Berstatus Jadi Mahasiswa, Sudah Ada Skill Ini Belum?

Berstatus Jadi Mahasiswa, Sudah Ada Skill Ini Belum?
info gambar utama

Menginjak jenjang pendidikan yang makin tinggi tentu makin besar pula beban yang dipikul. Sudah punya status menjadi mahasiswa, banyak kewajiban dan ekspektasi tinggi yang menanti hasil akhir nanti. Salah satu hal yang perlu diperhatikan tentang bagaimana skill yang harus kamu miliki sebagai seorang mahasiswa.

Seorang mahasiswa pun dinilai sudah menjadi remaja dengan pemikiran yang lebih dewasa dibandingkan ketika masih berada dibangku putih-abu. Skill atau keterampilan memang tak menjadi keharusan untuk kamu miliki.

Namun, tentu skill ini ada baiknya kamu miliki. Mengapa? Agar kamu lebih mengetahui apa-apa saja skill yang sudah kamu punya dan yang belum kamu punya. Dengan begitu, nantinya kamu akan paham mengapa perlu memiliki keterampilan dibawah ini.

  1. Kepemimpinan

Kepemimpinan atau leadership menjadi paling utama dan penting. GoodMates, mungkin saat ini kamu belum merasa kalau kepemimpinan menjadi skill yang penting karena ketika dalam kelompok, misalnya, sudah ada teman kamu lainnya yang mengkoordinasi tim. Namun, jangan terus mengharapkan teman yang menjadi leader dalam tim, tetapi coba tantang diri kamu sendiri.

Memang betul, kamu sudah menjadi pemimpin untuk diri sendiri. Akan tetapi, masa yang akan datang nanti, kamu perlu menjadi leader untuk tim. Jika saat ini kamu masih takut untuk memimpin, maka cobalah.

Skill kepemimpinan akan sangat berguna, terlebih ketika kamu mengikuti organisasi, komunitas, maupun saat sudah bekerja. Tanpa disadari kamu memerlukannya, bahkan beberapa universitas dan hampir ditiap jurusan memiliki mata kuliah kepemimpinan. Begitu penting, bukan skill yang satu ini?

  1. Public Speaking

Ketika SMP bahkan SMA, skill public speaking terlihat tak masalah ketika kamu tak begitu aktif. Namun, berstatus menjadi mahasiswa mengharuskan kamu untuk memilikinya. Beberapa penilaian dosen pasti ada poin tersendiri untuk keaktifan. Nah, GoodMates yang saat ini masih malu-malu dan takut saat mencoba bertanya atau menanggapi dalam diskusi kelas, misalnya, harus mulai coba, ya!

Pertama kali memang terasa menakutkan, tetapi kalau tanpa sadar kamu menikmatinya ternyata seru juga, lho. Kamu yang terbiasa aktif berbicara ketika sedang bersama teman-teman terdekat, tetapi cenderung pasif ketika dalam kelas. Alangkah baiknya, dari memulai topik ketika bersama teman menjadikannya sebagai tempat untuk kamu mengasah public speaking, sebelum didengar dengan audiens yang lebih banyak.

  1. Manajemen Waktu

Proses pembelajaran di perkuliahan cenderung tak konsisten dan kerap berubah-ubah. Walaupun sudah ada jadwal, tetapi GoodMates pasti seringkali menerima jadwal kelas pengganti yang tak menentu.

Terlebih lagi jika kamu pun aktif dalam kegiatan maupun organisasi, maka ketika jadwal ini bentrok akan sulit kalau kamu tak menyiapkan kemungkinan terburuknya untuk tidak mengikuti salah satunya. Oleh karena itu, penting bagi kamu memiliki skill manajemen waktu untuk mengatur sendiri segala jadwal kuliah, rapat, dan pastinya dapat menerima konsekuensi ketika harus mengorbankan satu hal.

  1. Berpikir Kritis dan Bertindak Out of The Box

Dalam mata kuliah tertentu, ditemui pula dosen yang gemar mengajak mahasiswa untuk melakukan diskusi terbuka. Kalau hanya sukarelawan saja tak masalah, ya, tetapi terkadang dosen menunjuk secara acak. Nah, kalau kamu dalam posisi yang tidak siap, tentu akan sulit menjawabnya.

Dengan begitu, memiliki keterampilan untuk berpikir kritis akan sangat berguna untuk memahami dan menganalisis materi yang ada. Kemudian, bertindak out of the box, artinya, jadilah mahasiswa yang kreatif yang mampu membaca situasi dengan baik dan menciptakan output yang baik pula.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini