Jakarta Masuk Peringkat 20 Besar Kota dengan Gaya Hidup Sehat di Dunia

Jakarta Masuk Peringkat 20 Besar Kota dengan Gaya Hidup Sehat di Dunia
info gambar utama

Jika mendengar nama Jakarta, yang terlintas di pikiran kebanyakan orang adalah wilayah Ibu Kota padat penduduk, dengan hiruk-pikuk dan pergerakan kehidupan masyarakatnya yang tinggi.

Tak dimungkiri jika pada beberapa bagian, ada hal yang tak bisa dilepaskan dari Jakarta, mulai dari kemacetan hingga yang paling identik adalah polusi.

Tapi siapa sangka, jika rupanya Jakarta masuk ke dalam peringkat 20 besar kota dengan gaya hidup sehat tertinggi di dunia. Benarkah demikian?

Bukan penilaian asal semata, peringkat ini dilakukan setelah melalui penilaian oleh lembaga riset YouGov, yang berbasis di Inggris. Dalam prosesnya, ada sejumlah indikator yang dijadikan penilaian mulai dari tingkat kebahagiaan, aktivitas luar ruangan, dan masih banyak lagi.

Bali Dinobatkan Sebagai Destinasi Wisata Paling Bahagia Dunia Tahun 2022

Ungguli Seoul, Los Angeles, dan Tokyo

Penilaian kota dengan gaya hidup sehat di dunia | Studi YouGov via lenstore.co.uk
info gambar

Lebih detail menurut publikasi yang dimuat LenStore,studi penilaian yang dimaksud dilakukan terhadap sebanyak 44 kota di seluruh dunia.

Adapun maksud dari kota dengan gaya hidup sehat yang dimaksud adalah kota yang memungkinkan masyarakat atau penduduknya didukung secara penuh untuk menjalani pola dan gaya hidup sehat secara menyeluruh.

Ada sekitar 10 indikator yang dijadikan penilaian, beberapa di antaranya pengaruh tingkat polusi, kondisi lingkungan sekitar kita, pilihan gaya hidup, jam sinar matahari, tingkat kebahagiaan, fasilitas beraktivitas luar ruangan, biaya berlangganan pusat kebugaran setiap bulan, dan masih banyak lagi.

Dari penilaian tersebut Jakarta berada di peringkat ke-17, berada di bawah peringkat Toronto dan Madrid, yang menempati peringkat ke 15 dan 16.

Sementara itu, posisi yang sama juga membuat Jakarta mengungguli beberapa kota di negara maju lainnya seperti Seoul, Los Angeles, Boston, Tokyo, Paris, London, dan New York.

Ada beberapa indikator penilaian yang jika dilihat memang membuat Jakarta lebih unggul dibanding kota lain. Misalnya, tingkat obesitas di Jakarta terbilang rendah yakni sebesar 6,9 persen, dengan angka harapan hidup selama 68,5 tahun.

Dari segi fasilitas kesehatan, Jakarta juga tercatat memiliki 114 aktivitas luar ruang yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Selain itu, ada sebanyak 833 tempat yang dapat dikunjungi masyarakat untuk melakukan aktivitas luar ruang.

Sementara itu dari segi biaya memakai layanan fasilitas kesehatan atau gym, biaya keanggotaan di Jakarta rupanya terbilang lebih murah dibandingkan kota lain seperti Madrid atau Seoul.

Sayangnya, satu isu yang masih menjadi permasalahan bisa diduga adalah polusi. Di mana skor polusi Ibu Kota ini berada di angka 84.39.

Lalu apa saja deretan kota yang masuk daftar 10 besar sebagai kota dengan gaya hidup sehat di dunia? Berikut peringkatnya:

  1. Amsterdam
  2. Sydney
  3. Vienna
  4. Stockholm
  5. Copenhagen
  6. Helsinki
  7. Fukuoka
  8. Berlin
  9. Barcelona
  10. Vancouver
20 Destinasi Wisata Terpopuler di Media Sosial, Bali Masuk Peringkat 5

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini