Cara Meningkatkan Hobi Membaca ala Najwa Shihab

Cara Meningkatkan Hobi Membaca ala Najwa Shihab
info gambar utama

Selain menjadi jurnalis dan presenter, Najwa Shihab juga pernah menjabat sebagai Duta Baca Indonesia sejak tahun 2016 hingga 2020. Selama ia menjabat, Najwa kerap menyuarakan pentingnya hobi membaca bagi masyarakat Indonesia, mengingat masih rendahnya tingkat minat baca di tanah air. Tidak tanggung-tanggung, Najwa juga membagikan beberapa cara untuk meningkatkan hobi membaca tersebut.

Dilansir dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas), data UNESCO pada tahun 2016 menunjukkan bahwa indeks tingkat membaca Indonesia hanya 0,001 persen, yakni hanya satu dari 1.000 penduduk Indonesia yang memiliki minat baca tinggi. Hasil tersebut menempatkan Indonesia pada peringkat ke-124 dari total 187 negara dalam penilaian Human Development Index (HDI). 

Kabar baiknya, tingkat minat baca Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Dikutip dari Katadata.co.id, Perpusnas mencatat indeks kegemaran membaca Indonesia pada tahun 2020 sebesar 55,74. Jumlah tersebut naik 1,9 poin dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar 53,84.

Baca Juga: Rekomendasi Buku Fiksi Menyoal Relasi

Selain itu, Goodstats.id melaporkan, durasi membaca rata-rata masyarakat Indonesia ialah sekitar satu jam 36 menit per hari dan rata-rata jumlah buku yang dibaca ialah dua buku per tiga bulan. Sementara menurut UNESCO, satu orang harus membaca buku minimal 3 buku tiap tahunnya. 

Agar indeks minat baca Indonesia terus bergerak naik, cara meningkatkan hobi membaca ala Najwa Shihab ini dapat GoodMates terapkan.

Hindari Distraksi: Matikan Notifikasi Ponsel

Membaca sering kali terhambat karena distraksi yang muncul dari gawai. Tidak dimungkiri, gawai dengan segala kecanggihan teknologinya memiliki daya tarik yang kuat, sehingga menimbulkan efek kecanduan. Apabila tidak dibatasi, penggunaan gawai berlebihan dapat menurunkan konsentrasi saat membaca.

Tentukan Jadwal Rutin

Menurut Najwa, membiasakan diri untuk rutin membaca merupakan cara ampuh untuk menumbuhkan sekaligus meningkatkan hobi membaca. Biasakan diri untuk membaca, setidaknya, 30 menit setiap hari. Membaca pun bisa dicicil, misalnya lima menit saat pagi, lima menit saat siang, dan 20 menit sisanya dilakukan saat malam.

Baca yang Disukai

Najwa berpesan, jangan batasi dirimu dan baca apa saja yang kamu suka. Coba cari buku yang betul-betul kamu suka, kemudian bacalah buku itu semampumu. Menurut Najwa, tidak perlu merasa bersalah ketika tidak bisa menyelesaikan satu buku karena membaca merupakan proses. Jika memang pada akhirnya buku tersebut tidak bisa kamu selesaikan, segera cari buku-buku lain yang lebih kamu sukai.

Baca Juga: Siap jadi Sosok yang Mengesankan? Ini Rekomendai 5 Buku Keren untuk Mengembangkan Dirimu!

Pilih Medium Baca yang Beragam

Perlu diingat bahwa membaca tidak hanya dari buku yang tebalnya beratus-ratus halaman. Najwa menyarankan, coba untuk membiasakan diri dengan membaca lewat medium apa pun. Tidak harus medium yang sama, misalnya pagi pagi membaca koran, siang membaca tugas kampus, sore membaca majalah, atau sesekali membaca status media sosial.

Cari Teman Baca

Terkadang, motivasi membaca timbul jika kegiatan baca dilakukan bersama-sama. Untuk itu, ajak teman circle-mu dan atur kegiatan membaca dan diskusi. Selain itu, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas baca yang ada di lingkungan sekitar atau via online. Setidaknya, dengan memiliki teman baca ini kamu bisa saling menyemangati dan mengingatkan untuk membaca.

Tanamkan Kebiasaan Membaca Sejak Dini

Najwa mengaku, dirinya sudah jatuh cinta dengan buku bahkan sebelum dia pandai membaca. Sejak ia kecil, ibunya sering membacakan dongeng dari buku setiap Najwa hendak tidur. Orang tua atau keluarga yang gemar membaca akan membuat anak atau anggota keluarga yang lain familiar dengan kegiatan membaca. Cara ini bisa diterapkan untuk menumbuhkan minat baca sejak usia dini.

Baca Juga: Hobi Baca Buku, Ini Dia Rekomendasi Buku ala Najwa Shihab

Menurut Najwa, membaca membutuhkan daya tahan (endurance). Daya tahan tersebut perlu dilatih secara terus-menerus, layaknya atlet yang berlatih setiap hari untuk menjaga performanya tetap prima. Semakin sering dilatih, maka daya tahan membaca semakin tinggi. Untuk melatihnya, GoodMates bisa menerapkan cara-cara di atas.

Referensi: Perpusnas | Katadata.co.id | Goodstats.id | Tempo.co | Detik.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini