Perjuangan Timnas Futsal Indonesia di Piala Asia Futsal Berbuah 2 Torehan Sejarah Baru

Perjuangan Timnas Futsal Indonesia di Piala Asia Futsal Berbuah 2 Torehan Sejarah Baru
info gambar utama

Timnas Futsal Indonesia telah tuntas berlaga di Piala Asia Futsal 2022. Meski kandas di babak perempat final, ada dua sejarah baru yang sukses ditorehkan dengan gemilang.

Timnas Futsal Indonesia ambil bagian dalam Piala Asia Futsal 2022. Kali ini, perjalanan Indonesia mencapai babak perempat final sebelum akhirnya dikalahkan oleh Jepang.

Indonesia lolos ke babak perempat final setelah menjadi runner-up Grup C. Satu grup dengan Iran, Taiwan, dan Lebanon, dua tiket ke fase gugur akhirnya direbut oleh Indonesia dan Iran.

Pertandingan perempat final antara Indonesia dan Jepang dihelat di Saad Al Abdullah Hall, Kuwait City pada Selasa (10/4) pukul 14.00 waktu setempat atau 18.00 WIB. Di pertandingan ini, Indonesia harus mengakui keunggulan Jepang 2-3.

Kendari kalah di babak perempat final dan harus tersingkir. Indonesia pulang dari Piala Asia Futsal 2022 dengan membawa dua torehan sejarah baru. Pertama, Indonesia meraih pencapaian terbaik sepanjang kekutsertaannya di Piala Asia Futsal. Kedua, Indonesia mencapai peringkat tim tertinggi sepanjang sejarah.

Sejarah Stadion Menteng, Saksi Lika-liku Persija dan Sepak Bola Jakarta

Pencapaian Terbaik

Untuk pertama kalinya, Indonesia berhasil mencapai perempat final. Sebelumnya, Pasukan Garuda sudah beberapa kali ikut Piala Asia Futsal 2022 dan tidak pernah mampu melaju sedemikian jauhnya.

Sejak Piala Asia Futsal pertama digelar pada 1999, Indonesia telah berpartisipasi sebanyak 10 kali. Menariknya, dalam sembilan kekutsertaan awalnya, Indonesia tidak pernah mampu lolos dari babak penyisihan.

Di Piala Asia Futsal edisi sebelumnya yang digelar pada 2018, Indonesia bahkan tidak ikut serta. Sebab, Indonesia tidak lolos kualifikasi.

Maka dari itu, keberhasilan Indonesia melaju ke perempat final adalah sejarah baru. Indonesia bahkan nyaris membuka lebar peluang melaju ke semifinal apabila tidak telat mencetak gol sepersekian detik di pengujung pertandingan.

Selain JIS, Stadion Berstandar Internasional Juga Resmi Berdiri di Banten

Peringkat Terbaik

Selain pencapaian terbaik, Indonesia juga menorehkan peringkat terbaik sepanjang sejarah. Setelah menghadapi Jepang, Indonesia berada di posisi lima besar Asia.

Per 4 Oktober 2022, Indonesia berada di posisi lima. Ini adalah posisi terbaik yang pernah diraih Indonesia di peringkat AFC.

Hanya saja, posisi tersebut tidak bertahan lama. Menurut data futsalworldranking.com, hanya sehari kemudian, Indonesia turun lagi ke posisi keenam karena digeser oleh Australia.

Kendati demikian, Indonesia tidak perlu risau. Sebab, selisih poin Indonesia dan Australia terbilang tipis. Indonesia mengoleksi 1112 sementara Australia 1119 poin. Indonesia punya peluang sangat besar untuk kembali menggeser Australia di posisi kelima.

Sementara Indonesia ada di posisi kelima, posisi satu hingga empat secara berturut-turut ditempati Iran, Jepang, Thailand, dan Uzbekistan.

Kisah Mesra Indonesia-Rusia: Berawal dari Ideologi hingga Bangun Stadion GBK

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini