Buatan Lokal, Pesawat NC212i Pesanan Thailand Resmi Dikirim Dirgantara Indonesia

Buatan Lokal, Pesawat NC212i Pesanan Thailand Resmi Dikirim Dirgantara Indonesia
info gambar utama

Bertambah lagi produk pesawat buatan Indonesia yang kualitasnya diakui, dan dipercaya untuk digunakan oleh negara tetangga. NC212i, menjadi pesawat yang dimaksud dan dipesan oleh Thailand yang mana permintaannya sudah diajukan pada tahun 2020 lalu.

Tentu, pembuat dari pesawat yang dimaksud adalah satu-satunya perusahaan pesawat terbang yang ada di Indonesia, yakni DIrgantara Indonesia (PTDI).

Lebih detail, pesawat NC212i yang dimaksud kabarnya akan digunakan oleh Department of Royal Rainmaking and Agricultural Aviation (DRRAA) Thailand. Hal tersebut dijelaskan oleh Wildan Arief, selaku Direktur Keuangan, Manajemen Risiko & SDM PTDI.

“NC212i ini secara spesifikasi punya kapabilitas yang sangat beragam, dimana yang kita deliver hari ini adalah konfigurasi troop transport yang kemudian bisa dimodifikasi untuk rain making.” ujarnya saat pengiriman unit, pada Rabu (3/8/2022).

Meski sudah dikirimkan dan tiba di Thailand pada awal bulan Agustus lalu. Namun, sebenarnya masih ada kontrak lain atas permintaan satu pesawat yang sama, dan ditargetkan akan dikirim menyusul pada bulan Desember mendatang.

“Selain pesawat ini, masih ada satu pesawat NC212i lagi dari kontrak lainnya yang akan di-deliver tahun ini ke Thailand, targetnya bulan Desember 2022,” ujarnya.

Mengenal CN-235, Pesawat Buatan Indonesia yang Diincar Banyak Negara

Tentang pesawat NC212i

Pesawat NC212i yang dikirim ke Thailand | Dok. PTDI
info gambar

Menurut penjelasan di laman resmi PTDI, Pesawat NC212i sebenarnya merupakan versi yang dikembangkan dari pesawat seri C212-400. Dalam pengembangan NC212i, PTDI melakukan kerjasama dengan Airbus Defence & Space, Spanyol.

Masih menurut keterangan Arief, pesawat NC212i menawarkan performa yang tinggi dengan berbahai macam konfigurasi yang telah terbukti tangguh digunakan dalam berbagai jenis lingkungan dan misi yang berbeda.

“Kemampuan NC212i ini sangat ideal untuk kondisi geografis Thailand, dimana kemungkinan kedepannya ada pesawat tipe lain yang juga cocok untuk kondisi geografis Thailand, yaitu N219, diharapkan bisa menjadi kontrak selanjutnya dengan Thailand.” paparnya lebih lanjut.

Lain itu, pesawat tersebut juga banyak dilirik dalam segmen pesawat ringan karena tingkat efisiensinya dari segi biaya operasional dan perawatan.

Di lain sisi, Thailand sendiri selama ini tercatat oleh PTDI sebagai pembeli setia unit pesawat dari Indonesia. Bahkan mereka menjadi negara kedua yang paling banyak membeli pesawat buatan PTDI.

Sementara itu dari segi larisnya pesawat buatan lokal ini baik untuk penggunaan baik di dalam dan luar negeri, tercatat jika sampai dengan saat ini PTDI sudah berhasil mengirimkan ratusan unit pesawat terbang dan helikopter untuk memenuhi kebutuhan baik di dalam maupun luar negeri.

Lebih detail, angka pasti penjualannya adalah sebanyak 466 unit, di mana 120 unit di antaranya adalah pesawat NC212 series. Sementara untuk total penjualan NC212 series di dunia yakni sebanyak 604 unit pesawat.

Terbaru! Selain R80, Inilah Pesawat Terbang Kebanggaan Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini