Tingkatkan Kemampuan Literasi bersama Komunitas Peduli Literasi di Indonesia

Tingkatkan Kemampuan Literasi bersama Komunitas Peduli Literasi di Indonesia
info gambar utama

Tidak jarang kegiatan membaca dan menulis begitu sulit untuk dilakukan. Salah satu penyebabnya ialah lingkungan sosial yang tidak mendukung, sehingga penyaluran hobi membaca dan menulis tersebut menjadi terganggu. Namun, tahukah GoodMates? Indonesia sebetulnya memiliki berbagai komunitas peduli literasi, lo!

Menurut KBBI, definisi literasi (khususnya baca tulis) merujuk kepada kemampuan memahami isi teks tertulis, baik tersurat maupun tersirat, dan pandai menggunakannya untuk pengembangan pengetahuan dan potensi diri. Selain itu, literasi juga merujuk kepada kemampuan untuk menuangkan ide atau gagasan ke dalam tulisan untuk berpartisipasi dalam lingkungan sosial. 

Dewasa ini, gerakan literasi kian digaungkan di Indonesia. Literasi termasuk hal penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Mengutip Kemdikbud, kemampuan literasi yang baik berguna untuk kekuatan kita sebagai individu, masyarakat, dan bangsa agar tidak mudah tertipu oleh arus informasi yang kian sulit dibendung.

Baca Juga: She and Club: Komunitas Kelas Kreatif di Yogyakarta

GoodMates, berikut ini daftar komunitas peduli literasi yang ada di Indonesia.

Komunitas Kumpulbaca

Komunitas Kumpulbaca dikenal dengan kampanye #SejamMembaca di media sosialnya. Komunitas yang telah berusia tiga tahun ini bertujuan untuk membawa dampak positif kepada kebiasaan membaca masyarakat agar semakin melek literasi, berwawasan luas, dan berpikir kritis. 

Kampanye #SejamMembaca dilakukan oleh Komunitas Kumpulbaca dengan program bernama Agenda Baca. Program tersebut digelar satu pekan sekali dengan berkumpul bersama melalui berbagai platform online. Bagi GoodMates yang kesulitan mencari teman membaca, Komunitas Kumpulbaca bisa menjadi solusi.

Komunitas ini juga menerbitkan resensi atau ulasan buku lewat platform Medium. Selain itu, Komunitas Kumpulbaca pun menyediakan siniar (podcast) yang berisi bedah buku dari berbagai judul. Beragam pilihan tersebut ditujukan untuk meningkatkan keinginan membaca di kalangan masyarakat.

The Mad Tea Book Club

Berliterasi sekaligus melatih kemampuan bahasa Inggris bisa didapatkan di The Mad Tea Book Club. Komunitas ini merupakan komunitas buku berbahasa Inggris yang berbasis di Indonesia. Mengutip laman resminya, The Mad Tea Book Club bertujuan untuk menjadi tempat dan rumah yang aman bagi kutu buku dan pelajar bahasa Inggris untuk berbagi hobi dan minat mereka.

Beberapa kegiatan yang difasilitasi oleh komunitas ini, antara lain, Monthly Meeting dan Tea for Ten. Kegiatan Monthly Meeting menghadirkan diskusi dan tema menarik setiap bulannya. Sementara kegiatan Tea for Ten memfasilitasi penulis dan pembaca untuk saling berdiskusi.

The Mad Tea Book Club dibuka secara internasional. Jadi, GoodMates tidak hanya menemukan orang-orang Indonesia saja di komunitas ini. Selain bisa berdiskusi terkait literasi, GoodMates pun bisa melatih kemampuan berbahasa Inggris.

Baca Juga: 6 Komunitas Peduli Kesehatan Mental di Indonesia, Kamu Tidak Sendirian!

Booktube Indonesia

Kini, membaca buku bisa dilakukan dalam bentuk video, yakni dengan menonton tayangan yang berisi ulasan buku tersebut. Ide inilah yang digagas oleh Booktube Indonesia. Dikutip dari Republika, Booktube Indonesia resmi berdiri pada Juni 2016.

Booktube Indonesia merupakan komunitas yang memanfaatkan YouTube sebagai platform untuk mengunggah video yang fokus mengulas sebuah atau beberapa buku. Komunitas ini juga menaungi para booktubers (sebutan untuk penggiat booktube) yang ada di Indonesia. 

Jika berkunjung ke saluran YouTube “BooktubeID”, GoodMates akan menemukan berbagai video dari para booktubers yang mengulas atau me-review berbagai judul buku. Beberapa di antara video tersebut juga berisikan rekaman diskusi terkait buku yang diulas.

Booktube Indonesia dapat menjadi pilihan untuk GoodMates yang kepo dengan judul buku tertentu. Komunitas ini juga menjadi pilihan yang tepat jika GoodMates ingin mendapatkan teman diskusi lebih lanjut setelah membaca buku.

Tamaan Bacaan Masyarakat (TBM)

Berbeda dengan komunitas sebelumnya, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) merupakan lembaga yang berada dalam naungan Kemdikbudristek dan dikelola oleh masyarakat dan pemerintah. Lembaga ini bertujuan untuk membudayakan gemar membaca di kalangan masyarakat. 

TBM menyediakan dan memberikan layanan di bidang bahaan bacaan, seperti buku, majalah, komik, dan lainnya. Selain itu, TBM juga dilengkapi dengan ruangan untuk membaca, berdiskusi, menulis, atau kegiatan literasi lainnya. 

TBM tersebar di seluruh Indonesia. Sampai bulan September 2022, jumlah totalnya ialah sebanyak 5641 TBM. Apabila GoodMates ingin mendirikan TBM di daerahmu, registrasi di sini. Melakukan registrasi dapat membantu proses pendataan TBM di Indonesia yang berguna untuk pemetaan sasaran program dan penyusunan kebijakan oleh pemerintah.

Selain itu, TBM juga memfasilitasi donasi buku. Dengan mendonasikan buku, GoodMates telah membantu pengelola TBM di tanah air karena buku merupakan kebutuhan utama bagi penggiat literasi. Donasi buku tersebut dapat dilakukan di sini.

Baca Juga: Rumah Belajar sebagai Wadah Anak Ekspresikan Diri

Hadirnya komunitas peduli literasi di Indonesia merupakan langkah besar dalam meningkatkan kemampuan literasi masyarakat. GoodMates bisa bergabung dengan komunitas tersebut atau berdonasi untuk membantu jalannya kegiatan mereka.

Referensi: KBBI Daring | indorelawan.org | madteabookclub.wixsite.com | Republika | donasibuku.kemdikbud.go.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini