Bandara Sepinggan Balikpapan Diakui Dunia sebagai Bandara Terbaik Selama 5 Tahun Beruntun

Bandara Sepinggan Balikpapan Diakui Dunia sebagai Bandara Terbaik Selama 5 Tahun Beruntun
info gambar utama

Bandara Sepinggan membawa kabar baik bagi dunia transportasi Indonesia. Bandara yang berlokasi di Balikpapan, Kalimantan Timur, itu diakui sebagai salah satu bandara terbaik dunia melalui penghargaan internasional.

Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan mendapat penghargaan “Best Airports in Asia-Pasific by Size and Region" dalam ajang Airport Service Quality Awards 2021 (ASQ Awards 2021) yang diselenggarakan oleh Airport Council International (ACI).

ASQ Awards tahun ini digelar di Krakow, Polandia. Dengan penghargaan yang diberikan, maka Bandara Sepinggan dinobatkan sebagai satu bandara terbaik di kategori bandara dengan kelas penumpang 5-15 juta.

Bukan kali ini saja Bandara Sepinggan menyabet penghargaan tersebut. Sebelumnya, Bandara Sepinggan sudah empat kali mendapat gelar bandara terbaik di ajang ASQ Awards.

Dengan kata lain, ini adalah kali kelima Bandara Sepinggan menerima penghargaan ASQ Award dalam 5 tahun secara beruntun. Atas pencapaian cemerlang itu, Bandara Sepinggan juga menerima penghargaan "The Airport Council General's Roll of Excellence in Airport Service Quality."

General Manager Bandara Sepinggan Balikpapan Rika Danakusuma mengatakan bahwa anugerah ini didapat berkat kerja sama antara berbagai pihak.

"Keberhasilan yang telah dicapai, baik dalam menjaga dan mempertahankan kualitas layanan di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, merupakan bentuk kerja keras dan kerja sama yang baik pihak manajemen PT Angkasa Pura I dengan seluruh pemangku kepentingan." ujar Rika Danakusuma seperti dilansir Antara.

"Oleh sebab itu pada kesempatan ini saya sampaikan ucapan terima kasih kepada stakeholder di Bandara SAMS Sepinggan yang telah berkontribusi dalam pencapaian maupun secara terus menerus menjaga prestasi ini," pungkasnya.

Deretan Pesawat Tempur yang Dimiliki Indonesia

Tentang ASQ Award

ASQ Award adalah penganugerahan yang diberikan kepada bandara di berbagai penjuru dunia yang dinilai memiliki pelayanan terbaik. Adapun penilaiannya didasarkan pengukuran tingkat kepuasan pengguna jasa sepanjang tahunnya.

Pengukuran dilakukan oleh ACI selaku organisasi kebandarudaraan dunia. Hingga saat ini, ACI memiliki 717 anggota yang mengelola 1.950 bandara yang berlokasi di 185 negara.

Bandara Sepinggan bukan satu-satunya bandara yang mendapat penghargaan ASQ Awards 2021, namun pula ada beberapa bandara lain di Indonesia.

Bandara Indonesia yang turut mendapat penghargaan adalah Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Internasional Yogyakarta, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, dan Bandara Pattimura Ambon. Selurunya mendapat penghargaan dengan kategori berdasarkan jumlah penumpangnya masing-masing.

Kisah Warga Aceh Patungan Beli Pesawat Pertama untuk NKRI



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini