Daftar Makanan Asli Indonesia yang Mendunia

Daftar Makanan Asli Indonesia yang Mendunia
info gambar utama

Selain sebagai negara pariwisata, Indonesia kini mulai dikenal sebagai negara dengan makanan yang menggugah selera. Sudah tidak diragukan, Indonesia merupakan gudangnya makanan lezat nan kaya akan rempah. Tidak hanya digemari di dalam negeri, dunia pun mengakui kelezatan makanan asli Indonesia.

Beberapa makanan asli Indonesia terdaftar dalam warisan budaya dunia oleh UNESCO. Tidak sedikit pula, makanan yang berasal dari beragam daerah di Indonesia ini dinobatkan sebagai makanan terlezat di beberapa penghargaan bergengsi dunia. GoodMates, berikut ini daftar makanan asli Indonesia yang mendunia, adakah favoritmu?

Baca Juga: Kuliner Jadul Edisi Pasar Kangen Jogja 2022

Lumpia

Lumpia Semarang | Foto: Ismed Photography SS/Shutterstock via Kompas.com
info gambar

Jajanan khas Semarang ini sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya takbenda sejak 2014 lalu. Bahan utama lumpia Semarang adalah rebung, terkadang juga berisi sayuran dan ditambahkan daging, lengkap dengan cita rasanya yang gurih manis, serta dimakan dengan saus kental, cabai rawit, dan daun bawang. 

Pada dasarnya, lumpia berakar dari kebudayaan Tiongkok. Kata “lumpia” pun diserap dari dialek bahasa Cina Hokkian “run bing” yang disinergikan dengan bahasa Jawa “lum ping” (kulit). Kendati berasal dari budaya Tiongkok, lumpia khas semarang telah dimodifikasi dengan cita rasa khas nusantara.

Cendol

Dua mangkuk cendol | Foto: Wikipedia
info gambar

Dengan cita rasanya yang manis, cendol mendapat penghargaan sebagai hidangan manis penutup (dessert) terbaik di dunia oleh CNN. Sayangnya, dalam daftar World's 50 Best Desserts tersebut, cendol dikatakan berasal dari Singapura. Hal ini tidak mengherankan karena cendol banyak berkembang di negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Namun, pada faktanya cendol memang berasal dari Indonesia. Dikutip dari Lokadata, Murdijati Gardjito—peneliti pada Pusat Studi Pangan dan Gizi Universitas Gadjah Mada—mengatakan bahwa cendol sudah ada sejak masa Kerajaan Majapahit pada tahun 1323 silam. Kini, cendol dapat ditemukan dengan mudah karena ramai dijual dengan gerobak di tepi jalan. 

Nasi Goreng

Nasi Goreng | Foto: TribunTravel.com
info gambar

Beberapa kali, idola (idol) asal Korea Selatan menyebutkan nasi goreng sebagai makanan Indonesia favorit mereka. Tidak hanya itu, nasi goreng berhasil menduduki peringkat kedua dalam daftar makanan terenak di dunia (World's 50 Best Foods) versi CNN tahun 2017. Daftar tersebut dirilis setelah CNN membuka voting di media sosial Facebook.

Nasi goreng khas Indonesia memiliki jenis yang beragam. Ini disebabkan adanya perbedaan bumbu atau rempah-rempah yang digunakan saat memasak dan berbagai variasi lainnya. Beberapa jenis nasi goreng yang digemari, antara lain, nasi goreng jawa, nasi goreng petai, nasi goreng ikan asin, dan lain-lain.

Tempe

Tempe | Foto: Wikipedia
info gambar

Tempe sudah diajukan oleh pemerintah Indonesia sebagai warisan kuliner budaya Indonesia ke UNESCO. Kelezatan dari olahan kacang kedelai ini sudah melekat di lidah orang Indonesia. Tidak hanya itu, tempe juga sudah mulai dipasarkan di beberapa negara asing, seperti Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Makanan yang mengandung protein tinggi ini diciptakan oleh nenek moyang asli Indonesia tanpa pengaruh budaya asing. Sebagai bahan makanan mentah, tempe bisa diolah menjadi berbagai olahan makanan. Beberapa olahan tempe paling terkenal, di antaranya tempe bacem, tempe orek, dan goreng tempe.

Baca Juga: 5 Makanan Tertua Khas Indonesia

Roti Gambang

Roti gambang | Foto: Wikipedia
info gambar

Pada tahun 2022, CNN kembali memperbarui daftar roti terenak di dunia (World’s 50 Best Breads). Secara mengejutkan, roti gambang masuk ke dalam daftar tersebut. Roti gambang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda, roti ini diyakini terinspirasi dari sarapan orang-orang Belanda di masa itu.

Dinamakan roti gambang karena bentuknya yang mirip dengan gambang keromong, alat musik Betawi. Berbentuk persegi panjang seperti balok dengan warna kecoklatan yang berasal dari gula merah atau gula aren sebagai bahan dasar utama. Di atasnya, roti gambang dibanjiri dengan biji wijen.

Sate

Sate di pinggir jalan | Foto: Nita Anggraeni Goenawan/Unsplash
info gambar

Sama dengan nasi goreng, sate juga masuk ke dalam daftar 50 makanan terenak di dunia versi CNN. Sate menduduki peringkat ke-14 dalam daftar yang dirilis pada tahun 2017 ini. Beberapa waktu lalu, ketika Barack Obama—Presiden Amerika Serikat ke-44—berkunjung ke Indonesia, ia menyebutkan sate sebagai makanan Indonesia yang paling berkesan baginya.

Sate mungkin bisa ditemukan di negara lain, tetapi sate khas Indonesia hadir dengan keunikan tersendiri. Tiap daerah di Indonesia memiliki jenis sate berbeda. Perbedaan mendasar terletak pada saus atau kuah satenya, seperti sate Madura dengan kuah kacang yang berwarna gelap dan sate Padang dengan kuah kuningnya. 

Gudeg

Gudeg khas Yogyakarta | Foto: Shutterstock via Masak Apa Hari Ini
info gambar

Kuliner khas Yogyakarta ini sukses melanglang buana ke kancah internasional. Dikutip dari CNN Indonesia, pada tahun 2015 lalu, gudeg laris manis dalam festival jajanan World Street Food Congress (WSFC) di Singapura. Bahkan, gudeg disajikan sebagai menu di salah satu kafe yang berlokasi di Clayton Road, Melbourne, Australia. 

Gudeg merupakan makanan dengan bahan dasar utama nangka dan santan. Nama gudeg diambil sesuai proses pembuatannya yang diudek (diaduk) terus menerus dalam waktu yang cukup lama. Dengan cita rasa gurihnya, gudeg berhasil digemari oleh banyak orang. 

Rendang

Rendang | Foto: Bawah Reserve/Unsplash
info gambar

Rendang sudah nangkring di berbagai penghargaan dunia. Beberapa kali, CNN menempatkan rendang ke dalam daftar makanan terlezat di dunia. Puncaknya pada tahun 2017, rendang berhasil menduduki peringkat pertama World’s 50 Best Foods versi CNN.

Bukan tanpa alasan rendang bisa mendapat pengakuan dunia. Makanan asli Sumatra Barat ini diolah dengan rempah-rempah yang beragam, khas ranah Minang, dan dibuat dalam waktu yang cukup lama. Tak ayal, bumbu rendang meresap dengan baik yang siap menggugah selera. Di Sumbar, rendang memiliki beberapa versi, seperti rendang daging sapi, ayam, kerbau, lokan(kerang), dan lainnya.

Baca Juga: Intip Fakta Unik Nasi Kapau, Berbeda dengan Nasi Padang

Makanan berpotensi menjadi wadah promosi agar Indonesia makin dikenal oleh dunia. Dari deretan makanan asli Indonesia yang mendunia di atas, manakah yang menjadi makanan favorit GoodMates?

Referensi: Kompas.com | Liputan6.com | Warisan Budaya Kemdikbud | CNN: 50 of the world's best desserts | CNN: World's 50 best foods | CNN: 50 of the world's best breads

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini