5 Pelajaran Hidup Saat Menulis Skripsi!

5 Pelajaran Hidup Saat Menulis Skripsi!
info gambar utama

Menyelesaikan pendidikan tinggi di taraf universitas mungkin menjadi perjuangan tersendiri bagi kebanyakan orang. Demi menggapai masa depan yang cerah dan lebih baik, kebanyakan dari kita mengambil langkah sekolah di universitas untuk mendapatkan gelar akademik.

Namun untuk mendapatkan gelar tersebut, diperlukan persyaratan yang perlu dipenuhi oleh mahasiswa dalam studinya terutama tingkat sarjana 1, yakni menulis skripsi. Seringkali didapati mahasiswa mengalami hambatan atau bahkan putus kuliah ketika dalam proses penyusunan skripsi tugas akhirnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa untuk menghasilkan tulisan yang baik agar bisa lulus merupakan proses yang tidak mudah juga.

Nah, kalau kamu adalah mahasiswa yang sedang atau sudah menulis skripsi, tesis, maupun disertasi untuk bisa mendapatkan gelar impian, kamu adalah orang-orang yang sedang berproses untuk menjadi selangkah lebih baik dari sebelumnya!

Ini, nih 5 pelajaran hidup yang mungkin kamu rasakan ketika lagi proses menulis skripsi..

1. Kita Nggak Bisa Sukses Sendirian

Kita boleh menulis skripsi sendirian, tapi perlu diingat kalau keberhasilan kita dalam menyelesaikan skripsi sampai akhir itu karena adanya dukungan orang-orang disekitar kita, baik secara langsung maupun tidak langsung.  Bayangin dosen pembimbing nggak mau bimbing kamu. Sebagus apapun tulisanmu, ya tetep aja kamu nggak bisa lulus. Jadi, selalu lihat orang-orang disekitarmu dan jaga hubungan yang baik dengan mereka. 

2. Untuk Meraih Mimpi Itu Perlu Proses

Pernah keinget betapa sulitnya menulis skripsi dari yang datanya tidak valid, sumbernya tidak ditemukan, sampai isinya yang dianggap kurang menjawab permasalahan? Tantangan tersebut menunjukkan kalau untuk meraih mimpi, kita akan ketemu banyak rintangan. Tapi bukan fokus ke rintangannya, melainkan bagaimana kita melaluinya dengan baik dan benar. Setuju? 

3. Jujur dan Berintegritas Lebih Penting Daripada Hasil

Jangan pernah tukarkan kejujuran demi nilai. Menulis skripsi sangat rentan dengan plagiasi dan kecurangan. Buat kamu yang berhasil nulis dan menyelesaikannya dengan jujur, selamat kamu adalah orang yang berhasil melalui ujian kejujuran hidup!

4. Nggak Ada yang Sempurna di Dunia Ini

Sebagaimana pun tulisan kamu perbaiki, tetap saja akan ada kekurangannya. Ini menunjukkan kalau skripsi yang kita tulis memang tidak pernah sempurna. Selesaikan dengan baik karena mencari kesempurnaan hanyalah buang-buang waktu dan tenaga belaka. 

5. Persiapan Jadi Kunci Keberhasilan Dalam Melalui Tantangan

Selalu persiapkan segala sesuatu sedini mungkin. Coba baca-baca jurnal ilmiah jauh sebelum mulai menulis skripsi, pelajari cara menghadapi sidang beberapa minggu sebelumnya, serta persiapkan topik apa yang ingin ditulis. Intinya, kberhasilan menulis skripsi itu terletak pada persiapan yang matang dan tidak tergesa-gesa. Take your time.

Apakah kamu merasakan hal sama dalam proses menyusun skripsimu ketika di bangku kuliah? 

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini