Yuk, Sayangi Diri Sendiri dengan Terapan 8 Jenis Self Care Ini!

Yuk, Sayangi Diri Sendiri dengan Terapan 8 Jenis Self Care Ini!
info gambar utama

Seseorang sering merasa lelah, overthinking, dan terlalu sibuk karena, mereka lebih banyak memikirkan apa yang orang katakan terhadap diri kita, sering mengutamakan orang lain dalam artian kita merasa sulit untuk menolaknya, dan lebih mementingkan pekerjaan. Sehingga tidak ada ruang untuk diri kita sendiri. Kebanyakan dari kita lupa terhadap diri sendiri, kurang peka apa yang dirasakan, bahwa ada diri kita harus di prioritaskan, diri kita harus dirawat, dijaga, dan disayangi dengan baik.

Bentuk menyayangi diri sendiri tidak harus selalu dengan me time atau self reward tetapi, yang dapat kita lakukan agar mood tetap normal, mengontrol emosi dengan baik, bisa menjadi pribadi yang positive vibes, mengurangi rasa cemas seseorang memerlukan self care.

Ada 8 jenis self care yang dapat GoodMates terapkan dalam kehidupan sehari hari supaya seimbang dalam aspek kehidupan. Bukan hanya dari eksternalnya saja yang perlu diperhatikan tetapi dari internal pun kita harus peduli dan memiliki high awareness.

  1. Physical

Salah satu aktivitas fisik yang dapat GoodMates lakukan adalah dengan berolahraga. GoodMates juga bebas memilih olahraga seperti apa yang disukai misalnya seperti yoga, bersepeda, renang ataupun berkuda. Selain itu, GoodMates perlu memperhatikan pola hidup yang baik dengan istirahat yang cukup, tidak bergadang, dan memperbanyak makan buah dan sayur.

2. Emotional

Aktivitas yang bisa GoodMates lakukan dalam menjaga dan mengontrol emosi supaya tetap stabil dengan cara memaafkan kesalahan diri kita di masa lalu, memaafkan kesalahan orang lain yang sudah melukai hati kita, dan mulai berdamai dengan diri sendiri ini merupakan bentuk melepaskan emosi emosi negatif.

3. Spiritual

Bentuk merawat diri dalam aspek spiritual akan menciptakan rasa damai dan tentram dalam jiwa seseorang. Beberapa aktivitas yang dapat GoodMates lakukan agar tetap merasa dekat dengan Tuhan bisa mengunjungi tempat ibadah, ikut dalam acara keagamaan, memperdalam mengkaji ilmu agama, dan mentafakuri alam beserta isinya.

4. Personal

Aktivitas personal self care lebih memprioritaskan kepada diri kita sendiri yang mampu menerima sekaligus memahami apa yang menjadi kekurangan dan kelebihan serta dapat peka terhadap diri sendiri.

5. Work

Seseorang lebih banyak dibebani dengan setumpuk pekerjaan sering dikejar deadline, hubungan antar individu, dan problem solving. Ketika seseorang dapat mengendalikan permasalahan yang ada dalam pekerjaan maka tidak akan mengalami stress yang berlebih.

6. Financial

Kemampuan seseorang dalam mengatur keuangan itu juga termasuk kedalam perawatan diri. Namun, sangat disayangkan jika seseorang terlalu boros dalam membelanjakan uang. Maka dari itu perlunya financial self care agar terbebas dari permasalahan yang mungkin akan ada dikemudian hari. 

GoodMates dapat membuat rincian keuangan seperti jumlah pengeluaran untuk kebutuhan, menyimpan cadangan dana untuk keadaan darurat, menyisihkan uang untuk tabungan. Tentunya hal ini dapat mempermudah GoodMates dalam mengelola keuangan.

7. Social

Pada dasarnya, manusia adalah mahkluk sosial. Tidak mungkin seseorang dalam kehidupannya tidak membutuhkan orang lain. Mungkin dibeberapa lingkungan ketika seseorang saling berinteraksi satu sama lain merasa tidak nyaman, penuh dengan emosi, dan melelahkan maka dari itu, harus ada batasan yang diciptakan seseorang agar terhindar dari lingkungan yang kurang baik.

Beberapa cara dalam bentuk social self care adalah menjalin komunikasi dengan baik, banyak menghabiskan quality time bersama sahabat dan keluarga, dan memiliki support system yang baik.

8. Space

Penerapan space self care dalam kehidupan sehari hari cukup mudah banyak aktivitas yang dapat dilakukan seperti, membersihkan ruangan, menata ruangan sebagus mungkin agar merasa aman dan nyaman. Hal ini terlihat sederhana namun sebenarnya banyak manfaat yang dapat GoodMates rasakan untuk diri sendiri dan juga peka terhadap lingkungan.

Referensi: Instagram.com\selvopmentspace

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini