Cara Mudah Ajarkan Anak Menjaga Lingkungan Hidup

Cara Mudah Ajarkan Anak Menjaga Lingkungan Hidup
info gambar utama

Lingkungan yang bersih akan menciptakan banyak dampak positif bagi kehidupan, baik diri sendiri, orang sekitar, bahkan planet bumi. Saat ini, kita tengah berada pada zaman dengan kondisi alam yang semakin memburuk. Oleh sebab itu, kegiatan menjaga lingkungan hidup perlu orang tua ajarkan sejak dini, termasuk kepada anak-anak.

Mengajarkan anak-anak untuk menjaga lingkungan mungkin menjadi tantangan tersendiri. Sifat anak kecil yang cenderung sulit diatur kian menambah tantangan tersebut. Meskipun begitu, ada banyak cara sederhana yang bisa dilakukan untuk memperkenalkan anak-anak akan pentingnya menjaga lingkungan hidup.

Baca Juga: Intip Keberhasilan Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus

Simak sampai akhir, berikut cara mudah mengajarkan anak untuk menjaga lingkungan hidup.

Kenalkan Anak dengan Hewan

Kasus perburuan hewan masih ditemukan hingga saat ini, belum lagi angka kepunahan beberapa hewan yang makin tinggi. Karenanya, mengenalkan anak dengan hewan menjadi penting agar si kecil paham bahwa hewan juga bagian dari makhluk hidup yang berharga.

Mengenalkan anak dengan hewan bisa dimulai dari lingkungan tempat tinggal. Ajak anak melihat burung terbang, kucing, capung, atau hewan-hewan lainnya yang mudah ditemukan di sekitar rumah. Sesekali, ajak anak ke kebun binatang dan beri anak pemahaman sederhana tentang hewan yang sedang dilihatnya.

Ajak Anak Mengenal Tumbuhan

Cara ini juga disebut dengan proses mengenal “neighborwood”. Sejatinya, tumbuhan di sekitar rumah juga merupakan bagian dari rukun tetangga. Sambil berjalan santai di sore atau pagi hari, ajak anak-anak untuk melihat tumbuhan yang tumbuh di lingkungan sekitar.

Selain itu, bebaskan anak untuk menyentuh tumbuhan dengan hati-hati agar timbul pengalaman yang baik antara anak dan tumbuhan. Bersamaan dengan itu, beri tahu anak apa nama, warna, cara hidup, atau fakta menarik lainnya dari tumbuhan tersebut. Dengan begitu, anak-anak akan mulai sadar bahwa dia hidup bersama makhluk hidup yang lain.

Baca Juga: 4 Cara Yang Bisa Di Lakukan Ketika Anak Tantrum

Bermain di Alam

Jangan halangi anak ketika mereka ingin bermain di alam. Proses bermain di alam dapat menciptakan pengalaman baru, menyenangkan, sekaligus menantang bagi anak. Namun, tentunya orang tua harus memberi penjagaan penuh agar anak tetap dalam perlindungan yang baik.

Untuk menambah keseruan, orang tua juga bisa mengajak anak bermain games di alam. Hal ini berpotensi mengasah kreativitas dan rasa tanggung jawab di dalam diri sang anak. Selain itu, kegiatan semacam ini berdampak positif terhadap kebugaran anak karena aktif bergerak.

Beri Contoh Gaya Hidup Berkelanjutan

Anak-anak cenderung meniru apa yang dilihatnya, termasuk kebiasaan orang tua atau anggota keluarga yang lain. Hal ini bisa berdampak buruk jika orang tua mencontohkan kebiasaan buruk. Oleh karenanya, contohkan kepada anak gaya hidup yang berkelanjutan.

Gaya hidup berkelanjutan atau sustainable lifestyles merupakan gaya hidup yang berupaya menjaga kelestarian Bumi. Sesederhana memberi anak-anak contoh untuk mengurangi penggunaan plastik, tidak membuang sampah sembarangan, atau memilah sampah plastik dan organik. Tidak lupa, beri anak pemahaman bahwa apa yang sedang dilakukan penting untuk diri dan lingkungannya. 

Ciptakan Karya Daur Ulang

Jangan sekonyong-konyong membuang sampah yang ada di rumah, usahakan untuk mendaur ulang terlebih dahulu. Manfaat kesempatan ini untuk mengajarkan kelestarian lingkungan kepada anak dengan cara melibatkannya dalam proses daur ulang. Misalnya, ajak anak membuat kotak pensil dari bekas botol plastik atau membuat celengan dari karton bekas.

Dalam kesempatan ini, orang tua juga bisa menyelipkan edukasi seputar pengolahan sampah kepada anak. Selain meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan, kreativitas anak pun terasah melalui kegiatan daur ulang ini.

Baca Juga: Pentingnya Asuransi Pendidikan untuk Anak

Bermain sambil belajar, begitulah kira-kira cara mudah untuk mengajari anak untuk menjaga lingkungan hidup. Pilihan cara di atas bisa dilakukan secara spontan atau diatur waktunya terlebih dahulu. Tentu saja, orang tua berperan penting dalam misi mulia ini.

Referensi: Eco Parent | Child Mind | happiestbaby.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini