Beraksi di Turnamen Internasional, Peselancar Indonesia Jaga Kans ke Olimpiade Paris 2024

Beraksi di Turnamen Internasional, Peselancar Indonesia Jaga Kans ke Olimpiade Paris 2024
info gambar utama

Atlet selancar Indonesia Rio Waida kembali menorehkan prestasi di kancah internasional. Meski tak juara, performa apiknya bisa menjaga peluang untuk tampil di Olimpiade Paris 2024.

Rio Waida ambil bagian dalam ajang ISA World Surfing Games 2022. Turnamen selancar internasional itu digelar di Huntington Beach, California, Amerika Serikat, pada Sabtu (24/9).

Rio Waida sukses menyabet gelar bergengsi. Ia meraih medali perak alias peringkat kedua di sana.

Di final, peselancar berusia 22 tahun itu sukses mengungguli Jackson Baker dari Australia dan Guilherme Fonseca dari Portugal. Merujuk kepada laporan Antara, Rio Waida berhak menempati posisi kedua setelah mendapatkan skor 14.04

Sementara itu, Baker yang duduk di peringkat ketiga mengoleksi 11.67 poin dan Fonseca di posisi keempat mendapat 9.36 poin.

Adapun medali emas diraih oleh atlet selancar asal Jepang Kanoa Igarashi. Ia mendapatkan skor 15.96. Artinya, poin Rio Waida terpaut 1.92 dengan poin peraih medali emas.

Ini Dia Peselancar Wanita Indonesia Yang Go International!

Jaga Peluang

Keberhasilan Rio Waida meraih medali perak di ISA World Surfing Games 2022 sekaligus menjaga peluangnya untuk bisa tampil di Olimpiade Paris 2024. Sebab, lolos atau tidaknya atlet selancar ditentukan oleh performanya di turnamen-turnamen internasional.

Perlu diketahui oleh Kawan GNFI, ISA World Surfing Games 2022 memberi satu tiket lolos langsung ke Olimpiade Paris 2024. Dengan keluarnya Kanoa Igarashi sebagai juara, maka ia adalah atlet yang berhak atas tiket lolos tersebut.

Setelah ISA World Surfing Games 2022, masih banyak turnamen internasional yang bisa dimanfaatkan Rio Waida untuk lolos ke Olimpiade. Apalagi, ISA World Surfing Games 2022 hanya turnamen pembuka bagi sederet ajang kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Terdekat, Rio Waida punya kesempatan melalui 2023 World Surf League yang akan mulai digelar Januari mendatang. Ajang yang dijadwalkan berlangsung hingga September 2023 di berbagai lokasi itu menyediakan 10 tiket lolos ke Olimpiade.

Untuk kategori putra, baru dua negara yang dipastikan tampil di Olimpiade Paris 2024, yakni Prancis selaku tuan rumah dan Jepang. Saat ini, masih ada 21 tiket yang siap diperebutkan para pelancar dari berbagai negara, termasuk Rio Waida.

Sebelumnya, Rio Waida sudah mewakili Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. Namun, langkahnya terhenti setelah kalah di perebutan tempat menuju semifinal. Saat itu, peselancar yang mengalahkan Rio Waida dan berhak ke semifinal adalah Kanoa Igarashi.

Ombak Pantai Bo’a, Rebutan Para Peselancar Dunia



Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini