10 Rekomendasi Tempat Wisata Hidden Gems Di Kota Semarang

10 Rekomendasi Tempat Wisata Hidden Gems Di Kota Semarang
info gambar utama

Berwisata saat liburan memang menjadi pelarian terbaik untuk menghilangkan penat setelah seminggu menghadapi dunia yang keras ini. Tetapi ketika berkunjung ke tempat wisata yang sangat ramai dan penuh sesak juga menjadi suatu masalah tersendiri ketika travelling.

Oleh karena itu berikut Kawan GNFI rangkum, 10 rekomendasi tempat wisata hidden gems di Kota Semarang yang nggak banyak orang tahu!

Bukit Diponegoro

Bukit Diponegoro destinasi wisata alam perbukitan hidden gems di Kota Semarang

Sebuah bukit di dekat kampus Undip ini menyajikan pemandangan Citylight Kota Semarang serta lapangan luas yang hijau penuh rerumputan. Bukit ini juga sering dijadikan sebagai lokasi healing bagi sebagian mahasiswa di sekitaran Tembalang karena menyajikan spot sunset dan sunrise yang indah sehingga cocok bagi kamu untuk menutup akhir weekend dengan tenang. Untuk lokasinya Bukit Diponegoro berada di Jalan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang.

Gubug Serut

Gubug Serut destinasi wisata alam sungai hidden gems di Kota Semarang

Tiada yang menyangka aliran sungai kecil yang membelah Jalan Persen Raya, Kecamatan Gunung Pati ini bisa menjadi tempat wisata kamu kali ini. Gubug Serut merupakan tempat wisata hidden gems di sekitaran kampus Unnes yang perlu kamu kunjungi jika ingin bermain air di pinggiran sungai dengan nuansa alam. Selain itu Gubug Serut juga kerap kali menjadi tempat gathering komunitas, karena lokasinya yang cocok untuk outbond serta melakukan games seru bersama teman kamu.

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo destinasi wisata alam, sejarah, dan budaya hidden gems di kaki Gunung Ungaran Kota Semarang

Candi Gedong Songo adalah tempat wisata budaya, sekaligus wisata alam karena pemandangan alam yang disajikannya. Candi yang bercorak Hindu ini berada pada ketinggian 1.200 mdpl, sehingga kamu dapat menikmati udaranya yang sangat segar serta pemandangan Kota Semarang dari ketinggian. Selain itu sekeliling Kawasan Candi juga terdapat hutan dan berada di kaki Gunung Ungaran, dan jika lelah kamu juga bisa menyewa kuda serta menikmati sunset di kawasan candi ini lho.

Curug Lawe Benowo

Curug Lawe Benowo destinasi wisata alam curug air terjun hidden gems di Kota Semarang

Curug yang berada di kaki Gunung Ungaran ini hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki melalui jalan setapak di pinggiran jurang selama 30 - 60 menit, sehingga pada musim penghujan biasanya kawasan curug ini ditutup demi alasan keamanan. Tetapi pemandangan yang disajikan selama perjalanan ke Curug Lawe Benowo ini sangatlah indah dengan hutan serta aliran sungai yang jernih dan adem. Jika kamu beruntung kamu juga bisa bertemu dengan burung elang dan lutung jawa yang berlompatan dari pohon ke pohon. Dan ketika sampai di Curug kamu dapat bermain air dengan air curug yang dingin menyegarkan atau sekedar camping di kawasan curug.

Mawar Camp

Mawar Camp destinasi wisata alam camping kaki Gunung Ungaran hidden gems di Kota Semarang

Ingin mencoba menghabiskan malam weekend dengan beratapkan bintang-bintang?

Maka kamu perlu berkunjung ke Mawar Camp ini yang menjadi pos pertama pendakian Gunung Ungaran. Mawar Camp juga memiliki fasilitas yang lengkap seperti wc, musholla, dan pedagang yang menjual makanan. Selain itu kamu juga bisa menikmati api unggun bersama teman-teman kamu sembari menikmati city light yang indah di Kota Semarang.

Kampung Pelangi

Kampung Pelangi destinasi wisata hidden gems di tengah Kota Semarang

Kampung Pelangi merupakan salah satu destinasi hidden gems unik yang berada di pusat Kota Semarang. Kampung Pelangi adalah kawasan padat penduduk yang disulap menjadi desa wisata oleh Pemkot Semarang. Jika kamu tertarik untuk berpetualang serta bermain games petak umpet atau mencari harta karun sangatlah cocok untuk berkunjung kesini. Karena letak pemukiman di Kampung Pelangi yang kompleks serta random ini tidak heran jika kamu mungkin saja tersesat disini.

Semarang Contemporary Art Gallery

Museum Semarang Contemporary Art Gallery destinasi wisata museum seni hidden gems di Kota Semarang

Semarang Contemporary Art Gallery merupakan museum bernuansa modern dengan bangunan interior minimalis berwarna putih yang menyajikan karya-karya seni kontemporer karya Eddy Susanto dan Mujahidin Nurrahman. Museum ini menyajikan berbagai jenis karya seni dari lukisan, patung, hingga berbagai seni abstrak. Selain untuk mengagumi karya seni, museum ini juga sangat cocok bagi kamu untuk menghabiskan weekend bersama pasangan sembari berswafoto estetik untuk diposting di media sosial.

Pondok Kopi

Pondok Kopi Umbul Sidomukti destinasi wisata alam dan kopi resto hidden gems di Kota Semarang

Kafe dan resto di kawasan umbul sidomukti ini berjarak sangat dekat dengan tempat wisata Mawar Camp karena sama-sama berada di kaki Gunung Ungaran. Sehingga selain menikmati kopi dan makanan yang disediakan disini, kamu juga bisa menikmati pemandangan dari ketinggian Kota Semarang. Selain itu Pondok Kopi juga seringkali menjadi tempat reunian serta gathering komunitas karena udaranya yang segar serta aksesnya yang mudah.

Kebun Teh Medini

Kebun Teh Medini destinasi wisata alam hidden gems di Kota Semarang

Perkebunan teh yang juga berada di kaki Gunung Ungaran ini adalah bagian dari Kawasan Perkebunan Teh Promasan yang merupakan salah satu pos pendakian Gunung Ungaran. Ketika kamu berkunjung kesini, kamu akan disuguhi oleh hamparan luas tanaman teh serta kabut yang menyelimutinya. Dan dengan udaranya yang segar dan kehijauan di setiap sudut mata, Kebun Teh Medini bisa menjadi destinasi kamu di weekend kamu kali ini.

Museum Kota Lama

Museum Kota Lama destinasi wisata hidden gems di Kota Semarang

Museum yang baru diresmikan tanggal Februari 2022 lalu ini menyajikan sejarah Kota Semarang dari awal berdirinya pada tahun 1547. Dengan pendekatan menggunakan teknologi yang futuristik, museum ini bisa menjadi destinasi wisata hidden gems yang menarik bagi kamu untuk menghabiskan weekend ini. Selain itu tiket masuknya juga gratis lho!

Itulah rekomendasi tempat wisata hidden gems yang masih banyak orang belum tahu di Kota Semarang. Semoga artikel ini bisa membantu kamu ya untuk menjadi referensi liburan di akhir pekan nanti.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini