Apa itu Business Intelligence? Kenali Pengertian dan Manfaatnya

Apa itu Business Intelligence? Kenali Pengertian dan Manfaatnya
info gambar utama

Business intelligence (BI) atau intelegensi bisnis mengacu pada infrastruktur prosedural dan teknis yang mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data yang dihasilkan oleh aktivitas perusahaan.

Intelegensi bisnis adalah istilah luas yang mencakup analisis proses, pembandingan kinerja, dan analisis deskriptif. BI mengurai semua data yang dihasilkan oleh bisnis dan menyajikan laporan yang mudah dicerna, ukuran kinerja, dan tren yang menginformasikan keputusan manajemen.

Pengertian Business Intelligence (BI)

Kebutuhan akan Intelegensi Bisnis berasal dari konsep bahwa manajer dengan informasi yang tidak akurat atau tidak lengkap akan cenderung, rata-rata, membuat keputusan yang lebih buruk daripada jika mereka memiliki informasi yang lebih baik. Pembuat model keuangan mengenali ini sebagai "sampah masuk, sampah keluar."

BI mencoba memecahkan masalah ini dengan menganalisis data saat ini yang idealnya disajikan di dasbor metrik cepat yang dirancang untuk mendukung keputusan yang lebih baik.

Jenis Alat dan Perangkat Lunak Intelegensi Bisnis

Alat dan perangkat lunak BI tersedia dalam berbagai bentuk. Mari kita lihat sekilas beberapa jenis solusi intelegensi bisnis yang umum.

  • Spreadsheet: Spreadsheet seperti Microsoft Excel dan Google Docs adalah beberapa alat BI yang paling banyak digunakan.
  • Perangkat lunak pelaporan: Perangkat lunak pelaporan digunakan untuk melaporkan, mengatur, menyaring, dan menampilkan data.
  • Perangkat lunak visualisasi data: Perangkat lunak visualisasi data menerjemahkan kumpulan data menjadi representasi grafis yang mudah dibaca dan menarik secara visual untuk memperoleh wawasan dengan cepat.
  • Alat penambangan data: Alat penambangan data "menambang" sejumlah besar data untuk pola menggunakan hal-hal seperti kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, dan statistik.
  • Online analytical processing (OLAP): Alat OLAP memungkinkan pengguna untuk menganalisis kumpulan data dari berbagai sudut berdasarkan perspektif bisnis yang berbeda.

Manfaat Business Intelligence

Ada banyak alasan mengapa perusahaan mengadopsi intelegensi bisnis. Banyak yang menggunakannya untuk mendukung fungsi yang beragam seperti perekrutan, kepatuhan, produksi, dan pemasaran. BI adalah nilai bisnis inti; sulit untuk menemukan area bisnis yang tidak mendapatkan keuntungan dari informasi yang lebih baik untuk dikerjakan.

Beberapa dari banyak manfaat yang dapat dialami perusahaan setelah mengadopsi intelegensi bisnis ke dalam model bisnis mereka termasuk pelaporan dan analisis yang lebih cepat, lebih akurat, kualitas data yang lebih baik, kepuasan karyawan yang lebih baik, pengurangan biaya, dan peningkatan pendapatan, dan kemampuan untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

BI diturunkan untuk membantu bisnis menghindari masalah "sampah masuk dan sampah keluar", akibat analisis data yang tidak akurat atau tidak memadai.

Misalnya, Anda bertanggung jawab atas jadwal produksi untuk beberapa pabrik minuman dan penjualan menunjukkan pertumbuhan yang kuat dari bulan ke bulan di wilayah tertentu, Anda dapat menyetujui shift tambahan hampir secara real-time untuk memastikan pabrik Anda dapat memenuhi permintaan.

Demikian pula, Anda dapat dengan cepat menghentikan produksi yang sama jika musim panas yang lebih dingin dari biasanya mulai memengaruhi penjualan. Manipulasi produksi ini adalah contoh terbatas bagaimana BI dapat meningkatkan keuntungan dan mengurangi biaya bila digunakan dengan benar.

Referensi: Wikipedia| Intelegensi Bisnis |Profesi Business Intelligence

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini