Komunitas Motor di Indonesia, dari Motor Mini hingga Motor Gede

Komunitas Motor di Indonesia, dari Motor Mini hingga Motor Gede
info gambar utama

Mengendarai motor ternyata tidak sekadar hobi atau hanya karena kebutuhan semata. Lebih dari itu, perkumpulan motor juga membentuk komunitasnya sendiri. Di Indonesia, komunitas motor hadir dengan keunikannya masing-masing, ada yang terdiri dari kumpulan motor mini hingga motor gede atau moge.

Komunitas motor di tanah air bukanlah sesuatu yang baru. Beberapa di antaranya bahkan sudah ada sejak beratus tahun yang lalu. Uniknya, eksistensi komunitas motor dalam negeri masih terjaga hingga kini.

Komunitas motor memiliki kegiatan yang beragam. Sebut saja aksi sosial dan kampanye keselamatan berkendara di jalan raya. Lebih jauh, berikut sederet komunitas motor yang ada di Indonesia.

Baca Juga: 5 Komunitas Film di Indonesia: Menonton, Berdiskusi, dan Berkarya

Komunitas Motor Mini Indonesia (KOMMI)

Jika komunitas lainnya menggunakan motor gede, komunitas ini hadir dengan motor mininya. Komunitas Motor Mini Indonesia (KOMMI) merupakan komunitas yang didirikan oleh Gandhy Kusuma dan tiga kawannya pada tahun 2011 silam. Komunitas ini mewadahi pencinta pocket bike bermesin 2-tak. 

KOMMI didirikan karena ketertarikan Gandhy dan kawan-kawannya akan pocket bike. Selain tampilannya yang unik dan lucu, pocket bike ternyata juga memiliki performa laju yang kencang. 

Anggota komunitas ini berasal dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Manado, dan beberapa di Kalimantan. Jika ditotalkan, anggotanya sudah mencapai ribuan orang. Selain berkumpul di Jakarta, KOMMI juga kerap melaksanakan touring lintas provinsi.

Satudarah Indonesia

Satudarah Motorcycle Club (Satudarah MC) merupakan komunitas motor internasional yang awalnya dibentuk oleh orang berdarah Maluku yang menetap di Belanda. Nama Satudarah pun diambil dari bahasa Maluku “Katong Satu Darah” yang artinya ‘kita bersaudara atau kita satu darah’.

Satudarah MC memiliki cabang di beberapa negara, termasuk di dalam negeri. Untuk cabang di Indonesia, berdiri pada Agustus 2012 silam dan diberi nama Satudarah Indonesia.

Konon, Satudarah Indonesia merupakan komunitas motor yang ditakuti. Pasalnya, komunitas ini memiliki prinsip dasar NKRI harga mati dan aktif menyuarakan antinarkoba. Satudarah Indonesia bahkan juga bersinergi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam pemberatasan barang haram tersebut.

Baca Juga: Komunitas Orang Indonesia di Luar Negeri, Berkoneksi Sambil Menjaga Silaturahmi

Black Angels Motorcycle Club (BAMC)

Berdiri sejak 2 Januari 1979, Black Angels Motorcycle Club (BAMC) menjadi komunitas motor tertua di Indonesia. Tahun ini merupakan tahun ke-43 berdirinya BAMC. Komunitas ini diprakarsai oleh Indrodjojo Kusumonegoro (Indro Warkop), Tony Dhono, dan Rafiadjie Rafioen.

BAMC didirikan dengan tujuan menjadi wadah bagi para pencinta motor gede merek Harley dengan berlandaskan asas Kekeluargaan (familyhood). Selain itu, komunitas ini juga ingin menjadi panutan dalam berlalu lintas yang baik di masyarakat. Hingga saat ini, BAMC sudah tersebar di Jakarta, Bandung, Bali, dan Jakarta.

Komunitas ini memiliki kegiatan mingguan dan tahunan, di antaranya kegiatan perayaan ulang tahun dengan bakti sosial. Uniknya, BAMC mengadopsi istilah-istilah yang digunakan oleh suku Indian untuk struktur organisasinya, seperti thunder (dewan pembina), tomahawk (wakil ketua), dan viho (internal relations).

Vespa Antique Club Indonesia (VAC Indonesia)

Indonesia diyakini sebagai negara yang memiliki komunitas vespa terbesar di dunia. Salah satu komunitas vespa di tanah air ialah Vespa Antique Club Indonesia (VAC Indonesia). Komunitas ini dibentuk di Bandung pada 28 Oktober 1993 dan sudah berusia 29 tahun.

VAC Indonesia didirikan atas kesamaan hobi, yakni kecintaan akan motor antik jenis scooter. Kemudian, komunitas ini berkembang menjadi penyalur hobi berwisata sambil mengendarai motor sekaligus media komunikasi antarpecinta vespa. VAC Indonesia bahkan diketahui memiliki anggota bikers terbanyak di dalam negeri.

Touring menjadi kegiatan utama dari komunitas ini. Tidak hanya itu, VAC Indonesia pun aktif dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan di bidang mekanik. Beberapa kegiatan kepemimpinan dan pemberdayaan usaha perekonomian anggota juga dilakukan oleh komunitas ini.

Baca Juga: Menilik Geliat Feminisme Lewat 3 Komunitas Feminis di Indonesia

Selain penyalur hobi, komunitas motor ternyata juga mewadahi anggotanya untuk melakukan kegiatan bermanfaat lainnya. Dari empat komunitas motor di atas, GoodMates ingin bergabung ke mana?

Referensi: tikum.id | Gridoto.com [1], [2] | zonabikers.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini