Ingin Capai Work Life Balance? Ikuti 5 Cara Ini!

Ingin Capai Work Life Balance? Ikuti 5 Cara Ini!
info gambar utama

Goodmates, tak sedikit hal positif yang diberikan jika kita menerapkan work life balance. Percayalah, bahwa kebiasaan baik ini akan sangat memengaruhi kelangsungan hidup seseorang, terutama bagi para pekerja.

Masih banyak pekerja yang belum mendapatkan work life balance di era ini. Sebuah riset yang dilakukan Gore Remotely menyebutkan bahwa sebanyak 94% profesional di seluruh dunia menghabiskan lebih dari 50 jam untuk bekerja setiap minggunya. Tentu saja itu bukanlah angka yang sedikit. Artinya, banyak pekerja yang mengerahkan hampir seluruh waktunya untuk bekerja.

Kehidupan kerja dan personal yang tidak seimbang dapat memicu stres dan membuat pekerja menjadi mudah lelah di tempat kerja. Lalu, bagaimana caranya agar para pekerja bisa mendapatkan work life balance? Berikut ulasannya!

  1. Tak Perlu Selalu Perfeksionis
Ilustrasi tak perlu selalu perfeksionis
Ilustrasi tak perlu selalu perfeksionis | Pexels.com/PavelDanilyuk

Menjadi sosok yang perfeksionis tidak selalu diperlukan. Hanya perlu di beberapa waktu tertentu saja. Jika kebiasaan ini terus dibiarkan berlarut-larut hingga terbawa arus ke kehidupan di luar pekerjaan, maka ini bisa saja mengganggumu.

Sesekali melakukan kesalahan dan kekurangan adalah hal yang sangat wajar. Justru dari sebuah kesalahan, kita bisa semakin berkembang dan maju. Percayalah dengan apa yang sudah kamu kerjakan, karena pasti hal tersebut sudah dilakukan dengan sebaik mungkin.

  1. Olahraga
Ilustrasi olahraga
info gambar

Cinta terhadap diri sendiri adalah hal wajib yang harus dilakukan sebelum kita mencintai hal apapun di luar sana. Salah satu hal yang bisa dan mudah dilakukan adalah dengan berolahraga. Secara tidak langsung, olahraga dapat menjadi sumber semangat dan produktivitas.

Kamu bisa melakukan beberapa olahraga yang mudah dijangkau dan fleksibel. Misalnya seperti meditasi, bersepeda, workout di rumah, dan sebagainya. Apapun itu olahraganya, intinya adalah pada tujuannya, yaitu tetap tenang dan fokus saat mengerjakan sesuatu.

  1. Tentukan Hal yang Paling Penting
Ilustrasi tentukan hal yang paling penting
Ilustrasi tentukan hal yang paling penting | Pexels.com/Cottonbro

Memiliki skala prioritas adalah suatu hal yang sangat bagus dan terorganisir. Hal ini cukup efektif agar kamu dapat mengetahui pekerjaan atau agenda apa saja yang akan kamu kerjakan dan bisa melihat waktu luang yang kamu miliki.

Misalnya, mengerjakan pekerjaan lebih awal dari deadline yang diberikan. Ketika semua pekerjaan sudah ditangani dengan baik, maka kamu bisa istirahat dengan leluasa setelah selesai melakukan semuanya.

  1. Berani Berkata Tidak
Ilustrasi berani berkata tidak
Ilustrasi berani berkata tidak | Pexels.com/ShvetsProduction

Salah satu hal yang sulit dilakukan oleh seseorang adalah dengan mengatakan “tidak” jika memang dirasa tidak pas atau tidak sesuai. Hal ini sangat penting dalam menciptakan work life balance, lho! Karena kamu sudah membuat skala prioritas, maka kamu bisa memilih pekerjaan yang menjadi prioritas.

Apabila pekerjaan prioritasmu sudah selesai dilakukan, maka kamu bisa membantu rekan kerjamu untuk menyelesaikan pekerjaannya. Namun, perlu diketahui bahwa jangan sampai pekerjaan sampingan ini merusak rencana work life balance-mu.

  1. Hindari Bawa Pekerjaan di Rumah
Ilustrasi hindari bawa pekerjaan di rumah
Ilustrasi hindari bawa pekerjaan di rumah | Pexels.com/YanKrukov

Hal yang satu ini masih sering dilakukan oleh para pejuang rupiah. Tak jarang mereka membawa pekerjaannya ke rumah. Padahal, rumah merupakan tempat singgah untuk sekadar melepaskan penat dan melepaskan tanggung jawab di kantor.

Hal tersebut cukup penting agar kamu memiliki waktu luang untuk keluarga di rumah dan tidak hanya memikirkan deadline pada pekerjaan kamu. Tentu saja hal ini tidak mudah dilakukan. Namun, jika diusahakan dengan memanfaatkan waktu di kantor dengan efektif, maka setidaknya semua pekerjaan bisa diselesaikan di kantor.

Lima hal tersebut bisa kamu lakukan untuk mencapai work life balance. Apakah kelima tersebut sudah kamu lakukan? Atau adakah tips lainnya yang efektif dan pernah kamu jalani selama ini? Tuliskan di kolom komentar, ya Goodmates!

Untuk tau lebih banyak seputar informasi lowongan pekerjaan ter-update, kamu bisa cek Instagram @workerspediadan channel Youtube Workerspedia. Disana kamu akan menemukan informasi seputar dunia kerja yang sangat bermanfaat.

Referensi: glints.com | goremotely.net

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini