Ratu Elizabeth II Dimakamkan, Ini Sosok Wakil Indonesia di Acara Prosesinya

Ratu Elizabeth II Dimakamkan, Ini Sosok Wakil Indonesia di Acara Prosesinya
info gambar utama

Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II telah dilaksanakan. Acara tersebut dihadiri oleh para undangan, termasuk di antaranya wakil-wakil berbagai negara, termasuk Indonesia.

Senin (19/9) kemarin adalah jadwal puncak prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II. Menurut situs resmi Kerajaan Inggris, prosesi kemarin dijadwalkan dimulai pada pukul 11 pagi waktu setempat.

Ratu Elizabeth II wafat pada Kamis (8/9) waktu Inggris saat menjalani tahun ke-70-nya sebagai pemimpin Kerajaan Inggris. Ratu yang memegang rekor masa jabatan kepemimpinan terpanjang di Kerajaan Inggris itu menghembuskan napas terakhirnya di usia 96 tahun.

Seperti dilansir Tribunnews.com, jenazah Ratu Elizabeth II diiringi sejumlah anggota keluarga kerajaan Inggris yang terdiri Raja Charles III, Permaisuri Camillia, Pangeran William, Putri Catherine, Putri Charlotte dan Pangeran George.

Ratu Elizabeth II dimakamkan di Westminster Abbey, gereja yang terletak di London. Di sana, jenazah mendiang Ratu Elizabeth II dimakamkan di sebelah mendiang suaminya, Pangeran Philip.

Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II dihadiri banyak orang, mulai dari masyarakat umum hingga tamu undangan yang mana di antaranya adalah para perwakilan berbagai negara.

Sebagaimana negara lainnya, Indonesia juga memiliki wakil yang hadir di prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II. Siapa sosok wakil Indonesia tersebut?

Indonesia dalam Kemampuan Berbahasa Inggris di Asia-Pasifik

Sosok Wakil Indonesia

Sosok yang mewakili Indonesia di proses pemakaman Ratu Elizabeth II adalah Desra Percaya. Ia merupakan Duta Besar Indonesia untuk Inggris, Irlandia, dan International Maritime Organization (IMO) saat ini.

Desta Percaya membagikan momen saat ia menghadiri prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II melalui laman media sosialnya. Ia diketahui mengikuti prosesi sejak Minggu (18/9), sehari sebelum upacara pemakaman.

Dalam unggahan Instagram, Desra Percaya bercerita bahwa ia dan sang istri Diana Mawarsari diberi kesempatan untuk menyampaikan penghormatan kepada Ratu Elizabeth II dari podium khusus.

“Didampingi Ibu Sari @sariandthecats.. kami berdua mengenakan pakaian serba hitam.. dan diijinkan menyampaikan penghormatan dari podium khusus.. sesuai protokol Istana.” Demikian petikan tulisan Desra Percaya dalam unggahan tersebut.

Selain itu, Desra Percaya juga memberi gambaran mengenai situasi Kota London yang dilihatnya selama prosesi pemakaman berlangsung. Situasi kota disebutnya ramai oleh orang yang datang. Di beberapa titik, publik juga menyaksikan prosesi bersama-sama melalui siaran langsung.

“Suasana London, khususnya di sekitar Palace of Westminster dan Westminster Abbey.. makin ramai antrian pengunjung dari berbagai kota dan negara.. sekalipun banyak jalan ditutup serta siaran langsung prosesi tersedia di Youtube dan di berbagai tempat publik seperti Hyde Park juga sudah terpasang layar besar untuk “nonton bareng” rangkaian prosesi hari ini dan besok.” tulisnya lagi.

Inilah Beberapa "Sumbangan" Kata Bahasa Indonesia untuk Bahasa Inggris



Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini