Indonesia Mengajar, Komunitas Edukasi yang Melibatkan Anak Bangsa

Indonesia Mengajar, Komunitas Edukasi yang Melibatkan Anak Bangsa
info gambar utama

Berdedikasi menjadi seorang pengajar tentu hal yang mulia. Seringkali para pengajar dipandang sebelah mata. Tentu tak semua orang paham, ketika bergabung pada Indonesia Mengajar, contohnya, ada banyak nilai, pengetahuan, dan arti hidup disana.

Indonesia Mengajar adalah salah satu dari sekian banyaknya komunitas edukasi yang ada di Indonesia. Tujuan utamanya, ingin mengajak banyak pihak untuk dapat memberikan kontribusinya pada bidang pendidikan.

Salah satu program menarik dari Indonesia Mengajar dinamakan, pengajar muda. Anak-anak bangsa akan diberikan kesempatan untuk mengajar. Baik laki-laki maupun perempuan yang tergabung dalam Indonesia Mengajar akan dikirim di seluruh daerah terpencil yang ada di Indonesia.

Indonesia Mengajar sangat terbuka bagi fresh graduate yang bersemangat untuk membagikan ilmunya agar tiap anak Indonesia mendapatkan hak pendidikan yang layak seperti anak-anak lainnya.

Selain pengajar muda juga terdapat kolaborasi lainnya, seperti Indonesia Mengajar Learning Institue (IMstitute), magang (IMagang), dan donator Iuran Publik(Iuraners). Akan tetapi, program pengajar muda memiliki peminat yang lebih tinggi.

Ketika GoodMates menjadi salah satu pengajar muda, kamu akan mengabdikan diri selama satu tahun. Oleh karena itu, persyaratan untuk menjadi bagian dari pengajar disini, diantaranya sudah lulus S1/D4, usia maksimal 30 tahun, belum menikah, dan pastinya harus warga negara Indonesia.

Tak perlu risau kalau kamu tidak memiliki latar belakang maupun pengalaman sebagai seorang pendidik. Indonesia Mengajar akan memberikan pelatihan secara intensif, berupa pengajaran dan kepemimpinan selama dua bulan.

Fasilitas yang akan kamu dapatkan pun begitu menarik, mulai dari perlengkapan yang menunjang bagi pengajar, akomodasi, dan tunjangan selama berada disana. Meskipun begitu untuk menjadi pengajar muda kamu harus melewati beberapa tahapan. Pendaftaran, penugasan langsung, pemeriksaan kesehatan, penandatanganan kontrak, hingga pelatihan calon pengajar muda.

Pilihan daerah-daerah terpencil yang akan kamu datangi, meliputi Kayong Utara (Kalimantan Barat), Seruyan (Kalimantan Tengah), Nias Barat (Sumatra Utara), Tanjung Jabung Timur (Jambi), Sigi (Sulawesi Tengah), Seram Timur (Maluku), Kepulauan Aru (Maluku) Boalemo (Gorontalo)Maybrat (Papua Barat), dan Teluk Wondama (Papua Barat).

Menjadi pengajar di daerah terpencil Indonesia tersebut tentu akan menjadi kebanggaan bagi diri sendiri karena berhasil menjadi salah satu pengajar dan dapat terlibat langsung membagi ilmu yang dipunya.

Vibes yang dirasakan akan terasa begitu berbeda ketika GoodMates mengajar pada sekolah-sekolah yang berada diperkotaan dan mudah dijangkau. Banyak cerita, pengalaman, hingga kenangan yang akan kamu pahami bahwa ini arti sesungguhnya mengajar.

Jika GoodMates tak ingin menjadi salah satu pengajar muda, maka sama sekali tak masalah. Kamu tetap dapat memberikan kontribusi untuk pendidikan di Indonesia karena Indonesia Mengajar juga memiliki program gerakan kelas inspirasi, ruang berbagi ilmu, TembokPedia, hingga taman teman bermain.

Bergabung dalam Indonesia Mengajar akan menjadi wadah bagi kamu untuk makin tahu dan paham tentang bagaimana budaya dan tradisi di Indonesia yang nyatanya masih banyak yang belum kamu tahu.

Teruntuk GoodMates yang sebentar lagi lulus dan belum tahu ingin melanjutkan kemana, Indonesia Mengajar akan menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin mencari dan mengasah skill mengajar maupun kepemimpinan.

Terutama kamu yang memang sudah tertarik dengan dunia mengajar. Tak hanya makin membuka mata untuk mengetahui segala hal yang tak pernah kamu lihat, tetapi juga ikut serta berperan memberikan pendidikan yang baik untuk anak-anak disana.

Referensi: Indonesia Mengajar

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini