Kuliah Offline vs Online, Enak Mana?

Kuliah Offline vs Online, Enak Mana?
info gambar utama

Datangnya pandemi yang berlangsung dari tahun 2020 membuat banyak perubahan terjadi. Salah satunya, sistem pembelajaran yang biasa dilakukan secara tatap muka berubah menjadi online. Hal ini menimbulkan perdebatan akan mana yang dirasa lebih cocok, online atau offline.

Tentu saja hakikatnya GoodMates menerima pembelajaran secara tatap muka atau offline. Akan tetapi, hadirnya virus corona yang tidak terduga membuat semuanya harus diubah. Akibatnya, ada mahasiswa yang sudah nyaman kuliah secara online, sebaliknya ada juga mahasiswa yang ingin kuliah offline kembali lagi.

GoodMates, di tahun ini sudah mulai banyak universitas yang kembali melaksanakan pembelajaran secara offline. Mahasiswa yang berada diluar universitas pun tentu sudah harus bersiap diri. Adanya masa transisi ini membuat perdebatan terjadi karena memilih antara kuliah online atau offline.

Baca Juga:

Keduanya sama-sama memiliki kelebihan yang membuat kamu benar bahwa kuliah offline jauh lebih enak, sebaliknya ada yang menganggap tidak demikian. Berikut ini kelebihan yang ada pada kuliah offline dan online.

Kelebihan Offline

  1. Lebih Paham Materi

Salah satu permasalahan kamu ketika kuliah online pastinya karena ada gangguan sinyal maupun dosen yang lama saat membuka room meet tidak jelas saat memaparkan materi. Dengan begitu, ketika kuliah offline tentu gangguan seperti itu jarang terjadi karena baik mahasiswa maupun dosen menjadi lebih disiplin dan ketika materi yang disampaikan kurang jelas, kamu bisa langsung bertanya tanpa ada hambatan sinyal atau waktu.

  1. Tidak Terganggu dan Lebih Fokus

Kuliah dirumah tentu akan ada banyak gangguan, seperti di minta untuk menjaga adik, membantu ibu membersihkan rumah, dan semacamnya. Padahal kamu sedang kuliah, tetapi sambil ikut membantu. Jika kuliah offline tentu tidak ada gangguan seperti itu dan membuat kamu fokus pada dosen yang mengajar.

  1. Bertemu Teman

Ketika offline pastinya intensitas bertemu teman akan tinggi dan banyak bersosialisasi apalagi ketika dosen secara dadakan meminta untuk berdiskusi satu deret, tentu perasaan ini jauh lebih menyenangkan. Kamu dapat berbincang dan mengenal sifat teman-teman baru secara langsung.

Baca Juga:

Kelebihan Online

  1. Fleksibel

GoodMates tidak perlu bersiap lebih awal dari waktu kelas dimulai. Terlebih lagi jika kelas pagi, maka perlu persiapan lebih pagi. Ketika online kamu dapat memulainya dekat dengan waktu kelas mulai, dapat bergabung kelas sambil makan atau melakukan aktivitas lain.

  1. Tidak Memakan Banyak Waktu

Salah satu permasalahan banyak mahasiswa ini berupa jarak antara rumah dengan kampus yang cukup memakan waktu. Maka dari itu, ketika kuliah online tidak lagi takut telat saat mau pergi ke suatu tempat yang mana dekat dengan waktu kuliah selesai.

  1. Hemat

Kuliah offline tentu memerlukan effort lebih dan biaya untuk bensin, ongkos ojek online, jalan bersama teman ketika kelas berakhir, dan semacamnya. Kuliah online akan jauh lebih hemat dan sebagian mahasiswa berpikir dapat menggunakan uangnya untuk keperluan lain.

Baca Juga:

Nah, GoodMates, baik offline maupun online sama-sama memiliki sisi yang enak, ya. Hanya saja, tergantung pada bagaimana sudut pandang masing-masing. Dapat menggunakan fasilitas kampus, tidak terus-menerus menatap layar, tentu sangat menyenangkan. Akan tetapi, waktu yang lebih fleksibel banyak di idam-idamkan mahasiswa.

Akan tetapi, GoodMates tetap harus menerima dan bersiap untuk kuliah offline karena bagaimanapun adanya kuliah online hadir secara tidak terduga dan mahasiswa tentu harus kembali pada sistem pembelajaran yang sebetulnya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini