Rekomendasi Kerja Part Time untuk Mahasiswa

Rekomendasi Kerja Part Time untuk Mahasiswa
info gambar utama

Kerja paruh waktu atau part time bisa menjadi pilihan bagi mahasiswa yang memiliki waktu luang. Selain karena alasan finansial untuk mendapatkan uang tambahan, kerja part time bisa mengasah kemampuan GoodMates di bidang tertentu. Lebih dari itu, kerja part time jugamenambah pengalaman sekaligus mengajarkan GoodMates bagaimana cara kerja di dunia profesional.

Kerja part time merupakan pekerjaan dengan jam kerja yang lebih sedikit dibandingkan pekerja tetap. Kerja part time umumnya bersifat sementara. Pekerja part time bekerja untuk jangka waktu tertentu sesuai kebutuhan perusahaan atau tempat kamu bekerja. 

Baca Juga: Sudah “Ratusan” Kali Lamar Kerja, Tapi Belum Diterima? Apa Penyebabnya?

Saat ini, banyak ditemukan UMKM, startup, atau perusahaan lainnya yang membutuhkan pekerja part time. GoodMates bisa menemukan lowongan pekerjaan part time di berbagai platform online. Berikut rekomendasi kerja part time yang bisa dilakukan oleh mahasiswa.

1. Virtual Assistant

Virtual assistant merupakan salah satu jenis pekerjaan yang muncul akibat adanya perkembangan teknologi digital. Dilansir dari We Work, virtual assistant ialah pekerja jarak jauh atau remote yang melakukan bantuan administratif dan bisnis untuk suatu perusahaan. 

Pada dasarnya, virtual assistant bertugas layaknya asisten administratif atau sekretaris pada umumnya. Hanya saja, virtual assistant tidak bekerja dari kantor. Banyak perusahaan yang mencari virtual assistant karena dinilai efektif untuk menghemat biaya pengeluaran.

Melansir Live About dan U.S. Chamber of Commerce, seorang virtual assistant akan melakukan kegiatan administratif, seperti mengelola kebutuhan administrasi klien, serta mencari, menyaring, dan meyakinkan klien potensial. Selain itu, virtual assistant terkadang juga diminta untuk mengatur jadwal (schedule management), mengorganisir berkas perusahaan, mengurus media sosial, dan memonitor email.

2. Fotografer

Bagi GoodMates yang mempunyai bakat fotografi, tidak ada salahnya mencoba kerja part time sebagai fotografer. GoodMates bisa mengambil kerja paruh waktu untuk pemotretan pernikahan, pre-wedding, atau kegiatan besar lainnya. Biasanya, fotografer part time bekerja di akhir pekan, sehingga tidak terlalu mengganggu waktu kuliah.

Menjadi fotografer profesional pasti membutuhkan pengalaman dan koneksi. GoodMates bisa memulainya dari bergabung dengan komunitas foto di daerah sekitar atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) fotografi di kampus. Biasanya, anggota komunitas dan organisasi saling bertukar informasi bila ada lowongan pekerjaan atau project memotret.

Selain itu, GoodMates juga bisa memanfaatkan platform online. Dewasa ini, banyak platform online untuk menjual hasil foto dengan harga yang tidak kalah fantastis. GoodMates bisa menawarkan hasil fotomu kepada platform-platform tersebut.

3. Penerjemah

Pekerjaan paruh waktu ini cocok untuk GoodMates yang memiliki kemampuan bahasa asing mumpuni atau yang berkuliah di jurusan sastra asing. Mengingat pengaruh globalisasi yang semakin kuat, banyak perusahaan yang membutuhkan penerjemah. Umumnya, penerjemah part time bekerja untuk menerjemahkan dokumen, sehingga bisa dikerjakan secara jarak jauh atau remote

Lebih jauh, sebagaimana dilansir dari Pusat Penerjemah, seorang penerjemah part time diberikan pekerjaan untuk menerjemahkan dokumen atau artikel dari satu bahasa ke bahasa lain sesuai kebutuhan perusahaan atau permintaan klien. Namun, untuk beberapa kesempatan, penerjemah part time juga diminta untuk menerjemahkan secara lisan. 

Meskipun bekerja secara sampingan, menjadi penerjemah part time tetap berpotensi untuk mendatangkan penghasilan yang besar. Gaji penerjemah ditentukan dari seberapa penting dan seberapa sulit dokumen yang diterjemahkan. Belum lagi jika kamu mendapatkan klien-klien yang memiliki pengaruh penting, bisa jadi kamu akan mendapat bonus dari perusahaan.

Baca Juga: Penting Gak Sih Pengalaman Kerja untuk Perkembangan Karirmu?

4. Penulis

Beberapa perusahaan, khususnya media, membutuhkan penulis part time. Umumnya, perusahaan tersebut mencari content writer atau creative writer untuk website maupun media sosial mereka. Selain itu, pekerjaan ini juga berhubungan dengan industri kreatif dan bisnis, seperti penulisan wara atau copywriting. 

Penulis part time termasuk pekerjaan yang fleksibel karena kamu bisa menulis dari mana saja. Oleh karena itu, pekerjaan sebagai penulis paruh waktu tidak terlalu mengganggu jadwal kuliah. Untuk GoodMates yang mahir menulis, pekerjaan ini bisa kamu coba.

5. Barista

Industri kedai kopi atau coffee shop berkembang bagai cendawan yang tumbuh selepas hujan. Saat ini, kedai kopi dapat ditemukan dengan mudah di berbagai tempat. Kedai kopi tersebut tentunya membutuhkan barista yang bisa menjadi lahan pekerjaan untuk mahasiswa.

Untuk melamar sebagai barista, GoodMates tidak perlu risau karena tidak mahir membuat kopi atau latte art. Biasanya, pemilik kedai kopi akan memberikan pelatihan kepada baristanya sebelum bekerja. Namun begitu, jika GoodMates memiliki skill seputar kopi pasti akan sangat membantu.

6. Guru Les

Pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu yang kuliah di jurusan pendidikan. Ilmu yang sudah didapat di bangku kuliah, bisa dimanfaatkan untuk mengajar anak-anak usia sekolah. Untuk menjadi guru les part time, GoodMates bisa bergabung dengan lembaga les atau mencari klien sendiri.

Selain guru les, GoodMates juga bisa menjadi tutor. Beberapa kampus biasanya menyediakan layanan tutor untuk adik tingkat atau junior. Menjadi tutor juga mendapatkan keuntungan, lo, tidak jarang seorang tutor mendapat upah, beasiswa, atau bonus lainnya dari pihak kampus.

7. Kru WO/EO

WO (Wedding Organizer) atau EO (Event Organizer) merupakan tim yang memberikan layanan untuk mengorganisir sebuah kegiatan, seperti acara pernikahan, konser, atau lainnya. Industri ini identik dengan anak muda karena membutuhkan sosok kreatif dan energik ketika bekerja. Oleh sebab itu, menjadi kru part time di WO atau EO boleh untuk kamu coba.

Sebuah WO atau EO banyak mencari anak muda untuk posisi kru (crew) dalam jangka waktu tertentu. Posisi kru tersebut nantinya dibagi lagi berdasarkan divisi tertentu. Adapun lingkup pekerjaanya dimulai dari sebelum hingga acara selesai digelar, seperti melakukan perencanaan, pengkoordinasian, dan evaluasi.

Baca Juga: Bagaimana sih Cara Membedakan Lowongan Pekerjaan yang Asli dan Palsu? Cek Yuk?!

Lowongan pekerjaan part time tersebut sudah banyak tersebar di berbagai platform online. GoodMates bisa mencoba rekomendasi pekerjaan part time di atas yang cocok dengan latar belakangmu. 

Referensi: We Work | Live About | U.S. Chamber | Glints | Skill Academy | Pusat Penerjemah

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini