GNFI dan Astra Ajak Pembuat Lagu Ikut Kompetisi CIPTA LAGU G20, Total Hadiah 33 Juta!

GNFI dan Astra Ajak Pembuat Lagu Ikut Kompetisi CIPTA LAGU G20, Total Hadiah 33 Juta!
info gambar utama

Kesuksesan Presidensi G20 Indonesia bergantung pada dukungan dan keterlibatan masyarakat Indonesia melalui banyak hal, salah satunya musik. Mengetahui bahwa musik adalah bahasa universal yang mampu menginspirasi dan mewakili aspirasi suara setiap generasi, Good News From Indonesia (GNFI) bersama Astra mengajak para pembuat lagu untuk menunjukkan kreativitasnya dalam Kompetisi Cipta Lagu G20.

Kompetisi menciptakan lagu ini mengusung tema utama “Recover Together, Recover Stronger” yang mencerminkan semangat ajang G20. Dengan berbagai kompetisi dan lagu yang akan diunggah melalui platform digital, publik—terutama generasi muda—akan menerima informasi dengan cara yang lebih ‘nyambung’, menyenangkan dan menghibur.

Tema: Recover Together, Recover Stronger

Melalui lagu, peserta kompetisi akan menerjemahkan semangat tema melalui sudut pandang, idealisme, dan kreativitasnya tersendiri. Sehingga, akan ada beragam pemaknaan terhadap tema yang tercermin melalui lirik dan nada.

Timeline Kompetisi

Pengiriman Karya: 10 - 30 Oktober 2022
Kurasi dan Penjurian: 31 Oktober - 5 November 2022
Pengumuman Pemenang: 6 November 2022

Peserta yang dianggap memenuhi syarat untuk mengikuti kompetisi adalah sebagai berikut:

  1. Peserta adalah individu maupun kelompok. Apabila kelompok, cukup mendaftarkan nama salah seorang anggota kelompok saja.
  2. Peserta adalah WNI (Warga Negara Indonesia), tanpa dibatasi usia.
  3. Berdomisili di seluruh wilayah Indonesia maupun di luar negeri.
  4. Setiap peserta dapat mengirimkan lebih dari 1 (satu) karya.
  5. Peserta harus menyertakan copy kartu identitas yang masih berlaku atau surat keterangan lain yang menunjukkan keterangan identitas.

Apa Saja Syarat dan Ketentuan Kompetisi?

  1. Lagu haruslah berpotensi mudah disukai semua kalangan dengan durasi 3-5 menit. Menarik, mudah diingat, dan mudah dinyanyikan oleh khalayak umum, mencerminkan semangat Recover Together, Recover Stronger yang akan terasa oleh masyarakat secara luas.
  2. Lagu merupakan paduan menarik dan mudah diingat atau diikuti antara komponen lirik dan komponen nada.
  3. Terdapat lirik yang mengandung kata Recover Together, Recover Stronger atau Pulih Bersama atau keduanya.
  4. Komponen musik/nada bisa disajikan dengan instrumen dan gaya bermain instrumen apapun. Dalam hal aransemen dan pilihan instrumen, penilaian akan menggunakan prinsip; unik, menarik, dan mudah diingat.
  5. Gaya musik berupa pop, dangdut, blues, jazz, rnb, folk, citypop, ethnic, rock (bukan mars atau himne, vokal tidak diperkenankan menggunakan teknik growl dan scream).
  6. Tempo moderato s.d allegro.
  7. Nuansa positif dan optimistik.
  8. Dinyanyikan secara solo, duet, atau grup (bukan paduan suara).
  9. Lagu haruslah memiliki kualitas suara rekaman yang baik, artinya bersih dari noise, volume jelas terdengar, sample rate 44.1K atau 48K HZ dengan 24 bit audio.
  10. Panitia berhak menggunakan karya pemenang seperti apa adanya ataupun mengubah, memodifikasi, mengaransemen ulang (sebagian kecil atau sebagian besar) karya yang terpilih sebagai pemenang dengan pilihan musisi, instrumen, dan penyanyi yang panitia pilih.
  11. Panitia hanya berurusan dan membuat kesepakatan dengan peserta/pengirim karya. Tidak berurusan ataupun bertanggung jawab atas keberatan atau tuntutan dari musisi dan penyanyi yang terlibat dalam pembuatan karya lagu tersebut.
  12. Peserta membuat dan mengunggah karya lagu (dalam bentuk MP3) dan kelengkapan administrasi peserta (dalam bentuk PDF) ke dalam folder penyimpanan daring (online), seperti Google Drive atau Dropbox. Isi berkas PDF terdiri atas lirik lagu beserta not balok atau kunci lagu, penjelasan lagu (maksimal 200 kata), foto/scan KTP/Kartu Keluarga.
  13. Peserta wajib me-repost poster acara Kompetisi Cipta Lagu G20 ke platform Instagram/Twitter/Facebook (pilih salah satu) dengan hashtag #KompetisiCiptaLaguG20GNFIAstra.
  14. Tautan folder berisi berkas dicantumkan saat peserta mengisi formulir pendaftaran di bit.ly/KompetisiCiptaLaguG20GNFIAstra.
  15. Jika mengirimkan lebih dari 1 (satu) lagu, lakukan penomoran pada file MP3 dan berkas PDF.

Juri Kompetisi

  • Firman Siagian (Penyanyi)
  • Zendhy Kusuma (Gitaris, Dosen Institut Kesenian Jakarta, dan Brand Ambassador Yamaha Musik)
  • Endah Widiastuti (Musisi, Personil dari Endah n Rhesa)

*Terdapat kekeliruan informasi juri kompetisi pada artikel ini, tepatnya atas nama Firman Siagian dan Endah Widiastuti. Kami mohon maaf atas tersiarnya informasi yang keliru dan ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Dengan ini, Good News From Indonesia pada Kamis, 10 November 2022, telah mengoreksinya sesuai pedoman pemberitaan media siber menurut Peraturan Dewan Pers. Terima kasih.

Berikut susunan juri kompetisi yang benar dan telah terkonfirmasi:

  • Zendhy Kusuma (Gitaris, Dosen Institut Kesenian Jakarta, dan Brand Ambassador Yamaha Musik)
  • Balum (Brand Ambassador Soloking Guitar dan Roland Indonesia & Gitaris Alone At Last)

Pemenang dan Hadiah

Menangkan hadiah uang tunai total 33 juta rupiah!

Juara 1: Rp10.000.000,00

Juara 2: Rp7.500.000,00

Juara 3: Rp5.000.000,00

7 lagu pilihan: Rp1.500.000,00 per-pemenang

Selain itu, seluruh pemenang lomba akan mendapatkan e-sertifikat pemenang dan seluruh peserta lomba akan mendapatkan e-sertifikat sebagai partisipan. Untuk pertanyaan mengenai Kompetisi Cipta Lagu G20, silakan hubungi Whatsapp +62 812-8620-8589 (GoodMin).

Kompetisi Cipta Lagu G20 | Foto: GNFI dan Astra
info gambar

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

KO
YF
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini