Ingin Jadi Social Media Specialist? Kuasai Tools Ini!

Ingin Jadi Social Media Specialist? Kuasai Tools Ini!
info gambar utama

Goodmates, salah satu hal penting yang dapat menunjang kesuksesan perusahaan saat ini adalah sosial media. Apalagi di era digitalisasi seperti saat ini, peranan sosial media sangatlah dibutuhkan untuk melancarkan strategi brandawarness perusahaan hingga produk-produk yang dijual.

Untuk meningkatkan brandawareness perusahaan, bisa dengan memanfaatkan hal-hal populer yang terjadi dalam beberapa waktu belakangan ini. Dengan begitu, secara tidak langsung akun bisnismu akan mendapatkan perhatian publik. Bicara soal sosial media, selain memanfaatkan momen, kamu perlu menyusun strategi marketing dan mengatur penjadwalan konten hingga monitoring dengan menggunakan beberapa tools pendukung. Jika tidak, tentu akan sangat melelahkan.

Berikut adalah beberapa tools yang bisa kamu gunakan jika kamu berkerja atau berkutat dalam profesi social media specialist:

  1. Creator Studio
Ilustrasi creator studio
info gambar

Tools satu ini awalnya memang digunakan untuk managementtoolsplatform Facebook. Namun seiring dengan berjalannya waktu, tools ini juga dapat digunakan untuk Instagram. Hal ini terjadi sejak Facebook mengakusisi Instagram.

Tools ini berfungsi untuk menjadwalkan, publish, monitoring, hingga mempromosikan (monetisasi) konten-konten kamu yang ada di Facebook dan Instagram. Tools ini tidak mengenakan tarif, kecuali untuk boost konten-konten tertentu yang ingin kamu promosikan.

  1. SocialPilot
Ilustrasi socialpilot
info gambar

Berbeda halnya dengan CreatorStudio, SocialPilot menawarkan cakupan sosial media yang lebih banyak lagi. Selain Facebook dan Instagram, tools ini juga bisa mengelola beberapa sosial media, seperti Twitter, LinkedIn, Pinterest, hingga Tiktok.

Melalui tools ini, kamu bisa menikmati beberapa fitur yang tersedia, seperti scheduling konten, postpreview, analyticsreport setelah konten diunggah, mencari konten lain yang relevan sebagai bahan research, dan sebagainya. Gimana? Tertarik pakai tools ini?

  1. PostPlanner
Ilustrasi postplanner
info gambar

Selain SocialPilot, tools lain yang bisa kamu gunakan untuk mengoptimalkan sosial media bisnis mu adalah PostPlanner. Melalui tools ini, kamu tak hanya bisa schedulingpost konten, melainkan juga bisa mengetahui waktu terbaik untuk mengunggah kontenmu agar bisa dijangkau oleh banyak audiens.

Dengan begitu, jika objektifmu adalah untuk meningkatkan brandawareness akan mudah tercapai. Tentu saja harus didukung dengan konten yang menarik dan share-able ya!

  1. Buzzsumo
Ilustrasi buzzsumo
info gambar

Selain tools untuk scheduling konten, monitoring dan analisis, kamu juga perlu tahu tentang tools satu ini. Ya, namanya adalah Buzzsumo. Tools ini merupakan salah satu tools yang digunakan untuk mendapatkan wawasan seputar keyword, headline, topics, hingga socialengagement.

Melalui tools ini, kamu bisa membaca topik apa yang sedang menjadi tren, menganalisis konten dan kompetitor. Kamu juga bisa mengidentifikasi influencer siapa saja yang paling berpengaruh dan juga me-monitoring performa konten. Dengan fitur-fitur yang dimiliki Buzzsumo, tentu saja tidak diberikan secara cuma-cuma melainkan harus berlangganan. Sebenarnya, bisa gratis tapi akses terbatas. Jadi, tidak bisa digunakan secara terus menerus.

  1. Ubersuggest
Ilustrasi ubersuggest
info gambar

Tools yang dikembangkan oleh salah satu expertise sosial media, Neil Patel ini juga kerap digunakan oleh seorang social media specialist. Sebenarnya, secara fungsi tak jauh berbeda dengan Buzzsumo. Tools ini juga digunakan untuk mengulik tentang keyword, searchvolume, cost per click, paid difficulty dan search difficulty. Selain itu, user-nya pun juga bisa dapat mengakses fitur analisis SEO dan mengecek backlink situs.

Nah, kira-kira tools apa saja nih yang sedang atau sudah pernah kamu gunakan? Share user experience-mu di kolom komentar yuk!

Untuk tau lebih banyak seputar informasi lowongan pekerjaan ter-update, kamu bisa cek Instagram @workerspediadan channel Youtube Workerspedia. Disana kamu akan menemukan informasi seputar dunia kerja yang sangat bermanfaat.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini