Setelah Ratu Elizabeth II, Indonesia Kirim Wakil di Pemakaman Shinzo Abe, Ini Sosoknya

Setelah Ratu Elizabeth II, Indonesia Kirim Wakil di Pemakaman Shinzo Abe, Ini Sosoknya
info gambar utama

Pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dihadiri oleh para perwakilan berbagai negara-negara. Wakil Indonesia pun turut hadir di sana.

Acara pemakaman kenegaraan Shinzo Abe digelar di Tokyo pada Selasa (27/9). Rangkaian acara dipusatkan di Nippon Budokan, gedung aula serbaguna yang terletak di Chiyoda, sebuah kawasan di pusat kota Tokyo.

Shinzo Abe meninggal dunia pada 8 Juli 2022. Ia tewas ditembak saat sedang melakukan kampanye untuk partainya di daerah Nara.

Ada ribuan orang yang menghadiri pemakaman Shinzo Abe. Selain masyarakat Jepang sendiri, perwakilan dari berbagai negara turut hadir. Menurut catatan CNBC Indonesia, para perwakilan negar tersebut di antaranya Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris, PM India Narendra Modi, serta Menteri Luar Negeri Inggris, James Cleverly.

Indonesia tidak ketinggalan mengirimkan perwakilannya ke acara tersebut. Perwakilan Indonesia yang hadir adalah Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang didampingi sang istri, Wury Ma'ruf Amin.

Indonesia dalam Kemampuan Berbahasa Inggris di Asia-Pasifik

Agenda Empat Hari

Ma’ruf Amin dan istri telah berangkat ke Jepang pada Minggu (25/9). Pada petang hari yang sama, keduanya mendarat di Bandara Haneda, Tokyo.

Sesampainya di Tokyo, Ma’ruf Amin dan Istri disambut oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi dan Atase Pertahanan RI di Tokyo Kol. (AF) Andi Nur Abadi.

Antaranews.com mencatat bahwa Ma’ruf Amin punya agenda selama empat hari di Jepang. Setelah sampai di Tokyo, pria kelahiran Tangerang itu dinanti serangkaian agenda yang berlangsung hingga Rabu (28/9).

Keesokan harinya setelah tiba di Tokyo atau Senin (26/9), Ma’ruf Amin langsung punya agenda pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio di Istana Akasaka. Pertemuan tersebut berisi pembahasan mengenai isu-isu strategis kedua negara.

Kemudian pada Selasa (27/9) Ma’ruf Amin baru mendatangi pemakaman Shinzo Abe di Nippon Budokan. Setelah acara pemakaman, Ma’ruf Amin dan istri menghadiri Greeting Occasion dengan PM Jepang di Istana Akasaka. Ma’ruf Amin baru kembali ke Indonesia pada pagi keesokan harinya.

Tidak lama sebelum pemakaman Shinzo Abe, ada pula acara pemakaman tokoh penting lainnya, yakni Ratu Elizabeth II. Acara puncak pemakaman Penguasa Inggris itu berlangsung pada Senin (19/9).

Saat itu, Indonesia juga mengirim wakil ke acara pemakaman. Indonesia diwakili oleh Desra Percaya yang merupakan Duta Besar Indonesia untuk Inggris, Irlandia, dan International Maritime Organization (IMO) saat ini.

Di acara pemakaman Ratu Elizabeth II, Desra dan sang istri Diana Mawarsari berkesempatan menyampaikan penghormatan kepada Ratu Elizabeth II dari podium khusus.

Inilah Beberapa "Sumbangan" Kata Bahasa Indonesia untuk Bahasa Inggris

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini