga dunia.

Herry beberapa kali meraih penghargaan dalam berbagai ajang kejuaraan aquascape di sejumlah negara. Mulai dari Jepang, China, Turki, dan masih banyak lagi.

Bagaimana kehidupan Herry Rasio sebagai seorang pegiat aquascape dan seperti apa hal tersebut bisa menjadi kegiatan yang menjanjikan?

Mengenal Bucephalandra, Tanaman Air Endemik Kalimantan yang Jadi Primadona Akuaskap

Miliki banyak hobi

Herry Rasio | Instagram @herry_rasio
info gambar

Bukan nama asli, mengutip wawancara di laman Diadona.id, disebutkan bahwa nama sebenarnya dari sosok tersebut adalah Heri Amiri Lubis. Nama Rasio rupanya berasal dari brand usaha clothing line yang lebih dulu ia jalankan, sebelum mulai mendalami dunia aquascape.

Disebutkan bahwa Herry mulai terjun ke bidang aquacape sejak tahun 2013. Kala itu, ia yang memiliki banyak hobi akhirnya mulai mendalami bidang tersebut, yang dibarengi dengan hobi miniatur dan diorama.

Sampai pada suatu hari, ia menemukan adanya diorama yang dibuat dalam air. Lebih detail, diorama yang dimaksud terdiri dari kombinasi berbagai macam tanaman hidup. Hal itu rupanya juga berhubungan dengan hobi Herry lainnya, yakni tanaman bonsai.

Dari situ, Herry mulai berpikir jika semua hobi yang dia miliki bisa dikombinasikan ke dalam satu jenis kegiatan, yakni aquascape. Tak disangka, kegiatan ‘iseng’ yang dia lakukan nyatanya membuahkan hasil dengan menjadi juara 1 kompetisi aquascape dalam cakupan nasional, dan itu terjadi masih di tahun yang sama.

Kampung Akuarium, Jejak Laboratorium Oseanografi Terbesar di Asia Tenggara

Ragam prestasi yang mengikuti

Setelahnya, Herry banyak mendapat saran untuk mengikuti kelas internasional untuk mendalami kegiatan aquascape. Akhirnya di tahun 2014, tank atau karya yang ia buat di tahun sebelumnya diperlombakan dalam ajang di Jepang.

Meski belum menang, tapi hebatnya karya tersebut berhasil menduduki peringkat ke-49 dari sebanyak 2.000 karya yang diikutsertakan. Seiring berjalannya waktu, pencapaian tersebut rupanya diikuti oleh berbagai gelar juara di sejumlah kompetesi. Kompetisinya pun bukan lagi cakupan nasional, namun internasional.

Masih mengutip sumber yang sama, tercatat jika setidaknya ada lebih dari 20 kompetisi yang diikuti oleh Herry. Dari berbagai kompetisi tersebut, tak sedikit yang di antaranya yang mengantarkan Herry berada di peringkat 3 besar.

Di saat bersamaan, sejumlah kompetisi tersebut juga diikutinya di berbagai negara. Mulai dari Turki, Shanghai, Taiwan, Jerman, hingga Jepang.

Tak berhenti sampai di situ, Herry nyatanya juga bukan hanya berlomba. Berkat karyanya yang memukau, ia bahkan sempat mendapat kontrak untuk mengajar teknik aquascape di China. Namun sayang, rencana berjalannya kontrak tersebut bertepatan dengan saat di mana Covid-19 pertama kali meledak.

"Pas mau jalan kontraknya, ada tragedi Wuhan itu. Corona. Ya sudah..." ujarnya.

Di saat bersamaan, Herry juga banyak mendapat undangan untuk menjadi juri dalam berbagai kompetisi aquascape nasional.

Ke depan, Herry berharap agar ke depannya bidang aquascape dapat mendapat fasilitas dan perhatian dari pemerintah. Hal tersebut lantaran ia mengungkap, sering mendapat kesulitan saat mengikuti lomba di berbagai negara.

Pemain Basket Putri Indonesia Semakin Berkesempatan Tampil di Kancah Internasional

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini