Rekomendasi TED Talks untuk Pengembangan Diri

Rekomendasi TED Talks untuk Pengembangan Diri
info gambar utama

Belajar bisa dari medium apa saja, termasuk belajar pengembangan diri atau self development dengan menonton video. Salah satu platform penyedia tontonan edukasi yang sudah mendunia adalah TED Talks. Videonya yang relatif singkat dan inspiratif membuat TED Talks kian digemari penontonnya.

TED merupakan singkatan dari Technology, Entertainment, dan Design, sebuah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk menyebarkan ide dalam bentuk pembicaraan singkat. Merujuk kepada laman ted.com, satu video TED biasanya berdurasi 18 menit atau kurang dan tersedia dalam lebih dari 100 bahasa.

TED sudah ada sejak tahun 1984. Awalnya, TED hadir sebagai konferensi yang membahas tiga bidang, yakni teknologi, hiburan, dan desain. Namun, saat ini TED sudah berkembang dan pembahasannya mencakup hampir semua topik, mulai dari sains, bisnis, hingga masalah global lainnya.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Aplikasi Gratis Terbaik Untuk Belajar Berbagai Bahasa Asing

GoodMates, jika kamu ingin belajar mengembangkan diri, enam video TED Talks berikut tidak ada salahnya untuk kamu tonton. Simak sampai akhir, ini dia rekomendasi TED Talks untuk pengembangan diri.

Life is Easy, Why Do We Make it so Hard? - Jon Jandai

TED Talks yang diunggah 11 tahun lalu ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 13 juta kali. Dalam video berdurasi 15 menit tersebut, Jon Jandai, pendiri Pun Pun Center—sebuah pusat pertanian organik—membagikan kisah hidupnya dan bagaimana ia memaknai kehidupan. 

Jon merupakan petani dari timur laut Thailand. Dia pindah ke Bangkok untuk kuliah, tetapi kembali ke kampung tanpa menyelesaikan studinya atas berbagai alasan. Dari proses itu, Jon sadar bahwa ada makna lain dari perjalan hidup dan ia ingin mengatakan kepada semua orang bahwa hidup itu mudah.

Stop Searching Your Passion - Terri Trespicio

Jika umumnya orang mengatakan “Kejar gairahmu (pursue your passion)”, maka berbeda halnya dengan Terri Trespicio. Seorang ahli strategi penjenamaan (strategic branding) ini memberi pandangan berbeda menyoal passion. Menurut Terri, narasi pursue your passion berpotensi untuk membatasi pemikiran kita tentang kesuksesan dan kehidupan secara umum.

Kata Terri, passion bukanlah sebuah rencana, melainkan perasaan dan perasaan dapat berubah-ubah. Oleh karenanya, seseorang bisa saja merasa bahwa dirinya passionate dalam satu bidang untuk waktu tertentu, tetapi beberapa waktu setelahnya tidak lagi merasakan hal yang sama. Tonton video lengkapnya jika kamu penasaran mengenai pandangan Terri ini.

The 1 Minute Secret to Forming a New Habit - Christine Carter

Sosiolog Christine Carter mengawali video TED Talks-nya ini dengan menceritakan pengalaman dirinya memulai karantina saat lockdown COVID-19. Awalnya, Christine merasa bersemangat menjalani karantina, tetapi rasa semangat itu tidak bertahan lama. Christine kewalahan dengan rutinitas selama pandemi dan membuat ia sadar akan pentingnya membangun kebiasaan baru.

Christine tidak memungkiri bahwa membuat kebiasaan baru ialah hal yang menantang, walaupun kebiasaan baru itu akan berdampak baik. Pasalnya, motivasi seseorang bisa naik dan turun serta datang dan pergi. Akan tetapi, Christine telah menemukan beberapa cara untuk membangun kebiasaan baru yang lebih efektif dan seluruhnya telah ia bagikan dalam TED Talks-nya tersebut.

Baca Juga: Rekomendasi Kerja Part Time untuk Mahasiswa

Inside the Mind of a Master Procrastinator - Tim Urban

Pernahkah kamu bertanya apa yang ada di dalam kepala seseorang yang suka menunda-nunda sesuatu atau procrastinator? Jika iya, maka TED Talks yang satu ini patut untuk kamu tonton. Tim Urban, penulis di Wait But Who, mengupas tuntas isi kepala seorang procrastinator.

Kebiasaan menunda-nunda memang tidak masuk akal dan Tim tahu betul tentang itu. Namun, Tim tidak bisa menghilangkan kebiasaannya menunggu sampai menit terakhir untuk menyelesaikan sesuatu. Dalam video ini, Tim mengajak penonton menyelami apa yang sebenarnya terjadi ketika kita menunda-nunda.

The Happy Secret to Better Work - Shawn Achor

Kita percaya bahwa kita harus bekerja untuk bahagia, tetapi benarkah demikian adanya? Psikolog Shawn Achor memberi pandangan lain tentang premis tersebut. Dalam Ted Talks ini, Shawn berpendapat bahwa sebenarnya kebahagiaanlah yang mengilhami produktivitas.

Shawn menyampaikan pandangannya dengan cara lugas dan lucu. Kamu mungkin akan lebih banyak tertawa daripada mendengarkan argumentasi Shawn. Oleh karena itu, pastikan kamu menyimak kata demi kata yang disampaikan Shawn agar mendapatkan poin pembicaraannya tentang makna lain dari bahagia.

How to Figure it Out What You Want - Ashley Stah

Tidak sedikit dari kita yang bingung menemukan apa yang sebenarnya kita inginkan. Kebingungan tersebut membawa keragu-raguan dan ketakutan untuk melangkah. Jika GoodMates memiliki keresahan yang demikian, pandangan Ashley Stah dalam TED Talks ini sekiranya bisa membantumu.

Ashley merupakan perempuan yang sering berganti karier. Ia pernah menjadi kontraterorisme profesional, kemudian beralih menjadi pembuat siniar (podcaster), penulis, dan pelatih karier. Pengalamannya tersebut mempertemukan dirinya dengan tiga langkah kunci untuk menemukan tujuan hidup. Ashley membagikan tiga langkah kuncinya itu dalam video ini.

Baca Juga: Film Indonesia yang Bangkitkan Semangat Juang

Selain menjadi pelajaran dalam pengembangan diri, kisah dari para pembicara TED Talks tersebut juga memberi pandangan lain tentang memaknai hidup. GoodMates, tonton dan pelajari rekomendasi TED Talks di atas untuk pengembangan dirimu ke arah yang lebih baik.

Referensi: ted.com [1], [2]

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini