Sukses Besar dan Bikin FIA Kagum, Formula E Bakal Hadir Lagi di Jakarta

Sukses Besar dan Bikin FIA Kagum, Formula E Bakal Hadir Lagi di Jakarta
info gambar utama

Penyelenggaraan balapan Fomula E di Jakarta beberapa waktu menuai apresiasi. Balapan tersebut dinilai sukses besar dan siap digelar lagi.

Jakarta sukses menggelar balapan Formula E-Prix pada pertengahan tahun lalu, tepatnya 4 Juni. Bertempat di sirkui Ancol, E-Prix Jakarta digelar di mana pebalap asal Prancis Mitch Evans sukses keluar sebagai pemenang.

Kendati awalnya persiapan balapan menemui persoalan dalam hal penentuan lokasi, sirkuit di Ancol akhirnya mampu menjadi tempat dilangsungkannya balapan tanpa kendala berarti. Seperti diketahui, sebelumnya sempat ada wacana untuk menggunakan area Monumen Nasional untuk dijadikan sirkuit hingga akhirnya wacana itu urung diwujudkan.

Gelaran E-Prix Jakarta menuai apresiasi dari Federasi Otomotif internasional (FIA). Dalam penilaian FIA, E-Prix Jakarta telah sukses digelar dengan baik.

Selain E-Prix Jakarta, FIA juga memberi apresiasi serupa kepada E-Prix Seoul. Pada tahun ini, Jakarta dan Seoul memang baru pertama kalinya menjadi lokasi balapanFormula E.

"Musim balap internasional 2022 menyajikan tantangan khusus bagi Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Korea Automobile Racing Association (KARA), ketika kedua organisasi ini ditugasi menggelar Kejuaraan Dunia ABB FIA Formula E untuk pertama kalinya. Itu merupakan ujian yang mereka lalui dengan sangat sukses," demikian petikan pernyataan resmi FIA yang dikutip Antara.

Secara khusus, FIA juga mengapresiasi kinerja marshal yang bertugas di E-Prix Jakarta di sirkuit Jakarta. Para marshal E-Prix Jakarta telah mempersiapkan diri dengan matang melalui latihan khusus demi menjalankan tugas dan mengatasi segala macam insiden yang bisa saja terjadi dalam balapan.

Balapan Formula menggunakan sirkuit jalan raya yang badan jalannya relatif sempit. Oleh karena itu, keberadaan marshal menjadi penting agar evakuasi bisa cepat dilakukan saat ada insiden dan balapan tidak sampai terganggu.

Menyusul suksesnya penyelenggaraan E-Prix Jakarta, FIA memastikan balapan Formula E akan kembali digelar di Jakarta pada musim 2022-2023.

"Setelah berbulan-bulan persiapan yang melelahkan yang menghasilkan tiga balapan Formula E yang aman, sukses, dan menghibur, kembalinya Jakarta dan Seoul ke kalender Formula E untuk musim 9 pada 2022/23 adalah bukti pekerjaan yang dilakukan dengan baik," tulis keterangan resmi FIA.

Secara resmi, E-Prix Jakarta memang sudah masuk kalender Formula E 2022-2023. Nantinya, E-Prix Jakarta akan menjadi seri ke-12 dan 13 dari 18 seri yang ada. Balapan dijadwalkan digelar pada 3 Juni dan 4 Juni 2023.

Desainer Grafis Helm Balap Indonesia yang Memukau Dunia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini